Wisata Indonesia

Wisata Karimunjawa yang Menawarkan Keindahan Taman Bawah Laut nan Indah

Wisata Karimunjawa bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menikmati libur natal dan tahun baru. Karimunjawa adalah gugusan 27 pulau yang berada di sisi utara Propinsi Jawa Tengah.  Destinasi yang sering dikunjungi  wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Sehingga, tidak heran kalau pulau Karimunjawa menjadi obyek wisata bahari yang dipavoritkan di dunia pariwisata Indonesia. Julukannya pun beragam, dari Pulau Liburan, The Paradise of Java, Caribbean Van Java, Maldives dari Indonesia dan lain-lain. Tujuan liburan dengan keindahan ekosistem hutan hujan dataran rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang.

Karimunjawa menjadi wilayah yang telah diputuskan menjadi Taman Nasional. Di sana dapat ditemukan tumbuhan dewodaru (Crystocalyx macrophyla) di hutan hujan dataran rendah. Jenis alga terdapat di Karimunjawa adalah algae hijau, algae coklat, dan algae merah.

Sedangkan, hutan pantai dan hutan mangrove memiliki ciri terdapat ketapang (Terminalia cattapa), cemara laut (Casuarina equisetifolia), jati pasir (Scaerota frustescens), setigi (Strebus asper), waru laut (Hibiscus tiliaceus), dan bakau hitam (Rhizophora mucronata). Selain itu tentu saja tidak bisa melepaskan keindahan taman bawah laut Karimunjawa kalau datang ke tempat ini.

Taman Bawah Laut Wisata Karimunjawa yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Terumbu karang yang terdapat di Karimunjawa adalah karang pantai/ tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef) dan taka (patch reef). Setidaknya terdapat hingga 51 genus, sekitar 90 jenis karang keras, dan 242 jenis ikan hias.

Adapun karang laut yang dilindungi adalah akar bahar/ karang hitam (Antiphates spp.) dan karang merah (Tubipora musica). Begitu pula, biota laut yang dilindungi pemerintah, antara lain: kepala kambing (Cassis cornuta), triton terompet (Charonia tritonis), nautilus berongga (Nautilus pompillius), dan batu laga (Turbo marmoratus).

Kondisi terumbu karang di kedalaman laut Karimunjawa bisa dikatakan menabjubkan dihiasi ikan-ikan kecil. Namun tetap perlu dijaga kelestariannya. Kalau karangnya bagus, maka bisa menari wisatawan untuk melakukan snorkeling. Pada Pulau Kemujan ada bangkai kapal Panama INDONO yang tenggelam pada tahun 1955. Kapal tersebut berubah menjadi habitat ikan karang.

Daya tarik taman bawah laut wisata Karimunjawa dapat memberi dampak positif bukan hanya bagi ekosistem laut. Tetapi bermanfaat bagi ekonomi warga sekitar dengan pekerja sebagian besar adalah nelayan. Jumlah ikan akan melimpah dengan habitat terumbu karang yang terjaga dan akan membuat semakin banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan taman bawah laut Karimunjawa. Selain bawah lautnya, wisata daratnya juga memiliki daya tarik tersendiri.

Berlibur ke Tempat Wisata Karimunjawa

Tidak hanya biota laut, ada juga satwa darat di taman nasional Karimunjawa, seperti kera ekor panjang (Macaca fascicularis karimondjawae), rusa (Cervus timorensis subspec), 40 jenis burung seperti pergam hijau (Ducula aenea), elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster). Selain itu, terdapat trocokan/merbah cerukcuk (Pycnonotus goiavier), betet (Psittacula alexandri), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas).

Tahukah kamu, Lima pulau dari total 27 pulau di Taman Nasional Karimunjawa adalah pulau berpenghuni. Pulau tersebut antara lain Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. Sementara, Pulau Karimunjawa adalah pusat kecamatan yang berada di arah utara Kota Jepara.

Nama Karimunjawa telah ada sejak zaman Sunan Muria (tokoh walisongo). Sunan Muria melihat pulau-pulau yang samar dari Pulau Jawa atau dalam bahasa jawa kremun-kremun soko Jowo. Lalu, seiring waktu kepulauan tersebut dipanggil Kepulauan Karimunjawa.

Tempat Wisata Karimun Jawa yang menarik untuk dikunjungi:

Karimunjawa memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya antara lain Pulau (Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Tanjung Gelam, Legon Lele, Genting, Kembar, Parang, Cemara dan Krakal). Selain itu, melakukan wisata bahari (berlayar, selancar air, ski air, renang, berjemur di pantai pasir putih), kegiatan berkemah, wisata budaya, dan pengamatan rusa serta burung.

Bagi kamu yang ingin datang ke Karimunjawa, sebaiknya datang pada April hingga Oktober. Destinasi wisata ini dapat didatangi melalui jalan darat melalui Semarang-Jepara menggunakan bis selama 1,5 jam, Jepara (Pelabuhan Kartini) menuju Karimunjawa dengan naik Fery/kapal motor selama ± 6 jam. Jika mau naik pesawat, dari Semarang (Bandara Achmad Yani) ke arah Pulau Kemujan (Bandar Dewodaru).

Demikian penjelasan mengenai Wisata Karimunjawa yang Menawarkan Keindahan Taman Bawah Laut nan Indah. Ingat perhatikan jadwal kapal ferry dari Jepara ke Karimun tidak setiap hari, yaitu berangkat pada Selasa, Rabu, dan Sabtu. Sementara itu,  motor cepat perginya hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu.

Artikel menarik lainnya: Kepulauan Derawan Sebagai Obyek Wisata Indonesia di Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *