Wisata Indonesia

Wisata Sawah Sudut Pandang Destinasi Hamparan Sawah Luas di Samarinda

Objek wisata Sawah Sudut Pandang menghadirkan keindahan hamparan sawah yang luas, memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati udara segar dan menikmati kecantikan matahari terbenam. Terletak di Kota Tepian, destinasi ini telah mencuri perhatian hampir 500 pengunjung, menandai popularitasnya sebagai tempat wisata baru di kota.

Antusiasme yang tinggi, terutama dari kalangan remaja, turut berkontribusi pada kepopuleran Sawah Sudut Pandang. Para pengunjung, terutama yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbenam, sering kali membawa kamera pribadi atau bahkan menggunakan drone.

Fenomena ini menciptakan pemandangan yang semakin ramai, dengan tiga hingga empat drone terbang di udara pada satu waktu, menghidupkan suasana tempat yang awalnya dirancang untuk menampung 100 hingga 150 orang.

Artikel menarik lainnya: Lubana Sengkol Destinasi Wisata Terdekat dengan Konsep Terpadu di Tangerang

Daya Tarik Wisata Sawah Sudut Pandang

Keindahan pemandangan yang menarik para pencinta fotografi. Tempat ini awalnya dibuka karena banyak orang yang mencari pemandangan indah untuk diabadikan kamera.

Pembangunan tempat ini masih terus dilakukan. Kehadiran ibu-ibu dan warga kota yang turut serta dalam proses pembangunan menunjukkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat.

Proyek wisata ini tidak hanya melibatkan kerjasama pengelola dengan masyarakat sekitar, khususnya kelompok petani. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian lokal sambil tetap menjaga lahan pertanian milik petani.

Sebagai contoh, lahan yang merupakan bagian dari wisata sawah disewa oleh Ari, dengan pembayaran sewa bulanan. Sistem ini memberikan keuntungan kepada petani, sementara pendapatan dari kuliner, parkir, dan keamanan dikelola oleh warga sekitar.

Tetap Menjaga Kondisi Lahan Pertanian

Salah satu aspek yang dijaga dengan ketat oleh Ari adalah kebersihan lokasi wisata. Untuk memastikan kebersihan dan kelestarian lahan pertanian, Sawah Sudut Pandang dibuka hanya pada siang hari.

Bahkan, beberapa bulan sekali, dalam jangka waktu beberapa minggu, destinasi ini libur total untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan, terutama selama musim kemarau.

Pengelola berencana untuk memperluas wilayah wisata dengan menambahkan beberapa petak lahan baru. Namun, ekspansi ini akan dilakukan setelah panen sehingga tidak mengganggu aktivitas pertanian dan tetap menghormati kearifan lokal.

Harga Tiket Masuk Wisata Sawah Sudut Pandang

Tiket masuk ke Wisata Sawah Sudut Pandang terjangkau, dibanderol seharga Rp10.000 untuk umum dan Rp5.000 untuk penduduk lokal. Pengunjung dapat menikmati berbagai spot foto menarik yang dapat diabadikan untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial.

Selain itu, terdapat warung yang menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga mulai dari Rp5.000. Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul 13.00 hingga 18.30 WITA.

Alamat Wisata Sawah Sudut Pandang

Lokasi Sawah Sudut Pandang berada  di Jalan Giri Rejo, Lempake, Samarinda, Kalimantan Timur. Jumlah pengunjung dapat bervariasi, terutama pada hari biasa dan akhir pekan.

Pengelola Wisata Sawah Sudut Pandang menyatakan terdapat perbedaan signifikan antara jumlah pengunjung pada hari Senin hingga Jumat dibandingkan dengan Sabtu-Minggu.

Destinasi ini telah menjadi favorit baik bagi para wisatawan maupun penduduk lokal, menawarkan pemandangan yang memikat keindahan alam Kalimantan Timur.

Artikel menarik lainnya: Kedai Roti Ibu Saya Kuliner Murah Buatan Sendiri di Depok

One thought on “Wisata Sawah Sudut Pandang Destinasi Hamparan Sawah Luas di Samarinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *