Berburu Talas Bogor dan Kue Lapis Makanan Khas untuk Dibawa Pulang

Talas Bogor. Foto www.bogorraincake.com

Kota Bogor juga sangat khas dengan talas. Tidak pas rasanya kalau ke daerah ini tanpa menikmati makanan ini. Tanaman umbi-umbian ini banyak tumbuh di daerah dataran tinggi bogor. Pohon yang tak mengenal musim ini, membuatnya bisa tumbuh sepanjang tahun dan mudah untuk ditemukan.

Wisatawan juga sering menjadikan talas bogor menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah liburan di Kota Bogor. Kalau pergi ke Kebun Raya Bogor, makan bisa menjumpai banyak penjualnya di sekitar pintu utama. Ada banyak gerobak yang biasanya muncul pada sore hari.

Harga talas bogor akan menjadi lebih mahal karena pengunjung lebih banyak datang dari akhir pekan. Jadi, pengunjung harus lebih pintar menawar agar memperoleh harga lebih murah. Ingat jangan meminta harga terlalu murah, pejualnya di sana adalah pedagang kecil yang memiliki keuntungan tidak terlalu banyak.

Selain jual talas bogor terdekat ditemukan di pintu utama Kebun Raya Bogor, penjualnya juga ditemukan di daerah Sukasari. Saran ketika membeli talas sebaiknya memakai bahasa Sunda dan ramah kepada penjualnya, agar penjual tidak memberikan dengan harga yang miring.

Alasan Talas Bogor Menjadi Pilihan Oleh-Oleh Wisatawan

Tahukah kamu, talas bogor bisa menjadi makanan pengganti dari nasi, karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin C. Talas memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan kentang yang lemaknya lebih rendah. Sehingga lebih aman untuk dikonsumsi dan seratnya baik bagi pencernaan.

Makanan dari bahan talas biasanya dibikin secara tradisional dan dikukus dengan parutan kelapa. Enak dimakan menjadi pendamping teh dan kopi di pagi atau sore hari. Bagi warga Bogor, talas konon telah lama dibudidayakan sejak lama menjadi makan sehari-hari yang dikonsumsi. Hal yang perlu dilihat bagi yang mau konsumsinya, talas harus wajib diproses dan dimakan dalam jumlah yang wajar dan dimasak dengan baik.

Tips memilih dan mengolah talas Bogor, antara lain:

  1. Dilihat secara fisik dan daging talas sudah berwarna agak keabu-abuan.
  2. Bisa dicium buah talas agar terasa wangi umbinya.
  3. Ciri talas yang bagus tidak akan terasa gatal ketika dimakan. Karena sudah tidak ada getahnya.
  4. Cuci dulu talas sebelum diolah untuk menghilangkan getah dan dicampur garam sedikit ketika mencucinya.

Artikel menarik lainnya: Wisata Curug Nangka Bogor Air Terjun yang Bagus dan Indah untuk Dikunjungi

Kue Lapis Talas Bogor yang Enak Dikonsumsi

Beberapa tahun terakhir, talas bukan hanya diolah dengan cara dikukus saja. Tetapi juga dibuat menjadi makanan kekinian yang banyak dicari wisatawan yaitu Lapis Bogor. Ada banyak orang yang berhasil membuat kue boleh berbahan tepung talas. Tekstur kue biasanya lebih lembut dan memiliki rasa yang enak. Apalagi kalau ditambah keju dan varian rasa, kue ini akan menjadi lebih cepat dihabiskan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk singgah ke tokonya dan harap sabar mengantri, karena peminat kue Lapis Bogor sangat banyak. Wisatawan biasanya bisa membeli kue ini hingga beberapa kotak. Selain dijual di toko, banyak pula orang yang menjualnya di mobil-mobil seperti toko bergerak.

Kue Lapis Talas Bogor Sangkuriang berhasil diciptakan menjadi makanan khas yang dikembangkan oleh pasangan suami istri. Hingga menjadi produk pangan Lapis Bogor Sangkuriang yang berbeda dengan kue lainnya.

Ada beragam macam kue bolu lapis berbahan talas, seperti rasa original, rasa talas, rasa pisang, rasa brownies, dan lain-lain. Harga kue lapis talas bogor biasanya diijual mulai Rp 35 ribu sampai Rp 37 ribu.

Bolu Lapis Talas Bogor Sangkuriang adalah termasuk toko terbesar yang paling banyak didatangi dan menjadi pilihan untuk membeli  oleh-oleh bogor. Selain di toko tersebut, ada banyak toko lain yang menjual produk kue dengan rasa dan empuk dengan berbagai pilihan.

Artikel menarik lainnya: Sejarah Stasiun Bogor Kota dari Masa Belanda Hingga Masa Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *