Thu. May 30th, 2024
    Curug Cikondang Cianjur. Foto Linda FebriyantiCurug Cikondang Cianjur. Foto Linda Febriyanti

    Curug Cikondang Cianjur adalah tempat wisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan dengan kondisi air terjun yang cukup deras. Penamaan Curug Cikondang berasal dari pohon yang biasa tumbuh di hutan Asia Tenggara. Pohon yang memiliki tinggi bisa mencapai 40 meter dan diameter 1,75 meter.

    Pohon kondang adalah jenis tumbuhan pohon loa dengan nama latin Ficus Subracemosa Blume. Nah, penyebutan Curug Cikondang berasal dari pohon kondang. Saat ini, menjadi destinasi wisata alam yang terus dikembangkan sebagai tujuan wisata keluarga di Cianjur Jawa Barat.

    Lokasi Curug Cikondang berada di kawasan Perkebunan Teh PTPN VIII Panyairan dengan panorama pohon-pohon tingg dan bukit-bukit kecil yang dihiasi nuansa kebun teh. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di wisata air terjun cianjur ini. Salah satunya seperti yang dilakukan Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Istrinya Atalia Praratya.

    Kegiatan Olahraga Ekstrim Canyonering di Curug Cikondang Cianjur Jawa Barat

    Seperti yang ditunjukkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Istrinya di akun instagram mereka, tempat wisata ini bisa menjadi menjadi destinasi kegiatan olahraga ekstrim Canyonering. Kegiatan dikelola Komunitas Corps Batara (CORA). Curug Cikondang Cianjur dinilai cocok untuk kegiatan olahraga canyoneering ataupun rapelling.

    Tahukah kamu, kegiatan rappeling ataupun canyonering adalah olahraga yang mirip seperti kegiatan panjat tebing. Bagi orang yang ingin menaiki dan menuruni tebing di curug harus memakai peralatan mendaki tebing.

    Disebut sebagai olahraga ekstrim, karena canyonering sangat menantang yang mesti menghadapi tebing yang curam dan arus air terjun. Adapun biaya kegiatan rappeling ataupun canyonering Curug Cikondang sekitar Rp 200.000- Rp 250.000. Harga tersebut termasuk tiket masuk, instruktur, dan makan siang.

    Menikmati Keindahan Alam Curug Cikondang Cianjur

    Curug Cikondang Cianjur  menawarkan keindahan alam yang khas dengan pohon-pohon tinggi di sekitarnya. Sangkin indahnya, Curug Cikondang disebut Niagara Mini dari Indonesia. Apalagi di sekitarnya terdapat bukit kecil dan kebun teh untuk spot selfie.

    Sehingga, banyak wisatawan datang bukan hanya wisatawan lokal saja, tetapi dari luar kota seperti  dari, Sukabumi, Jakarta, dan Bogor. Panorama alam yang ditampilkan dari Curug ini nan hijau dan mempesona. Sehingga, tempat wisata cianjur ini nyaman dan asri yang bikin pengunjung betah berwisata sambil melihat air terjun ini.

    Ketika menuju lokasi Curug Cianjur ini, pemandangan yang bisa dilihat seperti persawahan, perkebunan perbukitan, tebing, hutan, aliran sungai dan lain-lain.

    Lokasi Curug Cikondang Cianjur

    Panorama alam Curug Cikondang Cianjur yang indah ini dapat dilihat jika ada melakukan kunjungan Wisata ke Kabupaten Cianjur. Lokasinya tidak jauh dari kota Cianjur sekitar 37 km. Alamatnya berada di Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

    Tempat wisata Cianjur ini bisa didatangi dengan menaiki sepeda motor dan mobil, lalu diparkirkan di sekitar kawasan pariwisata ini. Setelah sampai tempat parkir, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke lokasi. Jarak lokasi Curug Cikondang Cianjur ke tempat parkir sekitar 500 m. Adapun jalan setapak ke air terjun ditandai dengan pagar  yang penuh warna-warni. Rute jalan tersebut akan membawa pengunjung ke air terjun.

    Di sekitarnya, ada beberapa saung untuk tempat istirahat yang nyaman terletak di pinggiran sungai. Bagi kamu yang takut menyasar sampai ke lokasi, gunakan Google Maps yang akan mengantar sampai ke lokasi.

    Tempat wisata menarik lainnya: Wisata Cibiuk Garut Antapura De Djati Destinasi dengan Panorama Terasering Ala Ubud Bali

    Harga Tiket Masuk Curug Cikondang Cianjur

    Tiket Masuk Curug ini cukup terjangkau dan bisa dibayar langsung dilokasi. Berikut harganya:

    • Tiket Masuk : Rp 10.000
    • Parkir : Motor Rp 3.000 / Mobil Rp5.000

    Jam Operasional: Pukul 08.00 – 16.30 WIB.

    Adapun fasilitas yang terdapat di Curug Cikondang, antara lain tempat parkir, Warung, Gazebo, Spot foto instagramable, toilet dan mushola. Sebaiknya datanglah dikala cuaca cerah, agar lebih nyaman ketika berada di lokasi.

    Demikian penjelasan mengenai Curug Cikondang Cianjur Wisata Olahraga Ekstrim Canyonering yang telah dicoba Ridwan Kamil. Tunggu apalagi mari liburan dan terapkan protokol kesehatan Covid-19 ketika berada di tempat wisata alam Cianjur ini.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Air Panas dan Waterpark Darajat Pass Garut

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *