Sun. May 26th, 2024
    The Ugul Ugul Kepurun Klaten Agro WisataThe Ugul Ugul Kepurun Klaten Agro Wisata

    The Ugul-Ugul Kepurun Klaten di penghujung tahun 2017 hanya sebuah rumah makan dengan suasana pedesaan. Namun pada awal tahun 2018, pengelolanya mulai melebarkan sayap usaha bisnis pariwisata dengan konsep Agroe Wisata. Sehingga bukan hanya menawarkan makanan dan minuman saja,

    Ugul-Ugul dikelola oleh PT. Kepurun Pawana Indonesia, farm industries & agro tourism bersama masyarakat desa Kepurun. Nama Ugul-Ugul diartikan Unggul. Jadi Ugul Ugul Kepurun diartikan sebagai sesuatu yang diunggulkan di desa Kepurun. Visinya tentu saja untuk memperluas segala peluang tersembunyi desa Kepurun, seperti sisi ekonomi, sumber daya manusia dan sumber daya alam.

    Ugul-Ugul berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari guest house, mini farm, meeting room, campsite. Fasilitas lainnya restaurant, ATV, flower garden, water park, angkringan, catch and release (CnR) pool, gazebo, toilet, WiFi gratis, parkir, dan mushola.

    Daya Tarik Kegiatan The Ugul Ugul Kepurun Klaten

    Kepurun Pawana Indonesia (PT.KPI) mengelola destinasi destinasi agrowisata di lereng Gunung Merapi ini. Tempat yang dibangun dengan suasana pedesaan yang sejuk, alami, dan asri.

    Wisatawan bisa melakukan kegiatan memancing, rekreasi outbond, memberi makan ternak, mengamati ikan di kolam, terapi ikan, budidaya, mempraktikkan produksi makanan seperti bakso, pengolahan susu, pembuatan pupuk dan lainnya.

    Letaknya yang berada di ketinggian 500 mdpl, membuat udara di Ugul-Ugul Kepurun sangat sejuk. Selain itu, area seluas 3,5 hektar yang di atasnya masih banyak terdapat tanaman dan pepohonan rindang. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di tempat ini tidak hanya untuk belajar tetapi juga untuk berliburan dan menikmati fasilitas wisata.

    Tempat Wisata Edukasi Pertanian dan Peternakan

    Di Ugul-Ugul Kepurun bisa praktek banyak hal. Wisatawan bisa menemukan berbagai buah dan sayuran. Ada juga metode penanaman yang berbeda seperti hidroponik, aquaponik dan verticulture. Di greenhouse, sayuran dan buah. Pengunjung memilih dan mencicipinya langsung. Paket yang tersedia meliputi praktik penanaman Irlandia dan praktik penanaman polibag.

    Ugul-Ugul Kepurun juga memiliki peternakan sendiri. Selain bertani atau meramu, beberapa hewan juga diperdagangkan. Berbagai jenis ikan juga dapat diamati di kolam, tetapi ada juga ikan yang berkembang biak di kolam terbuka. Selain itu ada juga peternakan yang memelihara Sapi, domba, kerbau, kambing, rusa dan bebek.

    Terdapat Wahana Air dan Pemancingan The Ugul Ugul Kepurun Klaten

    Setelah melewati pintu masuk, wisatawan langsung melihat dua kolam besar. Sebelah kanan digunakan untuk wahana air bebek dayung. Setidaknya ada enam bebek kayu dengan warna dan bentuk berbeda. Bagi yang mau menaiki harus membayar Rp 20.000 dengan durasinya 60 menit.

    Kolam pemancingan ada di sebelah kiri yang luas dan terlihat bersih Tambak ini merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan air tawar, termasuk ikan nila. Saat mancing Ugul-Ugul biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 100.000. Pemaning bisa memperoleh voucher yang bisa ditukarkan dengan makan di Resto Ugul-Ugul.

    Wahana Outbond The Ugul Ugul Kepurun Klaten

    Ugul Ugul Kepurun memiliki area outbond yang luas. Sebagian besar medan outbound memang ditujukan untuk anak-anak. Ada jembatan tali, jaring, zona lumpur, ban dan lain-lain.

    Tidak hanya wisata bermain, ada berbagai macam edukasi bisnis maupun pertanian. Rombongan bisa melakukan field trip. Tentu cocok sebagai pengusir penat bagi karyawan atau pelajar.

    banyak workshop yang seru juga. Ada menanam dalam polybag, membuat bakso, membuat nugget, dan mengolah susu. Untuk workshop yang berhubungan dengan tanaman bisa booking jadwal setiap hari. Nah, khusus bakso dan nugget.

    Jalan Lupa Berfoto Selfie di Beberapa Spot yang Menarik

    Wisatawan bisa berfoto seperti dii bilik telepon berwarna merah, meja, bangku taman, lampu bambu, dan replika benteng pengintai. Letaknya berada di sebelah kandang burung beo dan love bird. Pengunjung juga bisa Foto di Taman bunga dan area kolam CnR (Catch and Release).

    Tempat Makan Restoran The Ugul Ugul Kepurun Klaten

    The Ugul Ugul Kepurun Klaten menyediakan restoran untuk mencicipi makanannya. Hidangan utamanya adalah ikan nila bakar dan sup ikan nila asam pedas.

    Selain itu, ada menu kambing gunung yaitu Gule Kambing, Steak, Sate, Kambing Balungan dan Tongseng. Ada juga iga bakar, iga pendek, dan sop buntut. Ikan gurami, cumi, udang, dan ayam tersedia dalam bentuk goreng, bakar, asam manis, panas asam, kemangi, cabai hijau, dan sup.

    Paket makanan keluarga juga disediakan dengan harga mulai 30k per orang. Sedangkan Minuman yang dijual seperti Wedang Uwuh, Wedang Sereh, Wedang Jahe, Teh, Jeruk, aneka Jus, Soft Drink dan Buble Drink.

    Tidak lupa terdapat bangunanan dengan desain cultural, hingga hiasan patung batu, kursi kayu. Di area outdoor terdapat gazebo yang dekat dengan tempat outbond. Sementara, di daerah terbuka terdapat kursi-kursi tertata mengikuti lajur ruang terbuka.

    Harga Tiket Masuk The Ugul Ugul Kepurun Klaten

    Tiket masuk Ugul-Ugul Kepurun cukup membayar parkir. Untuk motor sebesar 3000 rupiah dan untuk mobil sebesar Rp 5000. Adapun jam bukanya dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB bisa didatangi pada ari Senin sampai Minggu.

    Artikel menarik lainnya: Taman Situ Lembang Jakarta Merasakan Keindahan Danau Daerah Menteng

    Alamat The Ugul Ugul Kepurun Klaten

    Lokasi Ugul Ugul Kepurun berada di Jalan Pasar Butuh Baturan, Dusun 1, Kepurun, Manisrenggo, Klaten Jawa Tengah. Letaknya di dekat di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Klaten.

    Tidak hanya tempat menikmati makanan, adapula penginapan di Lereng Merapi  dengan desain interior menarik. Tempat ini cocock untuk berlibur dengan berbagai fasilitas.

    Artikel menarik lainnya: Candramaya Resort Klaten Harga Penginapan dan Tiket Masuk Kolam Renang

    One thought on “The Ugul Ugul Kepurun Klaten Agro Wisata Tempat Makan dan Pemancingan”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *