Sat. May 18th, 2024
    Wisata Alam Pinus Sidomulyo Jember. Sumber IG @fikrilaila__Wisata Alam Pinus Sidomulyo Jember. Sumber IG @fikrilaila__

    Wisata Alam Pinus Sidomulyo  memiliki panorama deretan pohon Pinus di  Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Tempat ini sekarang menjadi kunjungan alternatif wisatawan ke Wisata Pinus Sidomulyo (WPS).

    Tempat wisata ini terletak di sisi jalan nasional, jalan penghubung Jawa-Bali atau Surabaya – Jember – Banyuwangi, sebelum memasuki Gunung Gumitir dari arah Jember. WPS berada di area pembibitan permanen Garahan (PPG).

    Pengelolanya mengenalkan tempat wisata ini di media sosial dengan sebutan Wisata Pinus Sidomulyo, PPG telah menjadi tempat wisata sejak Desember 2019. Pengunjung yang datang sekitar 400 orang, terutama ramai pada akhir pekan.

    Daya Tarik Pemandangan di Wisata Alam Pinus Sidomulyo Jember

    Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dengan menyewa sejumlah bersepeda gunung, ATV, dan kereta kelinci. Dengan demikian, pengunjung keliling di tempat yang memiliki luas sekitar 12,75 hektar. Ada banyak pemandangan yang dapat dilihat.

    Dari hutan pinus hingga menelusuri panorama sawah yang masih indah di sekitar tempat wisata. Untuk menyewa ATV membayar Rp 25.000 selama 30 menit dan sepeda gunung, bayar Rp 10.000 per jam.  Hutan Pinus Raya masih lestarian dan tepat untuk wisata bikepark dan cycling.

    Terdapat Kebun Kopi dan Sentra Peternakan Kambing Etawa

    Desa Sidomulyo adalah penghasil Kopi Robusta dan pusat peternakan Kambing Etawa untuk kesehatan. Sementara itu terdapat pula daya tarik Kesenian dan Kerajinan terdapat Jaranan Setyo Yakso, Tari Petik Kopi, Kerajinan Akar Alam, Camilan Khas Sidomulyo, Batik Kopi Sidomulyo dan Galery Produk

    Wisatawan Bisa Menikmati Pemandian Alami di Kawasan Wisata Alam Pinus Sidomulyo Jember

    Pemandian alami sungai ini berhasil menarik minat wisatawan. Karena wisatawan kemudian dapat tabing atau mandi di sungai. Kolam alami yang pasti untuk anak-anak juga telah disediakan. Tempatnya yang instagramable adalah daya tarik bagi wisatawan yang aktif di media sosial.

    Menikmati Malam dengan Camping Di Tempat Wisata Pinus Sidomulyo

    Lokasi perkemahan atau camping dengan gapura dilengkapi dengan jembatan bernama persahabatan. Area perkemahan ini dalam bentuk tanah yang sedikit hijau, ukurannya besar sehingga bisa sebagai tepat dengan banyak tenda.

    Di perkemahan, ada juga pinus, jaraknya jauh satu sama lain. Dengan demikian, lapangan untuk perkemahan luas. Selain itu, ada kursi dan meja untuk tempat duduk. Wisatawan dapat segera memasang tenda di perkemahan. Untuk tenda dan peralatan berkemah, pengunjung dapat mengangkutnya sendiri dari rumah.

    Harga Tiket Masuk Wisata Pinus Sidomulyo

    Tiket masuk Wisata Pinus Sidomulyo membayar sebesar Rp 5 ribu. Sementara itu, saat para pengunjung menikmati atau berenang di bantaran sungai dan bisa sewa ban Rp 3 ribu. Fasilitasnya seperti, camping ground, dan bantaran sungai yang dikembangkan nyaman untuk wisatawan.

    Wisata menarik lainnya: Situ Cihaniwung Bandung Wisata Danau dengan Keindahan Alam Pangalengan di Dekat Situ Cisanti

    Lokasi wisata Alam Pinus Sidomulyo

    Alamatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, kabupaten Jember. Wisata hits Jember yang terletak di lereng Gunung Gumitir. Akses ke lokasi bisa menggunakan motor dan mobil.

    Dari pusat kota Jember, jaraknya hanya sekitar 30 kilometer atau selama 47 menit. Dari alun alun Jember, pengunjung dapat mengambil arah melalui Jalan Letjen Panjaitan, Distrik Sumbersari. Selain itu, perlu mengikuti akses ke Kabupaten Banyuwangi.

    Selain itu, di tempat ini dihasirkan juga suguhan budaya tradisional juga ditampilkan di daerah wisata. Wisatawan juga dapat menikmati makanan ringan tradisional di bawah pinus. Wisata Pinus Sidomulyo ini terletak secara strategis di jalan utama menuju Jember-Banyuwangi.

    Perhutani Jember sengaja mengembangkan oleh area berukuran 12 hektar untuk wisata. Selain menikmati udara segar, pengunjung juga dapat belajar lebih banyak tentang tanaman hutan dan daya tarik lain yang menarik.

    Artikel menarik lainnya: Bukit Ongakan Kediri Gunung Kelud Menikmati Wisata Alam dari Gardu Pandang

    2 thought on “Wisata Alam Pinus Sidomulyo Jember Destinasi Alam dan Edukasi”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *