Wisata Jawa Barat

Curug Tilu Ciwidey Bandung, Wisata dengan Penginapan Glamping di Daerah Rancabali Pangalengan

Curug Tilu Ciwidey adalah tempat wisata yang dibangun di tengah-tengah kawasan kebun teh di selatan Bandung. Tempat yang memiliki daya tarik sendiri dan berhasil menarik banyak wisatawan.

Penamaan Curug Tilu berdasarkan jumlah tiga air terjun buatan yang memiliki tinggi yang sama. Airnya berasal dari mata air alami Gunung Patuha. Ketiga terjun dibangun dari batu-batu yang diatur dengan rapi dan tampak cantik di laha dengan luas 3,7 hektar dan ketinggian 1600 mdpl.

Curug atau air terjun yang berukuran mini ini letaknya tidak jauh dari jalan raya dan strategis, karena tak jauh dari jalan raya. Sehingga, orang yang datang terkesan dan ingin meluangkan waktu untuk berlibur di sana.

Daya Tarik Ecopark Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Curug Tilu merupakan destinasi wisata yang bersumber dari mata air alami Gunung Patuha, Ciwidey. Meskipun air terjun ini buatan, tetapi pengaturannya rapi dan sangat indah, jadi terlihat sangat cantik.

Ada beberapa fasilitas turis Curug Ciwidey Ecopark yang dapat dikatakan cukup lengkap yang membuat wisatawan mau berkunjung ke tempat wisata alam ini. Berikut fasilitas yang bisa dicoba di tempat ini.

Air terjun Buatan dengan Tiga Sumber Aliran

Destinasi wisata ini merupakan air terjun mini buatan yang didesain dari bebatuan. Sehingga terlihat bagus, rapih, dan menarik. Ditambah dengan kondisi air yang dingin dan jernih. Hal itu membuat pengunjung dapat bermain air dan berfoto dengan latar belakang curug tersebut.

Airnya mengalir ke sungai yang membentang cukup luas hingga ke area glamping curug Tilu. Adapula Kolam yang memiliki mata air yang sama seperti yang ada di air terjun dan sungai.

Spot Foto Curug Tilu Ciwidey

Destinasi Wisata Curug Tilu Ciwidey ini mememiliki beberapa spot foto. Contohnya seperti, Gardu Pandang, lingkaran kayu, jembatan dan beberapa spot lainnya. Sebagian besar Spot foto  dibuat dari dari bambu.

Beberapa spot foto Ecopark Curug Tilu ini nan instagramable, antara lain jembatan, kayu berbentuk lingkaran, ayunan, kursi kayu, dan lainnya. Selain itu pengunjung juga bisa selfie dengan latar belakang panorama kebun teh yang bikin pikiran menjadi lebih tenang.

Tempat Bermain Anak di Curug Tilu Ciwidey Rancabali juga bisa menjadi spot foto. Pengunjung bisa bermain bersama anak-anak di area Kidz Zone atau playground. Playgoround yang dibuat ramah anak dan bisa bermain bebas tanpa kekhawatiran orang tua.

Glamping Ecopark Curug Tilu Ciwidey Bandung

Tempat glamping Ecopark Curug Tilu menjadi penginapan bagi wisatawan. Jika berencana bermalam di kawasan wisata alam ini, jangan ragu menginap di glamping dengan bentuk segitiga yang unik. Di depan penginapan terdapat balkon berukuran mini dan berhadapan langsung ke sungai dari aliran Curug Tilu Ciwidey.

Pemesanan booking glamping bisa dilakukan dengan menghubungi akun instagram resmi @ecopark_curugtilu. Wisatawan bisa menginap di Ecopark Curug Tilu yang menyediakan 16 unit glamcamp.

Harga Penginapan Curug Tilur Per Malam  adalah Rp400.000 weekday dan Rp500.000 weekend. Harganya akan naik jika pada hari libur hari raya, tahun baru, dan hari besar lainnya bisa mencapai Rp 750.000.

Kalau mau tetap menginap dengan biaya yang lebih ringan, pengunjung bisa camping di area camping ground. Wisatawan dapat merasakan berkemah di kawasan kebun teh Rancabali. Mereka juga menyediakan layanan penyewaan tenda di Ciwidey Outdoor.

Resto atau Café Outdoor

Di lokasi Ecopark Curug Tuli, ada area tempat makan yang menawarkan berbagai hidangan kuliner. Restoran yang ddibuat semi outdoor. Pengunjung bisa menikmati sajian kuliner sembari menikmati pemandangan panorama keindahan alam. Pengelolanya menyediakan tempat duduk dan bisa lesehan di rumput sintetis.

Harga Tiket Masuk Ecopark Curug Tilu Ciwidey Pangalengan Bandung

Wisatawan bisa menikmati suasana berlibur tanpa mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Karena harga tiket masuk cukup ringan, sebagai berikut.

  • Senin-Jumat: Rp 15.000/ orang
  • Sabtu/ Minggu: Rp 20.000/ orang

Ecopark Curug Tilu ini buka setiap hari sehingga kalian dapat berkunjung di hari apapun. Namun perlu di perhatikan jam operasionalnya yaitu mulai pukul 07.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Lokasi Ecopark Curug Tilu Ciwidey

Curug Tuli Ciwidey berada di wilayah Rancabali Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Termasuk kawasan lahan yang dikelola oleh PTPN VIII. lahan tersebut dikerjasamakan dengan PT. Duta Persada Buana yang membuat menjadi tempat wisata diminati pengunjung yang ramai. Konsep dan manajemen pengelolaan dirancang seperti taman dan ruang ruang terbuka.

Pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas dukungan untuk kenyamanan dan kepuasan setiap pengunjung. Fasilitasnya antara lain Masjid, tempat Parkir, spot foto instagramable, toilet, Gazebo, Cafe/ resto, dan tempat camping.

Artikel menarik lainnya: Curug Citambur Cianjur Air Terjun, Rute ke Lokasi, dan Harga Tiket yang Murah

Penginapan di sekitar Curug Tilu Tempat Bermalam Wisatawan

Wisatawan juga bisa menginap di sekitar tempat wisata Ecopark Curug Tilu Ciwidey. Beberapa tempat penginapan seperti: Villa Ciwidey di Jungle (Argapuri Resort), Pesona Alam Wisata Bandung Selatan, Hotel Pesona Ciwidey, Albis Hotel Ciwidey, Shinta Corner Ranch and Resort, Patuha Resort, dan lain-lain. Sehingga tidak perlu ragu kalau kemalaman dan harus bermalam di kawasan wisata ini.

Demikian informasi mengenai Curug Tilu Ciwidey Bandung, Wisata Glamping di Daerah Rancabali Pangalengan. Mari liburan dan selalu jaga protokol kesehatan ketika beriwisata ke kawasan Ciwidey, Pangalengan, Bandung.

Artikel menarik lainnya: Lokasi dan Menu Cafe Sama Dengan Coffee Pasir Angin Pas Megamendung Bogor

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *