Hutan Pinus Rahong Pangalengan Tempat Wisata Camping dan Rafting Murah di Bandung

Hutan Pinus Rahong Pangalengan Tempat Wisata Camping dan Rafting Murah di Bandung

Hutan Pinus Rahong Pangalengan dikenal juga Wisata Rahong merupakan destinasi bernuansa alam di Bandung. Ada enam klaster lokasinya berdekatan satu sama lain. Yaitu Hutan Pinus Rahong, Datar Pinus, dan Wisata Alam Singkur. Selain itu, ada pula area Wisata Kampung Singkur, Bukit Rahong, Jembatan Cirahong.

Ketika memasuki area ini, pengunjung akan menemukan lahan kosong yang bisa digunakan untuk berkemah, lengkap dengan tempat menyalakan api unggun.

Selain itu, tersedia dudukan yang terbuat dari batang kayu cukup besar dan kokoh. Anda bisa menggunakannya untuk bersama keluarga maupun rombongan teman.

Daya Tarik Di Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Hutan Pinus Rahong Bandung menawarkan bermacam pilihan kegiatan yang menarik. Terdapat banyak opsi kegiatan yang bisa dilakukan selama berkunjung di Wanawisata Rahong, yaitu: menghadirkan konsep yang menyatu dengan alam. Sebagian besar kegiatan outdoor seperti Paintball, Flying Fox, Rafting, dan camping.

Berkemah di Tepi Sungai dan Tengah Hutan

Camping Ground Pineus Tuli menawarkan perkemahan yang cukup unik dengan pemandangan yang cantik berada di sebelah sungai. Aliran Sungai ini berasal dari Danau Situ Cielunca. Debit airnya yang dapat diatur dari pintu danau, sehingga volume derasnya relatif stabil. Ada banyak kegiatan menarik lain, seperti memancing, barbekyu, berkumpul sambil menikmati keindahan alam.

Aliran air sungai yang cukup jernih dan masih di kompleks Hutan Pinus Rajong. Sungai ini biasa digunakan untuk kegiatan arung jeram atau rafting. Pengelola juga menyediakan fasilitas dan peralatan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Pastikan wisatawan membawa pakaian tebal karena suhu udara dingin di pagi hari adalah sekitar 13 hingga 15 derajat Celcius. Ada area umum mulai dari ruang makan, barbekyu, area relaksasi hammock serta area merokok. Lalu ada sarapan lengkap dengan teh panas dan jus buah. Selain itu, pengunjung juga dapat membawa makanan dan peralatan masak dari rumah.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah dengan panorama alam bisa menyewa tempat di perkemahan yang disediakan. Harga sewa 30.000/ orang. Jika tidak mempunyai peralatan berkemah sendiri,

Bermain dengan Kegiatan Outdoor

Berbagai kegiatan outdoor juga tersedia seperti Fox, Paintball, Fun Games, dan berbagai foto spot. Selain itu, banyak yang menggunakan area luar ruangan Datar Pinus untuk berbagai kegiatan. Dari konser, pra-pernikahan hingga gathering di alam terbuka.

Datar Pinus secara khusus ditujukan untuk kegiatan berkemah dengan konsep di tengah hutan. Ada 2 jenis tenda, yaitu tenda biasa dan tenda kubah untuk keluarga. Selain itu,  Jeep Camp atau berkemah dengan kendaraan yang dapat dibawa ke hutan pinus.

Wisata Alam Singkur

Terletak di tepi Sungai Palayangan, di tempat ini berdiri warung di tepi sungai. Banyak pemain rafting yang menghabiskan waktu untuk istirahat. Berbagai makanan ringan dan minuman panas disediakan di warung ini. Lokasinya berada di tepi sungai yang memfasilitasi para pemain arung jeram untuk berhenti sejenak.

Sambil menikmati makanan ringan, sembari merasakan panorama alam sungai di sekitar warung. Ada akses jalan ke Hutan Pinus Rajong. Kemudian ada juga penginapan sederhana seperti taksi dengan pemandangan sungai dan bukit-bukit hijau. Lokasi kabin penginapan ini masuk pada kawasan wisata Alam Singkur.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Harga tiket untuk setiap wahana di hutan pinus Rajong relatif murah. Hanya saja ada biaya tambahan untuk menikmati setiap cluster. Kisaran harga setiap cluster tergantung pada kelengkapan fasilitas yang tersedia. Selain itu, enam wahana menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Berikut tentang harga tiket masuk dan biaya tambahan untuk setiap wahana:

Biaya Tiket Masuk

  • Tiket Masuk: Rp5.000
  • Parkir Motor: Rp5.000
  • Biaya parkir Mobil: Rp10.000. Parkir semalaman karena camping Rp50.000

Biaya Wahana

  • Camping ground legok reret:Rp20.000/orang
  • Area Camping ground pineus tilu ( 4-6 orang) Rp600.000 (weekday) atau Rp 800.000 (Weekend)
  • Rafting (Maksimal 6 orang): Rp125.000-Rp150.000/orang
  • Paintball (Minimal 4 orang): Rp80.000/orang
  • Flying Fox: Rp15.000/orang

Kondisi fasilitas jalanan menuju kawasan wisata  bisa dibilang berliku-liku. Hal itu membuat badan jalan tergolong sempit. Jadi wisatawan disarankan berhati-hati. Bagi yang membangun tenda, tempat wisata ini buka 24 jam. Namun, untuk pengunjung biasa, jam Operasional dibuka setiap hari pukul 06.30-18.00 wib.

Artikel menarik lainnya: Khalana Villa Resort Sumedang Penginapan Populer Bernuansa Alam dan Etnik Bali

Lokasi Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Kawasan wisata hutan pinus ini berada di Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Akses jalan cukup mudah dan tinggal mengikuti jalan utama dari pusat Pangalengan hingga menuju Situ Cileunca. Bisa juga mendatangi lokasi tempat wisata Rahong dengan melihat Google Maps.

Jalur perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi ke arah Jakarta. Wisatawan dapat memilih untuk keluar dari pintu tol Buah Batu. Lalu belok arah sampai di persimpangan antara Ciwidey dan Pangalengan. Lalu di sebelah kiri ke Pangalengan menyusuri terus sampai bertemu Situ Culunca. Tidak jauh dari sana, akan ada pintu masuk ke Wanawista Rahong di sisi kiri jalan.

Fasilitasnya lengkap meliputi Family Tent, Cussion seat dan bantal, Slepping bag dan Foam mattres. Pengunjuga juga bisa merasakan Private Dining dan Coffe Tabels, Camp Fire, BBQ Equipments, Dining Area. Hommock, Fishing Pond, Toilet, Tisu dan Warm Water Shower, Parking Area.

Demikian informasi tentang Hutan Pinus Rahong Pangalengan Tempat Wisata Camping dan Rafting Murah di Bandung. Berlibur ke tempat ini jika ingin merasakan camping dengan nuansa pohon pinus dan panorama di tepi sungai.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata dan Lokasi Curug Malela Bandung dan Mitos Dibalik Keberadaannya

 

admin

One thought on “Hutan Pinus Rahong Pangalengan Tempat Wisata Camping dan Rafting Murah di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *