Wisata Indonesia

Wisata Girpasang Naik Gondola dan Jembatan Merah Putih di Klaten Jawa Tengah

Wisata Girpasang naik gondola dan jembatan adalah destinasi pedesaan yang berada di Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Di desa tersebut baru saja diresmikan jembatan gantung yang menarik dan membuat wisatawan penasaran.

Jembatan tersebut digunakan sebagai fasilitas yang mempersingkat waktu menuju Dusun Girpasang. Ada 40 orang yang bisa menyeberangi jembatan setiap kali melintas. Tahukah kamu, Dusun Girpasang terletak di kaki gunung Merapi.

Sebelum adanya jembatan merah putih, warga dan pendatang yang ingin ke dusun Girpasang harus melalui satu-satunya jalan jurang dengan kedalaman sekitar 150 meter. Kontur jalan yang naik turun serta meliuk menjadi satu-satunya akses warga ke dusun tersebut.

Di sana terdapat 9 rumah dengan 12 Kepala Keluarga dan berisi 37 jiwa. Untuk membawa barang, warga pun membuat gondola kecil yang menghubungkan antara di desa di sebelahnya. Akhirnya, gondala pula yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Dusun Girpasang.

Dusun tersebut menjadi terkenal dengan Wisata Girpasang Jembatan Merah Putih dan Gondola

Pembangunan jembatan merah putih yang menghubungkan Girpasang dengan desa seberang bertujuan memudahkan akses warga ke luar dusun. Fasilitas jembatan tersebut pula membuat wisatawan beramai-ramai datang ke tempat wisata alam ini.

Pengunjung bisa berjalan kaki melewati jembatan merah putih menuju Dusun Girpasang. Insfrastruktur khas yang terdapat tiang panjang.  Selain itu, Wisata Girpasang juga dikenal dengan wahana gondola yang digantung yang menggantung di atas jurang dengan panjang 130 m. Fungsinya juga bisa mengantarkan pengunjung ke dusun sebelahnya. Jadi, pengunjung juga patut mencoba gondola tersebut ketika berkunjung ke Dusun Girpasang.

Sarana wisata gondola gantung dan jembatan membuat orang tidak sulit lagi menuju dusun di kaki Gunung Merapi ini. Mereka dengan mudah melintas sekaligus membawa barang ke luar masuk dusun.

Tidak hanya naik naik gondola dan jembatan semata, wisatawan juga bisa berkeliling dusun dan singgah untuk minum kopi  yang ada di lereng-tenggara Gunung Merapi ini. Kopi asli yang produk Girpasang yang diproses sendiri. Selain itu, bisa melihat puncak Merapi melalui menara pandang. Jika berkeliling dusun, bisa melihat kehidupan petani menanam sayur seperti cabe dan tomat dari dekat.

Tiket Masuk Wisata Girpasang

Wisatawan yang ingin melakukan wisata Girpasang dikenakan biaya Rp 2.000 per orang. Selama di desa wisata Klaten ini, wisatawan bisa melewati jembatan gantung tanpa dipungut bayaran atau gratis. Kalau pun mau memberikan uang, seikhlasnya yang dananya digunakan untuk biaya perawatan jembatan.

Tidak sah rasanya kalau datang ke dusun Girpasang tanpa mencoba gondolanya. Karena Gondola gantung menjadi wahana yang terkenal di destinasi pedesaan ini. Kapan lagi mencoba serunya menyeberang bergelantungan di ketinggian 150 meter dari dasar jurang.

Tiket Gondola gantung adalah Rp60.000 per  empat orang. Wahana yang bagi siapa saja yang senang dengan ketinggian dan mencoba keberanian.

Tips Melakukan Wisata Girpasang

Datanglah berwisata ke Dusun Girpasang tidak di hari libur, karena pengunjungnya sangat ramai. Hal itu membuat wisatawan harus rela antri untuk mencoba naik gondola dan jembatan. Sebaiknya datang pada siang hari  agar bisa menikmati pemandangan alam pedesaan di Klaten ini. Meski cuacanya juga panas, namun membuat orang lebih sedikit yang datang ke wisata alam ini.

Semakin lama, semakin banyak pengunjungnya baik wisatawan lokal maupun dari luar kota. Jika sedang berada di Klaten cobalah untuk berkunjung dan menikmati pemandangan Gunung Merapi dari dekat, menyeberangi jembatan, dan santai sejenak menikmati kopi di kedai-kedai yang ada di sana.

Kedai kopi yang terkenal di sana adalah Omah Kopi Girpasang. Tempat ngopi yang dibuka sejak bulan Oktober 2020 lalu. Tujuannya dibangun di seberang jurang menjadi daya tarik wisatawan dan sekaligus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal sebelumnya terisolir.

Artikel menarik lainnya: Wisata De Picnic Prigen Destinisi Tempat Liburan Murah Bersama Keluarga Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *