Wisata Indonesia

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman adalah tempat wisata yang merupakan aliran sungai Krasak di Dusun Bangun Rejo desa Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini di resmikan sebagai objek wisata oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo pada 21 November 2020.

Air terjun enam tingkat ini awalnya sebagai tempat tempat bermain dan mandi. Tetapi lama-kelamaan semakin banyak orang yang datang ke sana. Oleh karena itu, pemuda lokal berpikir untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata. Lalu, dibersihkan dan ditata untuk menjadi lebih rapih dan layak sebagai lokasi untuk orang berlibur ke sana.

Pada saat diresmikan, Bupati Sleman berharap objek wisata dapat dikelola dengan baik. Apalagi banyak pengunjung yang datang saat akhir pekan. Pengelolaan yang dilakukan secara professional dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang.

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta Dikenal Karena Banyak yang Berfoto Instagramable

Air Terjun ini didirikan pada tahun 1975. Pemerintah membangunnya yang merupakan proyek Merapi untuk membangun sabo (dam). Tujuannya akan dimanfaatkan untuk menahan aliran apabila terjadi dampak erupsi Merapi atau juga lahar dingin. Pada perkembangannya, tempat ini dikembangkan menjadi objek wisata mulai tahun 2017.

Pengunjung yang datang menilai tempat ini memiliki pemandangan yang indah dengan bisa memandang gagahnya Gunung Merapi dari grojogan ini. Adapun penamaan Grojogan Watu Purbo diberikan setelah Pokdarwis Bangunrejo menilai air ternjun ini memiliki potensi sebagai tempat wisata.

Sejak awal, telah menjadi grojogan (air terjun), lengkap terdiri batu-batu besar di sisi kanan kiri. Namun, tidak diketahui  percis asal muasal umur batu tua (batu purba) di sana. Bergitula awal mula diberikan nama Grojogan Watu Purbo. Airnya mengalir dari Sungai Krasak dan Sungai Bebeng.

Keindahan Alam Grojogan yang Dimanfaatkan Pengunjung untuk Foto Instagramable

Air terjun enam tingkat air terjun yang mengalir tidak terlalu deras bikin Grojogan Watu Purbo terlihat cantik dan indah. Pengunjung pun bisa merasakan langsung dinginnya air di aliran sungai. Pada tahun 2019, tempat ini sempat viral dan sangat ramai dikunjungi orang yang berfoto di sana.

Sejak saat ini, fotonya semakin banyak di medsos instagram. Pengelola pun menyediakan jembatan sebagai tempat foto terdekat dengan air terjun enam tingkat ini. Pengunjung juga bisa berfoto dari beberapa spot di sekitar air terjun di Yogyakarta ini. Salah satunya, di taman bunga instagramable di sebelah timur Grojogan Watu Purbo.

Tempat ini memang cocok didatangi, karena suasananya asri dan bikin damai. Di sana tersedia taman, toilet, dan gazebo. Banyak orang yang datang ke tempat ini juga untuk singgah sejenak setelah bermain sepeda dan bersantai serta adapula orang yang menyusun batu di sekitar sungai.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta

Tiket masuk tidak ditentukan dan hanya membayar seikhlasnya.

  • Biaya tiket masuk: Seikhlasnya
  • Parkir sepeda: Rp 2000
  • Sepeda Moto : Rp5.000
  • Mobil Roda 4 : Rp.10.000dan

Pengunjung bisa datang ke tempat ini setiap hari yang dibuka dari pukul 06.00-18.00 WIB. Semua kendaraan bisa masuk langsung ke dekat air terjun.

Tempat wisata menarik lainnya: Wisata Desa Kete Kesu dan Budaya Kuburan Tana Toraja Sulawesi Selatan

Lokasi Grojogan Watu Purbo Sleman

Alamat Grojogan Watu Purbo berada di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagi pengunjung yang datang dari pusat kota seperti Malioboro, nol kilometer, dan keraton.

Datang mengikuti rute mengarah Ringroad utara sampai 10 KM. Setelah itu, menuju Jalan Raya Magelang. Lalu gunakan google maps agar tidak nyasar. Dari Kota Yogyakarta berjarak 18 KM atau bisa menghabiskan waktu 35 menit hingga bisa sampai tujuan wisata Yogyakarta tersebut.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Jogja ini, antara lain: Tempat Parkir, Mushola, Warung, Spot Mancing, spot Foto, dan lainnya

Demikian informasi mengenai Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta. Wisatawan bisa datang setiap hari ke tempat ini. Suasananya akan lebih ramai pengunjung jika mendatangi tempat ini pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Tempat Wisata Menarik lainnya: Flora Wisata Santerra-Wisata Taman Bunga Malang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *