Wed. May 29th, 2024
    Wisata Dolli Bungaeja Destinasi Kolam RenangWisata Dolli Bungaeja Destinasi Kolam Renang

    Wisata Dolli Bungaeja adalah destinasi yang memiliki kolam berenang dan spot foto terletak di tengah hamparan persawahan. Menariknya dilatari karst pegunungan yang cantik.

    Dulu Kolam Bungaeja cuma menjadi tempat untuk ambil tanah yang gunanya menahan air ke sawah. Tapi lama-lama, warga sekitar mengubah tempat itu menjadi irigasi buat nyiram sawah. Nah, pada tahun 2019, ada ide cemerlang untuk bikin tempat wisata di sana.

    Uang yang dipakai dari dana desa dan tempatnya dikelola oleh BUMDes dan melibatkan masyarakat yang tergabung dalam pokdarwis. Kolam Bungaeja telah diresmikan sama Bupati Maros, Hatta Rahman, tanggal 10 November 2020. Kini, saat akhir pekan atau libur nasional, pengunjungnya bisa sampe 700 orang sehari.

    Artikel menarik lainnya: Bebek Kaleyo Grand Wisata Tempat Makan Enak di Kabupaten Bekasi

    Apa yang Menarik dari Wisata Dolli Bungaeja?

    Pada tahun 2020, tempat wisata ini resmi dibuka dan diberi nama Wisata Dolli Bunga Eja. Nama Dolli Bunga Eja berasal dari kata Dolli berarti tinggi. Sedangkan Bunga Eja itu nama bunga merah yang banyak tumbuh di sekitar tempat wisata ini.

    Di tempat wisata ini, ada kolam renang yang airnya langsung dari gunung karst di sekitarnya. Pemandangan sawah yang luas dan pegunungan karst bikin suasana sejuk, dan air kolamnya alami yang membuat tubuh terasa segar.

    Ukurannya kawasan kolamnya luas sekali, sampai 4 hektar. Tempat wisata ini dikelola sama BUMDes, dengan biaya pembangunan berkisar Rp 1,1 Miliyar dari Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Bungaeja. Pemerintah setempat ingin membuat wahana lainnya, seperti kolam pemancingan dan wisata persawahan.

    Selain tu, terhadap pula wahana jembatan sepanjang 70 meter. Fasilitas yang sengaja dibangun di atas sawah dan bisa digunakan untuk latar berfoto.

    Mari Berwisata Sembari Merasakan Segarnya Kolam Bungaeja

    Sumber air di kolam Bungaeja berasal dari atas gunung. Jadi, tempatnya terletak di kaki gunung dengan pemandangan alam indah. Tidak seperti kolam biasa, di sini tempatnya langsung berdampingan dengan gunung dan sawah yang hijau.

    Wisata kekinian yang lagi ngehits ini adalah kolam renang yang memiliki sekitar 21×25 meter. Di sekitarnya ada gugusan gunung karst dan pemandangan sawah hijau.

    Ada dua jenis kolam yang disediakan pengelola. Ada kolam bagi anak-anak dengan kedalaman maksimal 70 cm. Untuk orang dewasa, ada kolam dengan kedalaman sekitar 150 cm-160 cm (airnya hijau, bukan karena kotor tapi karena dasarnya hijau juga).

    Walaupun merawatnya menggunakan kaporit, tapi jangan khawatir karena memiliki sumber airnya alami dari mata air di gunung yang ada di belakang kolam ini.

    Tersedia Tempat makan Bagi Pengunjung

    Tempat wisata ini tersedia tempat makan di sekitar kolam. Ada tempat bagi pedagang makanan dan minuman. Jadi bisa membeli makanan di Stan UMKM yang jualan makanan dengan harga yang murah. Makanannya bervariasi. Nantinya pengelolanya bakal menyiapkan food court agar pengunjung bisa makan dengan nyaman.

    Harga Tiket Masuk Wisata Dolli Bungaeja

    Tiket masuk tempat wisata ini 7.000 bagi dewasa dan Rp 3.000 untuk anak anak. Tetapi khusus untuk hari libur atau weekend Sabtu – Minggu tiket masuknya berbeda sebesar Rp.10.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp.7.000. Dari pembelian tiket tersebut,  pengunjung bisa mandi di kolam dan foto di jembatan yang disediakan di atas sawah.

    Alamat Wisata Dolli Bungaeja Maros Sulawesi Selatan

    Lokasi tempat Wisata Dolli Bunga Eja berada di Dusun Bunga Eja, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kalau pergi dari Kota Maros, jaraknya sekitar 27 kilometer menuju lokasi Kolam.

    Demikian artikel tentang Wisata Dolli Bungaeja Destinasi Kolam Renang. Destinasi yang indah denga latar gugusan karst dan hamparan sawah. Suasananya tenang, air kolamnya segar, dan mengalir dari mata air pegunungan dolli.

    Artikel menarik lainnya: Menjelajahi Tempat Mistis Wisata Gelang Puri Mojokerto Terdapat Pohon Besar

    One thought on “Wisata Dolli Bungaeja Destinasi Kolam Renang dengan Panorama Sawah dan Pengunungan Karst”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *