Wisata Jawa Barat

Curug Cipendok Banyumas Wisata Air Terjun Sejak Zaman Kolonial Belanda

Curug Cipendok Banyumas adalah tempat wisata yang direkomendasikan dengan pesona air terjun nan indah. Destinasi ini mampu membuat jiwa serta pikiran lebih tenang dan berada di Banyumas yang merupakan bagian dari di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwokerto.

Pariwisata air terjun yang penuh dengan sensasi dan Banyak wisatawan lokal yang mengunjunginya. Curug ini memiliki ketinggian 92 meter di atas permukaan laut. Selain udara segar, ada juga hal-hal yang berbau mistis.

Keindahan Curug Cipendok mulai diresmikan pada tanggal 27 Februari 1987. Lokasinya menjadi bagianwilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Wisatawan akan menemukan beberapa pohon langka dan diberi nama oleh pengunjung sebagai tempat belajar.

Cerita Asal-Usul Curug Cipendok Banyumas

Curug Cipendok Banyumas berkaitan dengan kisah zaman perang melawan pemerintah kolonial belanda. Raden Renusantika yang merupakan seorang wedana Ajibarang yang menerima perintah Belanda untuk membuka kawasan hutan di dekat Gunung Slamet. Raden Renusantika kemudian menebang beberapa pohon, tetapi akhirnya pohon itu tumbuh kembali.

Ia meminta instruksi, lalu memancing ikan di sekitar air terjun. Selama memancing memperoleh sebuah ikan. Tetapi ketika dia ditarik, ikan itu berubah menjadi cincin yang merupakan kerangka. Kerangka itu biasa disebut Pendok. Akhirnya air terjun ini diberikan nama pendok.

Trekking Curug Cipendok Bersama Wisatawan

Jalan yang perlu dilewati saat pergi ke wisata alam Curug Cipendok Banyumas tidak terlalu sulit. Sepanjang jalan, wisatawan akan menghargai jalan yang halus  dan beraspal, tetapi agak kecil. Sehingga, harus memperhatikan jalan ketika mengendarai kendaraan.

Tak lama setelah parkir kendaraan, wisatawan akan menikmati udara segar di pegunungan dengan pohon hijau yang benar-benar menenangkan mata.

Setelah pintu masuk, wisatawan akan berjalan di jalan setapak yang masih berbatu hingga 500 meter. Tetapitidak akan bosan, karena disertai dengan keindahan dan suara alami yang menenangkan.

Trekking ke Curug Cipendok harus sangat berhati -hati. Selain jalan berbatu, ada jurang dari sisi jalan. Wisatawan akan merasakan sensasi berjalan di tengah hutan, dikelilingi oleh pohon-pohon yang masih sangat teduh dan sangat keren.

Menikmati Curug Cipendok Banyumas dari Gardu Pandang

Curug Cipendok Banyumas mempunyai ketinggian sekitar 92 meter dan berada di lereng Gunung Slamet. Aliran air sangat berat. Air terjun berada di antara dua tebing tinggi, kesegaran udara sangat jelas ketika mendekati area aliran air.

Aliran air terjun segera mengalir ke sungai, yang dikelilingi oleh bebatuan yang sangat besar. Tidak disarankan untuk mendekati air terjunCipendok karena terlalu berbahaya.

Pengunjung akan disambut oleh pemandangan curug yang luar biasa. Aliran Curug Cipedok jatuh ke telaga kecil dan mengalir ke sungai. Sungai ini dihiasi dengan batu-batu besar yang umumnya digunakan sebagai tempat untuk beristirahat dan mengambil foto dengan air terjun.

Jika ingin memandang air terjun dari jauh, pengunjung dapat melihat dari gardu pandang. Gardu ini adalah tempat foto yang populer di kalangan wisatawan. Tetapi jika ingin melihat lebih dekat, pengunjung harus mengikuti jalan berbatu sekitar 100 meter. Aliran air yang kuat akan membuat siapa pun mendekati air terjun terasa hembusan angin dan cipratan air yang menyegarkan.

Fasilitas Utama Curug Cipendok Banyumas

Tersedia Fasilitas utama tempat ini diantaranya yaitu cottage, sarana outbound, jogging track, jungle track, Telaga Pucung dan bumi perkemahan.

Selain itu, ada juga fasilitas pendukung yang sudah cukup baik, seperti tempat parkir, tempat peristirahatan, kamar mandi, taman bermain anak-anak seperti ayunan dan menara pandang untuk melihat pemandangan kota Purwokerto ketika cuaca cerah.

Danau Pucung adalah sumber mata air selain bisa mengurangi kelelahan, tempat ini juga cocok untuk perkemahan. Panorama alami selalu terlihat alami. Di sekitar Télaga Pucung, masih ada elang jawa dan harimau . Di mana keberadaannya sekarang berkurang. Danau ini ditemukan untuk pertama kalinya pada tahun 1997 dan diresmikan pada 8 Agustus 2005.

Destinasi menarik lainnya: Batu Pandang Ratapan Angin Wonosobo Spot Memandang Telaga Warna

Harga Tiket Masuk Curug Cipendok

Biaya masuk ke Curug Cipendok adalah Rp 10.000 / orang (hari kerja) dan Rp 12.500 / orang (liburan). Wisatawan dapat puas untuk mengeksplorasi dan menikmati pesona alami air terjun di Purwokerto Banyumas yang satu ini.

Tiket masuk ke daya tarik alami Curug Cipendok dapat berubah kapan saja dan tidak termasuk bayar parkir kendaraan. Adapun jam buka setiap hari mulai pukul 7:00 pagi hingga 16.00 WIB.

Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Kasongan Daerah Penghasil Gerabah di Bantul Yogyakarta  

Alamat Curug Cipendok Banyumas Wisata Air Terjun Sejak Zaman Kolonial Belanda

Jadi, Curug Cipendok  adalah salah satu lokasi wisata populer di Purwokerto, Jawa Tengah. Oleh karena itu tidak mengherankan banyak yang datang ke sana. Banyumas dikelilingi oleh pemandangan alam dan hutan sekitar 47 hektar. Ada beberapa jenis kunjungan ke Curug Cipendok seperti hutan alam, danau, air terjun, desa panginyongan dan perkemahan.

Lokasi tujuan wisata berada di Dusun II Lebaksiu,Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini menggunakan kendaraan roda 2 dan 4 dengan jarak sekitar 23 km, ketika pergi dari pusat kota Purwokerto.

Rute ke Curug Cipendok dari Purwokerto adalah harus pergi melalui Jalan Sudirman menuju alun-alun. Setelah itu, pergi langsung ke jalan raya Cilongok sampai pertigaan Losari. Kemudian menemukan tanda rambu lampu kuning. Dari sana, belok kanan ke air terjun Cipendok dengan jarak sekitar 8 km lebih.

Setelah masuk, wisatawan akan bertemu tempat parkir, antara air terjun Cipendok dan tempat parkir mobil dan sepeda motor berjarak sekitar 500 meter. Tapi jangan khawatir tentang perjalanan ke pintu masuk air terjun adalah tempat yang indah dan cantik.

Artikel menarik lainnya: Objek Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam Sumatera Barat Tempat Melihat Danau Maninjau

One thought on “Curug Cipendok Banyumas Wisata Air Terjun Sejak Zaman Kolonial Belanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *