Wisata Indonesia

Tumpeng Menoreh Magelang Wisata Alam Pegunungan

Tumpeng Menoreh Magelang adalah restoran tempat makan kekinian yang dibuka sejak tahun 2021. Desain bangunan restoran memiliki bentuk heksagonal ini yang berada di kawasan perbukitan Menoreh dan kalau dilihat bentuknya seperti tumpeng.

Tempat makan ini kerap didatangi pengunjung karena menjual makanan khas tradisional jawa dan menikmati pemandangan alam.  Awalnya, tumpeng menoreh adalah wisata gunung kukusan dan diubah menjadi tempat yang lebih menarik dengan tujuan agar bisa membuat lebih banyak pengunjung.

Restoran ini sangat tepat dikunjungi bagi kamu yang ingin wisata kuliner sembari foto-foto cantik ala-ala instagramble. Dari puncaknya yaitu Gardu pandang membuat pengunjung bisa merasakan keindahan alam di sekeliling lokasinya.

Lokasi Tumpeng Menoreh Magelang

Tumpeng Menoreh Magelang dibuka pada bulan Mei 2021 atas inisiatif musisi Erix Soekamto bersama pemuda setempat. Nama Tumpeng Menoreh diambil bukit yang bentuknya seperti tumpeng dan Menoreh sebagai lokasinya. Kawasannya berada di kawasan Gelangprojo yang berbatasan tiga wilayah, antara lain Kabupaten Magelang, Kulon Progo dan Purworejo.

Secara wilayah, restoran ini berada di Desa  Ngargoretno, Kecamatan Salaman, jika ditilik dari wilayah Kabupaten Magelang. Untuk pergi ke tempat ini, bisa mengambil jalur Bunderan Salaman, Kabupaten Magelang. Dua jalur lainnya dari Nlinggo Kulon Progo dan melewati Jalur Suroloyo ke arah kebun teh.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Tumpeng Menoreh Magelang

Restoran Tumpeng Menoreh menjadi tempat yang cocok sekali untuk menikmati beragam makanan khas Jawa, seperti gudeg, rawon, nasi pecel, dan berbagai makanan lainnya. Menariknya, semua masakan diolah oleh ibu-ibu warga setempat. Jadi memberdayakan masyarakat dan menyokong kemampuan ekonomi lokal.

Selain makan, pengunjung juga bisa merasakan ragam kopi lokal, antara lain Kopi Liar, Kopi Merah (Desa Ngargoretno,Magelang), Kopi Mbajing (Desa Pagerharjo, Kulonpogo) dan Kopi Benowo (Desa Benowo,Purworejo).

Konsep resto ini adalah tempat makan sekaligus wisata di atas bukit yang membuat pengunjung menikmati makanan sembari melihat keindahan pemandangan alamnya. Lokasinya yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 Mdpl, membuat suasana segar dan tampak asri. Tempat yang juga bisa melihat sunset dan sunrise.

Selain itu, Bangunan Tumpeng Menoreh Magelang yang dibangun dengan desain menarik ini membuat wisatawan bisa menikmati view 360% keindahan alam.

Kegiatan yang bisa dilakukan di restoran Tumpeng Menoreh Magelang, antara lain:

  1. Tempat wisata kuliner yang khas jawa yang dimasak ibu-ibu sekitar restoran Tumpeng Menoreh.
  2. Menikmati pemandangan dari ketinggian dapat melihat deretan perbukitan hijau seperti gunung Merapi, Sindoro, Merbabu dan juga gunung Sumbing. Selain itu juga memandangi matahari terbit dan terbenam.
  3. Mengabadikan foto-foto selfie dari berbagai sudut Tumpeng Menoreh.

Artikel menarik lainnya: Air Terjun Sedudo Objek Wisata Terkenal dan Mitosnya di Nganjuk Jawa Timur

Harga Tiket dan Fasilitas Tumpeng Menoreh Magelang

Biaya harga tiket Tumpeng Menoreh Magelang adalah:

  • Harga Tiket: Rp 50 ribu include voucer makan sekitar Rp 25 ribu.
  • Parkir Motor : Rp2.000 dan Parkir Mobil : Rp5.000

Dari tiket masuk Rp 50 ribu, wisatawan diberikan voucher untuk ditukarkan dengan makanan atau minuman. Restoran ini buka 24 jam dan bisa datang kepan saja untuk menikmati keindahan pemandangan alam pegunungan.

Fasilitas yang ada di restoran ini adalah Mushola, Toilet, Parkir, Smoking area, dan lainnya.

Demikian informasi mengenai Tumpeng Menoreh Magelang Wisata Alam Pegunungan. Datang berwisata kuliner dengan pesona keindahan alam pegunungan. Pengunjung juga bisa nongkrong sembari menikmati makanan khas daerah Jawa yang dimasak oleh ibu-ibu sekitar restoran.

Karena lokasi restoran Tumpeng Menoreh ada di kawasan perbukitan dengan ketinggian 950 mdpl membuat udara dingin. Sehingga, sebaiknya membawa jaket yang tebal. Selama masa pandemi Covid-19, harus selalu mengikuti protokol kesehatan dan jangan pergi ketika sedang sakit.

Artikel menari lainnya: Wisata Glow Kebun Raya Bogor Destinasi Edukasi Cahaya Malam yang Menarik 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *