Sat. Apr 20th, 2024
    Foto Kawah Kamojang Garut Wisata Alam. Sumber IG @dianramadhan_nFoto Kawah Kamojang Garut Wisata Alam. Sumber IG @dianramadhan_n

    Kawah Kamojang Garut adalah tempat wisata salah satu kawah gunung berapi aktif. Kawah ini dikelola oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina. Uap yang dihasilkan dari kawah di sini berasal dari perut bumi dan digunakan sebagai listrik tenaga uap.

    Pemandangan gunung berkabut yang indah. Kawah pertama yang bisa dilihat pada kunjungan dua kawah yang berbentuk seperti danau uap. PLTP ini pertama kali dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1926 dan diresmikan pada tahun 1983 oleh Presiden Suharto.

    Menurut Kuncen atau Penjaga Kawah, uap yang dihasilkan sangat baik untuk kesehatan kulit dan baunya dapat memperlancar peredaran darah dan pernapasan. Uap yang bikin banyak wisatawan datang ke tempat wisata alam ini.

    Legenda Mengenai Asal Muasal Kawah Kamojang Garut

    Kawah Kamojang dikaitkan dengan kisah Simojang atau Gadis. Asal muasal Kawah Kamojang konon merupakan tempat tinggal seorang gadis muda bersama orang tuanya dahulu kala. Suatu hari gadis itu diminta untuk menikah dengan seorang pria tua untuk menjadi istri kelima. Karena penolakannya, Mojang melarikan diri ke hutan.

    Kedua orang tuanya mencari keberadaan Mojang. Berbagai upaya dilakukan sia-sia. Oleh karena itu, tempat menghilangnya gadis itu diberi nama dan dikenal sebagai Kamojan. Sampai hari ini, legenda ini tersebar luas di kalangan masyarakat umum. Berikkut 5 daya tarik dari Kawah Kamojang Garut.

    1. Mandi Uap Kawah Kamojang Garut

    Ada 32 kawah di Kawah Kamojang, diantaranya: Kawah kereta api yang terdengar seperti kereta tua, kawah Manuk yang berbunyi seperti siulan burung, dan kawah hujan tempat mandi pengunjung. Dikatakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

    Wisatawan yang datang untuk mandi sauna atau untuk menenangkan pikiran. Yang menarik adalah kalau membawa telur mentah dan memasukkannya ke dalam uap, dan sekitar 10 menit kemudian bisa dimakan, karena suhu air sekitar ±100 derajat Celcius.

    2. Melihat Pemandanga dari Kamojang Hill Bridge

    Kamojang Hill Bridge untuk melihat City Light yang indah, kalau Warga Majalaya sering menyebut jembatan ini dengan Jembatan Koneng, bahkan jembatan ini bisa terlihat di rumah saya. Jembatan Koneng ini begitu ikonik dengan warna kuningnya yang mencolok, serta berada diatas ketinggian Gunung Kamojang.

    Wisatawan bisa juga ke Kamojang Hill Bridge. Jembatan ini Jembatan Konnen,yang sangat ikonik dengan warna kuningnya yang mencolok dan membentang dari ketinggian Gunung Kamojang.

    3. Kawasan Kawah Kamojang Garut yang Menghasilkan Panas Bumi

    Kawasan ini luasnya sekitar 10 hektar, namun hanya 8 hektar yang bisa dikelilingi pengunjung, selebihnya dalam tahap renovasi. Kawah Kamojang berbentuk seperti gua, dari mana uap panas bumi keluar melalui lorong gua. Uap panas bumi, dan itulah yang membuat Kawah Kamojang begitu istimewa.

    4. Melihat Curug Madi dan Danau Ciharus

    Selain kawah, ada yang namanya Curug Madi dan sebuah danau bernama Danau Ciharus yang berada di tengah hutan belantara. Sebaiknya datang pagi hari, biar bisa memiliki waktu luas untuk melihat Curug Madi dan Danau Ciharus.

    5. Menginap di Bumi Perkemahan Kawah Kamojang Garut

    Wisatawan bisa bersantai di Taman Alam Kawah Kamojang dengan mendirikan tenda dan tidur di alam sekitar. Ada kawasan perkemahan khusus di daerah ini yang disebut Bumi Perkemahan Kamojang.

    Untuk datang ke bumi perkemahan, pengunjung dapat mengambil beberapa rute yang disediakan. Rute yang paling direkomendasikan adalah melalui daerah Garut. Kondisi jalan di jalur ini cukup baik, memungkinkan berbagai jenis kendaraan bisa lewat.

    Harga Tiket Kawah Kamojang Garut

    Tiket masuk adalah Rp 7000 – Rp 9500. Fasilitasnya seperti Tempat parkir, food court, toilet bersih, tempat sampah, gazebo, kamar mandi air panas dengan bayar Rp 4000.

    Alamat Kawah Kamojang Garut

    Lokasinya berada di area geothermal PLTU kamojang Garut yaitu di perbatasan kecamatan Ibun, kabupaten Bandung.

    Kawah ini berada di daerah Samarang, Garut, jawa barat dengan ketinggian 1.730 M DPL. Adapun suhu di kawah kamojang sangat dingin dan disarankan membawa jaket tebal.

    Artikel menarik lainnya: 4 Daya Tarik Palemboko Sentul Farm Field Wisata Alam dengan Kolam Renang di Bogor

    Penginapan Terdekat Kamojang Green Hotel and Resort

    Wisatawan bisa menginap di Kamojang Green Hotel and Resort yang berada dengan kondisi kondusif. Lokasinya terletak 15,8 km dari pusat kota dengan akses mudah ke destinasi Kawah Kamojang garut.

    Demikian artikel mengani Kawah Kamojang Garut yang bisa menjadi pilihan wisata ketika mengunjungi kota Garut. Fenomena alam ini yang indah sembari menikmati sauna secara alami.

    Artikel menarik lainnya: Camping Ground Cibuluh Land Sentul Tempat Berkemah dan Menginap di Vila Bogor

    2 thought on “Harga Tiket Masuk Kawah Kamojang Garut Wisata Alam dengan Latar Pegunungan”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *