Wisata Jawa Barat

Alun Alun Kota Bogor Ikon Baru dan Ruang Publik Eks Taman Topi

Alun alun Kota Bogor diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Walikota, Bima Arya pada 17 Desember 2021. Lokasinya berada di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah bekas Taman Topi Bogor.

Menurut Ridwan Kamil, Alun Alun Kota Bogor pada dasarnya adalah ruang keluarga bagi warga dan mengizinkan siapapun berkumpul. Tidak ada batasan dan latar belakang untuk bisa mengunjungi dan menikmati suasana di sana. Jadi, alun alun Bogor menjadi ruang bersama dan siapa dapat bahagia.

Kata beliau, dari pengalaman membangun alun-alun Kota Bandung, warga berterima kasih karena menjadi tempat membahagiakan anak-anak atau alun-alun. Selain itu menjadi tepat berlibur yang hemat bagi warga.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan setelah diresmikan adalah meomen bersejarah dan menandakan bersatunya kembali dua elemen bersejarah. Jadi Stasiun Bogor dan Taman Wilhelmina yang kini diberi nama Alun-Alun Kota Bogor akan terintegrasi.

Peresmian alun-alun dilakukan secara meriah dengan melepaskan belasan burung merpati.  Warga di sekitar pun menyaksikan peresmian pembukaan ruang publik baru di kota Bogor.

Alun Alun Kota Sukabumi Terintegrasi dengan Pintu Timur Stasiun Kereta Api Bogor

Alun alun Kota Sukabumi dibuat  terintegrasi dengan pintu timur Stasiun Kereta Api yang telah berusia 140 tahun. Penyatuan tersebut mempunyai nilai sejarah stasiun sejak masa kolonial tahun 1745-1808. Walikota Kota Bogor menjelaskan bahwa alun alun ini menjadi tempat olahraga, bercengkrama dan berencana pembangunan Masjid Agung selesai dibangun tahun 2022.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat berharap peresmian Alun alun Kota Bogor yang berada di pusat kota dapat memberikan manfaat sebagai ruang interaksi sosial dengan aman. Karena ciri kota yang baik adalah warga sering nongkrong di taman sebagai ruang publik. Menurut Gubernur, 27 kabupaten/kota di Jabar telah dianggarkan dana hibah untuk pembangunan alun-alun yang akan menjadi identitas dari kabupaten/kota masing-masing. Biayanya dari dukungan APBD Provinsi.

Walikota Bima Arya menyatakan Pemkot Bogor berencana membangun jalur pejalan kaki bagi warga. Tujuannya agar lebih nyaman berkumpul bersama keluarga dan meluangkan waktu akhir pekan di ruang publik. Selain itu, sedang berkoordinasi dengan PT KAI yang menyambungkan alun-alun tersebut dengan Stasiun Bogor. Begitu pula, akan dibangun skybridge untuk fasilitas kegiatan warga. Sehingga, dapat menyatukan antara Masjid Agung, Alun alun dan  stasiun Bogor.

Artikel menarik lainnya: Fakta Menarik dan Unik Tentang Kota Bogor dari Nama Hingga Sejarah

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Alun Alun Kota Bogor?

Seperti yang dikatakan Gubernur Jabar dan Walikota Bogor, ruang publik Alun Alun Kota Bogor menjadi ruang publik yang bisa dikunjungi semua warga. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Melakukan olahraga secara ringan, karena terdapat alat-alat outdoor dan tempat permainan anak-anak.
  2. Berekreasi di taman kota Bogor bersama keluarga atau teman untuk menikmati suasana di luar rumah.
  3. Bisa datang ke beberapa tempat sekaligus, bukan hanya ke taman kota tetapi bisa ke Masjid Agung dan Stasiun Kereta Api.
  4. Sebagai ruang publik, ruang kota disediakan fasilitas seperti amphitater yang bisa digunakan kegiatan seni dari komunitas yang ada di Kota Bogor. Jadi warga bisa melihat kegiatan kesenian di alun-alun Bogor.
  5. Bisa berbelanja dan menikmati kuliner. Karena di sekitarnya ada banyak penjual makanan dan tempat berbelanja di pasar sekitarnya.

Demikian penjelasan mengenai Alun-Alun Kota Bogor sebagai ruang publik yang bukan hanya mempercantik suasana suatu daerah. Melainkan juga menjadi tempat nyaman dan aman berkegiatan bagi semua warga.

Artikel menarik lainnya: 10 Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan Tradisional yang Cocok Dibawa Setelah Pulang Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *