Wisata Indonesia

Wisata Kota Batu Sebagai Daerah Tujuan Pariwisata yang Disebut DeKleine Switzerland

Wisata Kota Batu adalah daerah tujuan pariwisata yang disebut DeKleine Switzerland  yang artinya Swiss Kecil di Pulau Jawa. Begitulah Orang Belanda memanggil kota elok tersebut dulu. Mereka suka suasana Kota Batu karena kangen dengan kedinginan dan keindahan Swiss.

Kota Batu termasuk wilayah yang secara administratif dalam Provinsi Jawa Timur. Awalnya menjadi bagian dari Kabupaten Malang dan ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Lalu, Batu diputuskan menjadi kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang pada tanggal 17 Oktober 2001.

Kota Batu adalah wilayah yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu: Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji. Luas wilayahnya sekitar 199.09 km2 atau sekitar 0,42 persen dari total luas Jawa Timur.

Kota yang berjarak 19 km yang tepatnya disebelah barat kota Malang di atas ketinggian antara 680-1700 meter di atas permukaan air laut. Kesejukannya muncul karena memiliki suhu udara sekitar antara 15-19 derajat celcius. Sehingga dikenal menjadi kota yang memiliki pesona yang eksotis.

Alam Perbukitan dan Pegunungan Tempat Wisata Kota Batu yang Dikenal Indah 

Pesona Gunung Panderman Kota Batu
Pesona Gunung Panderman Kota Batu. Sumber: Humas Kota Batu

Sebagai daerah yang sebagian besar wilayah terdiri dari perbukitan dan pegunungan, Kota Batu terkenal sebagai daerah dingin dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pada tahun 2019 Kota Batu memiliki suhu minimum 16 derajat Celcius dan suhu maksimum sekitar 31 derajat Celcius. Letak Kota Batu yang berada di lereng Gunung Panderman dan Arjuna membuat kota ini menjadi tempat yang menjadi tujuan dari wisatawan.

Sebagian besar kegiatan ekonomi ditunjang dari dunia pariwisata, terutama jasa akomodasi tempat wisata kota batu. Sejak ditetapkan sebagai Kota Wisata pada tahun 2010, pembangunan sektor kepariwisataan semakin digalakkan di Kota Batu. Jumlah hotel dan jasa akomodasi semakin banyak. Berdasarkan data BPS pada tahun 2018, ada 967 hotel/penginapan. Diantaranya terdiri dari 17 hotel bintang dan 950 hotel non bintang.

Seiring berjalannya waktu tempat wisata di Kota Batu semakin bertambah jumlahnya baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Selama tahun 2019, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Batu meningkat sekitar sekitar 7,15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Data tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pengunjung di Jatim Park III, Jatim Park II, dan Museum Angkut yang meningkat lebih dari 30 persen dibanding tahun sebelumnya.

Jumlah tingkat kunjungan wisata di Kota Batu biasanya semakin meningkat  pada bulan Desember.  Liburan akhir tahun menjadi waktu yang menyedot semakin banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu. Kenaikan kunjungan tempat wisata kota batu bisa mencapai mencapai 2 kali lipat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Sektor Pariwisata Penopang Kegiatan ekonomi di Kota Batu

Air Terjun Coban Talun Kota Batu. Foto https://travelspromo.com/
Air Terjun Coban Talun Kota Batu. Foto https://travelspromo.com/

Dunia pariwisata menjadi penopang utama untuk kegiatan ekonomi diKota Batu. Hal itu dapat dilihat dari dari pendapatan daerah dan PDRB Kota Batu. Sumber penghidupan sebagian penduduk besar penduduk di bidang jasa pariwisata sebesar 59,18 persen. Sisanya, dari pertanian sekitar 24,10 dan 16,72 persen bekerja sektor sekunder/manufaktur.

Adapun potensi wisata yang terdapat di Kota Batu, antara lain: Wisata alam Cangar, Air terjun Cuban Talun, Wisata air terjun Cuban Rais, Gunung Paderman, Kawasan wisata Songgoriti, Wisata Selecta, Wisata Jatim Park dan lain-lain.

Keberadaan tempat wisata kota batu tersebut membuat industri makanan dan minuman turut berkembang. Jenis jenis makanan dan minuman yang dihasilkan antara lain sari apel, kripik buah, tempe, kripik singkong, tahu, susu pasteurisasi, kue basah dan lain-lain.

Wisatawan yang datang ke Kota Batu membeli makanan, minuman dan cendera mata khas Kota Wisata Batu sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke rumah.

Informasi wisata menarik lainnya: Seperti Apa Jadinya Pulau Rinca Komodo yang Kabarnya Akan Diubah Menjadi Jurassic Park

One thought on “Wisata Kota Batu Sebagai Daerah Tujuan Pariwisata yang Disebut DeKleine Switzerland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *