Sat. Apr 13th, 2024
    Foto Wisata Kawah Ijen Trip Tour Gunung di Banyuwangi. Sumber IG @bluefireijenFoto Wisata Kawah Ijen Trip Tour Gunung di Banyuwangi. Sumber IG @bluefireijen

    Perjalanan wisata Kawah Ijen biasanya cukup mengesankan. Dari kota Bondowoso, mulai melihat keindahan perkebunan kopi yang terletak di lereng Gunung Kawah Ijen. Sebelum mencapai kawah Ijen, pengunjung bisa merasakan cantiknya air terjun Banyupahit.

    Banyupahit adalah sumber mata air berasal dari Kawah Ijen yang mengandung sulfur atau belerang, sehingga airnya terasa pahit dan berwarna cahaya hijau dan pekat. Ditambah tempat wisata ini memiliki udara dingin melawan deretan pohon cemara yang berjajar di sekitar air terjun.

    Untuk sampai ke bibir kawah, dibutuhkan pendakian sekitar 2-3 km. Lanskap alam yang bikin takjub. Gunung Ijen memiliki kawah dengan garis panjang + 911 m dan lebar 600 m. Di kawah ini, ada “genangan air” dengan warna hijau Toska yang mengandung belerang, memiliki luas 54 hektar.

    Dari tepi kawah, menyembul asap beraroma belerang. Untuk menjaga kesehatan pengunjung, ada baiknya membawa masker untuk melindungi paru-paru dari iritasi pernapasan.

    Terlihat jauh ke Kawah Ijen tampak penambang belerang. Mereka naik punggung gunung terjal, lalu turun ke lereng kawah ke dinding sulfur. Mereka akan memecahnya dengan peralatan sederhana. Bongkahan belerang dengan warna kuning kehijauan memakai keranjang bambu. Tambang belerang kawah ijen terletak di provinsi Jawa Timur.

    Daya Tarik Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

    Pada bulan Agustus-September, panorama gunung Kawah Ijen lebih cantik dengan adanya pertumbuhan bunga abadil atau edelweis yang berjenis kuning dan putih yang bermekaran.

    Kawah Gunung Ijen memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl dan mengelami meletus beberapa kali. Kejadian meletus pada tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Dampak letusan, membuat kawah menganga dengan keajaiban danau sulfur (belerang). Karena luasnya kapasitas air belerang di kawah ini, kawah Ijen adalah salah satu danau kawah terbesar di dunia.

    Kawah Ijen mempunyai beragam fasilitas dan akomodasi yang memadai. Jalan telah beraspal kota Bondowoso ke kawah Ijen. Jadi, sudah mulus dan sangat memadai. Bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi, lahan parkir di Pos Paltuping menjadi tempat yang aman untuk menyimpan kendaraan.

    Bukan hanya itu, pada pos ini memiliki beberapa fasilitas berupa penginapan Kawah Ijen, seperti pondok wisata, akomodasi, Kawasan berkemah dan warung makanan.

    Kawah Gunung Ijen adalah salah satu gunung yang aktif di Jawa Timur. Gunung ini adalah bagian dari Taman Nasional Alas Purwo, yaitu Taman Nasional yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tetapi, secara administratif, kawah Ijen termasuk ke dalam dua kabupaten, yaitu Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

    Mencapai Kawasan Wisata Kawah Ijen

    Kawasan wisata kawah Ijen dibagi menjadi dua kecamatan dan dua kabupaten, yaitu Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Sempol yang berlokasi di Kabupaten Bondowoso, di Jawa Timur.

    Kawah Ijen Terletak dimana? Untuk mencapai area rekreasi kawah Ijen, bisa datang melewati Kota Bondowoso memakai kendaraa pribadi. Lalu pergi ke Kabupaten Situbondo, sekitar 2,5-3 jam, melalui jalan beraspal mulus hingga + 90 km. Kemudian, dari desa Sempol, ke Pos Paltuding, terletak sekitar 15 km dari Desa Sempol.

    Jika rute perjalanan dimulai dari arah Selatan (Kabupaten Banyuwangi), para pengunjung butuh waktu sekitar 30 menit (+ 15 km). Untuk tiba di kecamatan Licin, Banyuwangi, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pos Paltuding sekitar 18 km. Dari kecamatan Licin ke Pos Paltuding.

    Pos Paltuping adalah titik terakhir sebelum melakukan pendakian. Dari Pos Paltuping, bisa melakukan pendakian ke Kawah Ijen hingga 2-3 km.

    Ada baiknya pendakian dilakukan di pagi hari untuk menghindari konsentrasi asap belerang. Pada pukul 14:00 WIB, rute pendakian biasanya ditutup karena alasan keamanan karena takut angin yang mengandung belerang mengarah ke jalur panjat sehingga dapat berbahaya bagi pengunjung.

    Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

    Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi wisata Kawah Ijen, dikenakan tiket masuk berikut ini.

    • Wisatawan lokal: Rp 5.000 pada hari kerja dan Rp7.500 Weekend.
    • Pengunjung Mancanegara: IDR 100.000 hari kerja dan IDR 150.000 Weekend.

    Selain itu, harus membayar tiket parkir untuk sepeda motor membayar Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Kalau mau berkemah harus membayar Rp 5.000.

    Artikel menarik lainnya: Pantai Pasir Kencana Pekalongan Tempat Wisata Hits di Jawa Tengah

    Tiket Masuk Suaka Marga Satwa

    • Pengunjung Domestik Hari Biasa: Rp20.000
    • Wisatawan Mancanegara Hari Biasa: Rp250.000
    • Pengunjung Domestik Hari Libur: Rp30.000
    • Wisatawan Mancanegara pada Hari Libur: Rp375.000

    Pemesanan tiket ke Kawah Ijen bisa dilakukan secara online. Sehingga, memudahkan bagi para calon pendaki untuk pergi ke Kawah Gunung Ijen. Penjualan tiket online ini juga bisa memantau jumlah pengunjung yang datang ke tempat wisata alam Banyuwangi ini.

    Artikel menarik lainnya: Villa di Bali dengan Private Pool Penginapan Bulan Madu Romantis Bersama Pasangan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *