Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Jawa Barat

Desa Cibuntu Kuningan yang Tidak Buntu Karena Bersatu

Acara Sedekah Bumi dinilai sebagai acara adat tasyakur binimah atas segala rezeki dan berkah yang Allah berikan kepada masyarakat Desa Cibuntu

Desa Cibuntu Kuningan bisa menjadi contoh betapa pentingnya kekuatan bersatu antara manusia dengan manusia,  dan antara manusia dengan alam. Pesan tersebut secara tersurat disampaikan dalam acara adat Sedekah Bumi di Desa Cibuntu Kuningan.

Desa yang memiliki ikatan sosial yang kuat  sangat kompak dan pelestarian alamnya paripurna. Di fanpage-nya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Desa Cibuntu adalah desa juara di level Asean untuk pariwisata. Oleh karena prestasi tersebut, Pemprov Jawa Barat memberikan penghargaan kepada Desa Cibuntu Kuningan sebesar 5 Milyar untuk pembangunan Desa Wisata.

Acara Sedekah Bumi dinilai sebagai acara adat tasyakur binimah atas segala rezeki dan berkah yang Allah berikan kepada masyarakat Desa Cibuntu. Tradisi yang sudah berlangsung secara turun temurun dijalankan masyarakat. Upacara Sedekah Bumi dilaksanakan untuk melestarikan tradisi budaya lokal setiap tahun. Agar generasi kini dan mendatang mengetahui tradisi budaya leluhur.

Acara Sedekah Bumi Desa Cibuntu Kuningan Mempertahankan Nilai-Nilai Tradisi Leluhur

Masyarakat Desa Cibuntu Kuningan Jawa Barat Bersatu Melaksanakan Acara Sedekah Bumi
Masyarakat Desa Cibuntu Kuningan Jawa Barat Bersatu Melaksanakan Acara Sedekah Bumi

Acara Sedekah Bumi bisa menjadi atraksi wisata budaya di daerah tujuan wisata Kabupaten Kuningan, khususnya di Desa Wisata Cibuntu. Desa yang yang terlibat dalam mendukung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Wisata.

Karena kerja sama dan kerja keras seluruh elemen masyarakat, Desa Cibuntu telah sukses meraih banyak prestasi  yang diraih. Sehingga bisa membanggakan Kabupaten Kuningan. Nilai tradisi upacara adat Sedekah Bumi dinilai penting dalam upaya mendorong peningkatan kunjungan wisatawan.

Kang Emil Mengakui Kabupaten Kuningan sangat kaya akan potensi wisata. Apalagi secara letak geografisnya berada di kaki Gunung Ciremai. Sehingga mendapatkan perhatian lebih dari pihak Pemrov Jabar dalam pengembangan wisata.

Setidaknya sudah 7 proyek pembangunan yang dilakukan Pemprov Jawa Barat yang sedang dan akan dibangun di Kabupaten Kuningan. Pembangunan yang sedang dilakukan diantaranya renovasi dan revitalisasi Alun-Alun Kuningan dan perbaikan Waduk Darma yang sudah selesai pada tahap satu.

Sektor pariwisata menjadi bagian penting bagi Provinsi Jawa Barat, karena dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Tidak lupa, Gubernur Jabar menyampaikan desa-desa lain di Kabupaten Kuningan betul-betul menunjukan kinerja, konsep dan unggulannya agar bisa mendapat bantuan pengembangan pariwisata dari Pemerintah Jawa Barat.

Informasi Wisata Jawa Barat Lainnya: Wisata Pantai Pangandaran Dibuka Kembali Langsung Ramai Dikunjungi Wisatawan

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close