Wisata Indonesia

Wisata Sawah Sumber Gempong Trawas Mojokerto Destinasi Sumber Mata Air

Wisata Sawah Sumber Gempong Trawas, selayaknya wisata alami Ubud Bali, Kabupaten Mojokerto memiliki sejumlah atraksi alami yang layak dikunjungi. Destinasi wisata ini dibuka tahun 2018, tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa sumber Gempong memiliki panorama alami desa.

Karakteristiknya memiliki hamparan sawah, pemandangan gunung dan mata air yang tidak diragukan lagi mirip dengan atmosfer Ubud di Bali. Di daerah ini dapat mendengar kicauan burung, percikan air dan gesekan daun yang terkena angin.

Gempong memiliki arti rasa putus asa. Sumber mata air yang dipercaya dapat menghilangkan keputusasaan. Sehingga, seseorang yang datang ke sumber mata air akan hilang rasa putus asa dan memiliki harapan baru.

Suasana Wisata Sawah Sumber Gempong Trawas Mojokerto

Sumber Gempong adalah salah satu urat nadi petani. Banyak penduduk menggunakan air dari Gempong untuk mengairi sawah. Dikatakan bahwa sumber air yang muncul di bawah permukaan tanah tidak pernah kering bahkan selama musim kemarau. Ini adalah berkah bagi penduduk setempat yang bekerja terutama sebagai petani.

Sejak ditemukan, penduduk setempat sudah mulai membentuk bendungan yang menyerupai kolam berukuran sekitar 7 x 5 meter dengan kedalaman sekitar 1 meter. Tempat itu bertujuan untuk melestarikan alam sambil membuat tujuan wisata yang nantinya. Selain itu,  dapat memberdayakan ekonomi masyarakat setempat.

Kolam mata air alami ini dapat digunakan sebagai tempat untuk berendam dan berenang. Bukan hanya itu, pariwisata dari Sumber Gempong Trawas menyajikan pemandangan indah Gunung Penanggungan dengan sangat jelas diapit oleh sawah hijau yang khas dari atmosfer desa.

Tempat wisata ini memiliki panorama alami desa yang menghadap pemandangan gunung dan layak dengan perkemahan keluarga. Udara di Sumber Gempong masih segar karena berada di kaki gunung. Selain itu, panorama alami sangat indah dengan hamparan sawah terasering dengan sumber air yang jernih.

Fasilitas Tempat Wisata Mata Air di Mojokerto

Sumber Gempong telah memiliki wahana yang menarik di samping kolam pemandian dari sumber mata air pengunungan. Ada wahana menarik seperti Dangau sawah, terapi ikan, Camping Ground, sawah, sepeda, bebek air, dan edukasi wisaya. Berbagai kegiatan dapat dicoba dengan membayar biaya tambahan.

Berikut ini adalah daftar harga wahana:

  • Wahana ATV: Rp25.000
  • Sepeda Air: Rp10.000
  • Kereta Sawah: Rp10.000
  • Becak Terbang: Rp20.000
  • Sepeda Terbang: Rp15.000
  • Kuda: Rp30.000
  • Bebek Air: Rp20.000
  • Hand Boat: Rp10.000

Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toilet, ruang ganti, dan tempat foto yang menarik. Biaya yang perlu dibayar Rp 5.000 / orang dan parkir adalah Rp 3.000. Pengunjung dapat menyediakan peralatan berkemah atau sewa di sana. Untuk perkemahan, pengunjung harus membayar harga yang berbeda.

Tiket Masuk

Berikut Harga Tiket Masuk Wisata Sawah Sumber Gempong Trawas:

  • Tiket masuk Rp 5.000
  • Sepeda air: Rp10.000/orang.
  • Motor ATV: Rp 25.000/orang (3 kali putaran)

Tersedia Paket Berkemah untuk pengunjung:

  • Paket Reguler Rp. 15.000/orang
  • Disediakan Paket Family dari Rp. 135.000 (Fasilitas: termasuk tiket Masuk, tenda dome untuk 2 orang, kasur + bantal, lighting, toilet, sarapan untuk 2 orang ( Tradisional menu )
  • Paket VIP Rp. 225.000 (Fasilitas termasuk tenda dome untuk 3-4 orang, kasur + bantal, Toilet, lampu tumblr, charger listrik, sarapan untuk 2 orang ( Tradisional Menu )
  • Tersedia Paket sarapan / makan siang / makan malam mulai dari Rp. 20.000

Wisata Sawah Sumber Gempong dapat didatangi setiap hari dengan jam operasi berikut:

Hari Normal: 08.00 – 16:00 WIB dan Hari Libur: 07:00 – 17:00 WIB.

Artikel menarik lainnya: Taman Labirin Coban Rondo Malang, Wisata Seru dan Menaik Tersesat Bersama Teman-Teman  

Lokasi Sawah Sumber Gempong Trawas

Alamat Wisata Sawah Sumber Gempong berada di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Karena lokasinya jauh dari jalan utama, sumber Gempong sangat cocok untuk mereka yang menghindari kerumunan dan yang ingin menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan.

Terletak di daerah Gunung Penanggungan, tidak jauh dari Taman Ghanjaran. Sekitar 1 kilometer atau sekitar 5 hingga 10 menit dengan mobil. Sumber Gempong terletak sekitar 1 kilometer di sebelah timur Taman Trawas Ghanjaran atau sekitar 10 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Karena lokasi ada di dusun, pintu masuk harus melewati area kampung yang agak sempit. Setelah menyeberangi sebuah desa, itu akan berjalan di sepanjang jalan kecil yang diapit oleh pegunungan dan tebing. Kondisi jalannya cukup baik bahkan jika mereka cukup berliku.

Demikian Wisata alam Sawah Sumber Gempong Trawas Mojokerto yang selalu digunakan oleh penduduk untuk irigasi. Sumber mata air dan sebuah kolam yang sangat penting untuk mengairi sawah penduduk.

Artikel menarik lainnya: Wisata Batas Kampung Surabaya Tempat Makan WBK Café dengan Suasana Lingkungan yang Asri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *