Wisata Indonesia

Wisata Alam Posong Temanggung Tempat Berlibur dengan Panorama Pegunungan

Wisata Alam Posong Temanggung adalah destinasi yang terletak di lereng Gunung Sindoro, Desa Tlahap. Kawasan wisata Sindoro ini berada pada ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut. Tujuan wisata alam ini menempati area setidaknya dengan luas 1,2 hektar. Berkenaan dengan wilayah Wisata Lembah Sindoro yang dikembangkan sejak tahun 2010.

Taman Wisata Alam Posong berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Temanggung. Jika wisatawan menggunakan mobil, dimungkinkan untuk datang dengan waktu sekitar 40 menit.

Bahkan meskipun menempuh perjalanan panjang, tetapi pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah Gunung Sindoro dan Gunung sumbing. Jika kita suka menggambar dua gunung yang ada di tengah jalan, seperti apa yang akan dilihat sepanjang jalan menuju Posong.

Cerita Sejarah Wisata Alam Posong Temanggung

Informasi dari penduduk setempat dari penamaan Wisata Posong, berasal dari kata Kosong. Kala itu Pangeran Diponegoro dan tentaranya telah memilih lokasi pos ini karena bisa memantau sebagian besar Kabupaten Temanggung. Jadi, bisa melihat pergerakan pasukan Belanda.

Tetapi pada akhirnya, Belanda dapat mengendus keberadaan rahasia Pangeran Diponegoro dan pasukannya. Mereka harus meninggalkan tiang dan pergi ke tempat yang lebih aman.

Lalu, mereka pindah ke lereng Gunung Sindoro yang lokasinya lebih tinggi dan berada di sisi utara. Pasukan Belanda akhirnya tidak dapat menemukan Pangeran Diponegoro dan hanya melihat lahan kosong.

Setelah bertahun-tahun ditinggalkan, pos ini telah berubah dengan kawasa penuh tumbuhan, dan terdapat kebun milik warga.

Daya Tarik Wisata Alam Posong Temanggung

Wisata Alam Posong Temanggung tampak jelas dari puncak Gunung Sindoro. Lanskap alam dipadu dengan kebun milik masyarakat lokal yang tumbuh di lereng gunung. Selain itu, pemandangannya sangat menawan, dengan nuansa awan dan bukit-bukit yang bakal mengagumkan wisatawan. Adapun beberapa panorama yang menjadi daya tarik di tempat wisata alam ini, antara lain:

Panorama Alam di Sepanjang Jalan dari Gardu Tiket Ke Lokasi Wisata Alam Posong

Pengelolaan destinasi wisata ini dilakukan oleh penduduk dan pemerintah desa setempat. Kemudian dari gardu pembelian tiket di dekat jalan utama, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan jarak 3,5 kilometer ke lokasi utama.

Jarak dari pintu depan ke area utama kawasan Wisata Lembah Sindoro membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam. Selama wisatawan perjalanan akan melewati kopi dan tembakau dengan jalan besar dan berlapis batu Makadam.

Pada siang hari dan cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat “samudera awan” dengan tujuh puncak gunung. Bahkan jika waktunya mendung, Wisata Posong akan selalu indah karena kabut tertutup yang menciptakan suasana syahdu. Selain itu, kondisi udara terasa dan tumbuhan hijau yang terhampar luas.

Tempat Memandang Matahari Terbit

Wisatawan biasanya datang ke sini untuk melihat matahari terbit. Setiap hari sampai 100 pengunjung datang, bahkan meningkat sepuluh kali lipat pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Akibatnya, objek wisata ini buka mulai pukul 04.00 WIB. Kemudian, sekitar pukul lima pagi perlahan matahari pagi akan mengintip dari balik Gunung Sumbing. Perlahan, bayangan tipis-tipis jajaran Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, sampai Ungaran mulai muncul.

Pada pukul 06:00, wisatawan dapat merasakan dan menikmati kehangatan matahari terbit. Tidak hanya matahari terbit, pada sore hari akan terlihat panorama indahnya matahari terbenam. Sinar matahari tampak membelah Gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Melihat Panorama Posong Melalui Menara Pandang

Untuk menikmati panorama Posong, ada tiga cakruk besar (gardu) dan cakruk kecil yang berguna sebagai tempat duduk dan bersantai. Di daerah ini, wisatawan biasanya duduk dengan sembari menikmati minuman panas dan langsung berhadapan dengan pemandangan yang indah.

Spot foto pertama dengan bagian belakang bertuliskan ‘Posong’ dan Gunung Sindoro. Titik ini sangat cocok untuk wisatawan yang suka mengambil foto. Waktu terbaik berfoto adalah di pagi dan sore hari. Kedua, spot foto sayap kupu-kupu yang sangat cocok untuk anak-anak.

Tempat foto ketiga adalah gardu pandang. Titik foto ini memiliki keunikan dengan background gunung Sumbing dan lanskap Temanggung. Titik ini merupakan salah satu tempat foto terbaik bagi para pengunjung.

Tersedia Camping Ground untuk Berkemah di Tempat Wisata Alam Posong Temanggung

Wisata Posong juga membuka tempat berkemah denan menghubungi pengelola lebih dulu. Wisatawan bisa Menginap di Sindoro Alam Lembah Posong dan merasakan udara pegunungan udara segar hingga malam hari.

Pada malam hari, di langit terlihat sangat indah dengan bintang-bintang berpijaran. Pengunjung akan merasakan suasana seperti hidup beratapkan langit.

Mencoba Permainan  Outdoor

Wisatawan bisa mencoba permainan Flying Fox di Wisata Alam Posong Temanggung. Selain itu, pengunjung yang suka berkegiatan outdoor juga bisa mendaki, outbond, serta trekking di lembah dan gunung. Untuk anak-anak disediakan taman bermain yang membut si kecil betah di tempat liburan wisata alam ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong Temanggung

Tiket masuk ke area Wisata Alam Posong  hanya membayar Rp 30.000 dan biaya parkir saja.

  • Tiket Masuk: Rp 30.000

Biaya Parkir

  • Mobil: Rp 6.000
  • Motor: Rp 5.000

Kawasan wisata ini  dapat didatangi dan sudah dibuka mulai subuh sampai sore hari. Oleh karena itu, wisatawan yang datang sejak dini hari dapat merasakan sunrise Gunung Sindoro.

Jam Buka: Pukul 04.00-17.00 WIB

Wisata Indonesia menarik lainnya: Villa di Bali dengan Private Pool Penginapan Bulan Madu Romantis Bersama Pasangan

Lokasi Masuk Wisata Alam Posong Temanggung

Alamat temat wisata alam ini adalah di Jalan Legundi, Batursari, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah. Bagi yang berkunjung sebaiknya hati-hati ketika memasuki jalur masuk, karena jalan sempit dan Cuma cukup satu kendaraan.

Apabila berhadapan dengan kendaraan lain, pengunjung harus sabar. Kondisi jalan terus menanjak naik sekitar lebih 3km sampai tiba di Tempat Wisata Alam Posong.

Demikian artikel tentang Wisata Alam Posong Temanggung Tempat Berlibur dengan Panorama Pengunungan. Wisata Posong Lembah Sindoro berada tepat di kaki Gunung Sindoro terdapat berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan wisatawan. Di antaranya terdapat toilet umum, mushola, kamar mandi dan warung kopi.

Artikel menarik lainnya: 7 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Yang Instagramable Bisa Camping dan Perkebunan Teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *