Wisata Jawa Barat

Curug Citambur Cianjur Air Terjun, Rute ke Lokasi, dan Harga Tiket yang Murah

Curug Citambur Cianjur adalah destinasi wisata alam Jawa Barat yang masih sangat terlihat alami dan keasriannya. Tempat berlibur bagi wisatawan yang ingin merasakan penorama alam sembari berpetualang.

Tinggi Curug Citambur sekitar 130 meter. Ini terdiri dari 3 level tinggi berbeda. Level pertama setinggi 12 meter, level kedua adalah 116 meter, dan level ketiga adalah 2 meter. Debit air lumayan besar dan deras, apalagi ketika masa musim hujan.

Cerita Rakyat Curug Citambur Cianjur

Bagaimana cerita rakyat atau mitos tentang air terjun Cirambur ini? Cerita rakyat tentang asal usul nama Citambur. Jika dilihat dari penamaaannya dapat ditebak tentang asal kata Citambur. Diceritakan suara air terjun ini terdengar mirip suara alat musik tambur dan dengan suara seolah ‘bergedebum’. Tetapi karena besaran air saat ini tidak seperti debit sebelumnya, suara ‘deguman’ itu tidak lagi bisa didengar.

Sedangkan versi kedua asal nama disebutkan tentang kerajaan Tanjung Anginan yang memiliki  Raja dengan gelar Prabu Tanjung Anginan. Pusat kepemerintahan kerajaan di daerah Pasirkuda. Saat ini, diperkirakan ada di desa Desa Simpang dan Karangjaya.

Walaupun belum bisa ditelaah kebenarannya. Waktu itu,  setiap raja ingin mandi ke air terjun selalu diteemani penjaga yang memukul drum. Suara tambur sangat kencang,  sehingga dapat didengar orang dari kejauhan. Masyarakat Pasirkuda menyebut air terjun ini dengan nama Curug Citambur.

Daya Tarik Pesona Alam yang Indah

Pada musim kemarau, kondisi airnya jernih dan dingin. Berbeda ketika musim hujan, air terlihat keruh disebabkan oleh campuran lumpur dihulu sungai. Uap air yang yang keluar membuat panorama di sekitarnya terlihat dingin dan tetesan air dan dapat dirasakan dari jarak 50 meter di sekitar Curug.

Sebelum mendekati air terjun, pengunjung akan merasa basah dengan uap air yang kuat tertiup angin, sehingga sulit didekati. Kombinasi keduanya menghasilkan keindahan dan suasana yang luar biasa yang segar.

Wisatawan akan terkesan menemukan air terjun jatuh ke bumi di antara kabut tipis. Hasil uap air dari curug dan deburan air ketika mereka terkena tebing dan bagian bawah air terjun.

Hati-Hati Jika Ingin Berenang di Sekitar Curug Citambur Cianjur

Air terjun ini ada di tebing yang sangat curam. Debit air yang jatuh ke dalam lekukan tebing cukup besar. Sehingga, sangat berbahaya jika pengunjung mencoba bermain di bawahnya. Bahkan jika ingin mandi sebaiknya mencoba dalam aliran air yang agak jauh. Cari tempat yang aman dan nyaman, pastikan bertanya kepada pengelola agar tidak berbahaya.

Pada daerah yang tinggi dapat dipastikan bahwa air terasa sangat segar. Wisatawan akan menyukainya. Walaupun tidak mandi disana dapat menikmati panorama alamdengan lanskap yang luar biasa indah.

Anda dapat melihat hiasan tinggi yang dengan tanaman merambat. Di banyak bagian ada batu batu yang kuat dan pohon yang menambah keindahan suasana.

Lanskap di sekitar air terjun hampir selalu penuh diiiringi dengan kabut tipis. Suara air terjun air terjun Citambur terdengar begitu keras dan yang membuat begitu terasa ke dalam jiwa.

Berfoto di View Deck dengan Latar Curug Citambur

Objek wisata di Cianjur ini memiliki manajemen dan pengembangan fasilitas luar biasa untuk menarik perhatian wisatawan.

Di kawasan wisata Citambur didirikan view deck sehingga pengunjung dapat mengambil foto terbaik. Tempat yang unik unik dan begitu cantik nant instagramable.

Fasilitas spot untuk foto di Curug Citambur selalu dijadikan tujuan utama wisatawan, apalagi kaum muda. Objek foto yang akan menarik dengan latar belakang air terjun.

Lokasi Curug Citambur Ada Dimana

Alamatnya berada di Desa Karang Jaya di Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Provinsi Jawa Barat. Lokasi tidak jauh dari situs Gunung Padang. Jika pergi dari Ciwidey Bandung, air terjun ini terletak di bagian selatan sekitar 40 km, dengan jalur darat.

Jalan menuju curug citambur dari Kota Bandung, sekitar 70 km melalui Tol Soreang, Pasir Koja. Waktu perjalanan sekitar 3 jam. Dari Cianjur, jalur terpendek sekitar 82 kilometer. Jika berangkat via Cabeber, Sukanagara, Pagelaran, Paskuda dan Karangjaya. Waktu lama di jalan sekitar 3,5 hingga 4 jam.

Lokasi ini berada di Desa Karang Jaya di Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Provinsi Jawa Barat. Lokasi tidak jauh dari situs Gunung Padang. Jika pergi dari Ciwidey Bandung, air terjun ini terletak di bagian selatan sekitar 40 km, dengan jalur darat.

Dari Kota Bandung, sekitar 70 km melalui Tol Soreang, Pasir Koja. Waktu perjalanan sekitar 3 jam. Dari Cianjur jalur terpendek sekitar 82 km. Jika berangkat via Cabeber, Sukanagara, Pagelaran, Paskuda dan Karangjaya. Waktu lama di jalan sekitar 3,5 hingga 4 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Citambur Cianjur

Pengunjung yang Ingin masuk ke tempat wisata alam Curug Citambur cukup mengeluarkna biaya yang sedikit. Tiket masukke  Curug Citambur Rp. 3000/orang. Parkir sepeda motor membayar Rp. 2000/motor dan mobil Rp. 5000/mobil

Untuk diketahui, Curug ini dalam pengelolaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karangjaya.

Artikel menarik lainnya: Kampung Sabin Cirebon Wisata Kuliner dengan Nuansa Bali

Fasilitas yang Tersedia di Curug Citambur

Walaupun lokasi bisa dikatakan tersembunyi, tetapi mempunyai fasilitas cukup baik, seperti masjid, toilet, area parkir, warung makanan. Pakai  alas kaki yang nyaman dan sebaiknya sepatu. Karena kondisi jalan di sekitar air terjun cukup licin dan harus tetap hati-hati.

Jika ingin berkunjung ke curug sebaiknya pada pagi hari.Kalau pun berangkat pada sore hari, datanglah sebelum matahari terbenam. Sebisa mungkin keluar dari daerah Rancabali sebelum malam karena kondisi jalan yang sedikit penerangan. Demikian informasi mengenai tempat wisata cianjur, dan mari bahagia dengan liburan.

Artikel menarik lainnya: Tiket Masuk Wisata Telaga Biru Kuningan Yang Hits Instagramable

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *