Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Tempat Wisata Nusa Penida Tempat Liburan Menarik di Bali

Tempat wisata Nusa Penida mempunyai  daya tarik yang unik dan banyak aktivitas liburan yang dapat dilakukan di sana. Pulau Nusa Penida disebut sebagai Nusa Gede karena terbesar dari Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Klungkung yang memiliki kekayaan alam, daratan landau, dan perbukitan yang dikelilingi oleh laut.

Ada banyak paket tour ke Pulau Nusa Penida dan layanan perjalanan yang membuatnya dikenal wisatawan domestik dan mancanegara. Destinasi wisata bukan hanya hanya menyuguhkan biota laut atau terumbu karang, tetapi juga pengalaman menyelam 7 spot diving,Seperti Malibu Point, Penida Bay, Toyapakeh, Manta Point, Batu Meling, Batu Abah, dan Batu Lumbung.

Pulau ini mempunyai wilayah yang sangat kering dan terdapat kandungan kapur yang tinggi. Sebagian besar masyarakat lokal, mata pencaharian masyarakat lokal adalah petani rumput laut, nelayan dan pedagang. Seiring dengan perkembangan wisata yang tinggi dari tahun 2014, banyak warga lokal berpindah pekerjaannya di bidang akomodasi, transportasi, hingga restoran.

Cara pergi ke Tempat Wisata Nusa Penida

Tahukah kamu, Nusa Penida termasuk dalam satu gugusan kepulauan kecil di selatan Bali yang dapat didatangi dengan fast boat dari Bali. Ada banyak fast boat yang ditawarkan dari jasa perjalanan pariwisata dan beragam jam keberangkatan.

Wisatawan bisa berangkat ke sana dari Pantai Sanur, Tanjung Benoa, Padang Bai Karangasem, dan Pelabuhan Tribuana Pantai Kusamba Klungkung. Perjalananan wisata ke Nusa Penida dapat berangkat pada pagi, siang, dan sore.

Setelah berada di Pulau Nusa Penida, wisatawan dapat menyewa motor dan mobil. Banyak warga lokal yang menyewa motor dengan tarif berkisar antara Rp 80-200 ribu sesuai jenis motor. Harga tergantung kemampuan tawar menawar dari wisatawan. Namun, catatannya harus jago mengendarai motor di sana karena jalanan Nusa Penida yang berbukit-bukit, Sebagian berbatu dan tidak mudah dilewati.

Sedangkan, bagi wisatawan menyewa mobil di Nusa Penida sangat cocok bagi kalian yang pergi liburan beramai-ramai. Pemesanan dapat dilakukan secara online dan pastikan berikan informasi kedatangan agar mudah janjian dengan driver.

Sebelum berencana pergi ke tempat wisata, ada baiknya destinasi yang ingin dikunjungi. Berikut ini pilihan yang tujuan pariwisata Nusa Panida Bali

  1. Broken Beach Tempat Wisata Nusa Penida Bali dengan Tebing yang Tinggi

Tempat Wisata Broken Beach atau Pantai Pasih Uwug mempunyai ikon tebing dengan tinggi sekitar 50-200 m. Di tengah tebing tersebut terdapat lubang, apabila melihat ke bawah dari atas akan tampak layaknya gua yang dihujami air laut. Lokasinya berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Wisatawan bisa mencoba berenang di dalamnya air laut dan meloncat dari atas tebing bagi yang mau memacu adrenalin. Selain itu, bisa pula bersantai memandangi biru laut yang inda bersama semilir angin yang sejuk. Ke tempat ini bisa menaiki Kapal Feri dari Padang Bay atau menggunakan speed boat dari Pantai Sanur dengan waktu 30-45 menit.

  1. Berenang di Angel’s Billabong

Tidak Jauh sekitar 500 m dari Broken Beach Nusa Penida, terdapat Angel’s Billabong dan akan melihat bibir tebing dengan kolam alami berhadapan langsung ke laut. Destinasi wisata Bali ini sangat ccok bagi wisatawan yang gemar berenang dengan tampilan air laut yang jernih dan menyegarkan.

Lokasinya berada di Desa Sakti, Nusa Penida, Kabupaten kelungkung yang dapat didatangi dengan kapal cepat dari dermaga di Sanur.  Hanya memakan waktu sekitar 30-45 menit.

  1. Pantai Suwehan Menikmti Pasir Putih dan Ombak yang Tenang

Tempat wisata Pantai Suwehan berada di ujung tenggara Nusa Penida dan masih jarang didatangi wisatawan. Jika ingin datang ke tempat ini harus menaiki kapal cepat dari dermaga Pantai Sanur atau Pesinggahan dekat Gua Lawah. Jaraknya yang jauh dan akses jalan kurang bagus menjadi tantangan tersendiri untuk sampai ke pantai ini.

Rasa lelah akan terbayar setelah sampai ke Pantai Suwehan Bali dengan keindahan pasir putih halus, ombak nan tenang, serta batu besar seperti Gunungan dalam lakon pewayangan. Lokasinya berada di Banjar Watas, Desa Tanglad, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

  1. Mata Air Tembeling

Lokasi Mata Air Tembeling Nusa Penida Bali berada di hutan yang jarang dikunjungi wisatawan. Wisatawan harus berjalan sekitar satu jam hingga ke tempat tujuan.Walaupun tempatya jauh, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Mata Air Tembeling terdapat tempat berendam di tengah kolam dengan air yang jernih. Destinasi wisata ini menjadi tempat pengambilan mata air suci untuk ritual keagamaan yang berada di Desa Batu Madeg, Banjar Salak.

  1. Bertemu dengan Ikan Mola-Mola di Crystal Bay Nusa Penida

Wisatawan yang tour ke Nusa Penida (Half Day) biasanya diajak ke Pantai Crystal Bay terakhir dalam perjalanan. Lokasinya berada di Desa Sakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Tempat wisata alam di Bali ini menjadi salah satu laut dengan terumbu karang tercantik dan cocok bagi wisatawan yang gemar menyelam.

Jika sedang bernasib baik, wisatawan akan bertemu satwa mola-mola atau sunfish yang konon hanya hidup di Crystal Bay dan Alor. Datang ke tempat ini dari Pelabuhan Nusa Penida, wisatawan dapat melalui rute Toya Pakeh  dan tidak sulit untuk dijangkau dengan kendaraan darat.

  1. Menikmati Pemandangan Perbukitan di Abangan Hills

Abang Hills Nusa Penida Bali adalah tempat yang tepat untuk menikmati kawasan perbukitan hijau di antara tebing-tebing. Tempat wisata ini merupakan tempat tertinggi di Nusa Penida dan terdapat banyak pohon dan rerumputan hijau.

Selain itu wisatawan bisa menikmati senja di Abangan Hills. Untuk datang ke tempat ini, pengunjung cukup berjalan kaki selama lima menit dari tempat parkir kendaraan. Di sana terdapat bangku-bangku kecil untuk beristirahat. Lokasinya berada di Desa Tanglad, Nusa Penida.

  1. Menikmati Matahari Pagi di Tempat Wisata Pantai Atuh Nusa Penida

Pantai Atuh masih jarang didatangi wisatawan karena lokasinya berada jauh dari pelabuhan. Meski begitu, di tepat menikmati matahari terbit di Nusa Penida. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, ada dua plihan jalur, yaitu jalur Pelilit dan jalur Karang.

Wisatawan dapat mendatangi empat pulau karang besar, yaitu Pulau Batu Melawang, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah, dan Pulau Bukit Jineng. Di tempat wisata Nusa Penida ini terdapat batu bolong sebagai daya tarik Pantai Atuh. Selain itu, terdapat tebing berbentuk Kura-Kura raksasa yang sangat menarik.

Pulau Nusa Penida yang terpisah dari Bali daratan semakin berkembang menjadi tujuan wisata. Tempat wisata dengan luas 20.284 Ha ini terus bergeliat di tengah gemerlap pariwisata Bali selatan.

Artikel menarik lainnya: Wisata Jepara yang Dibuka Saat ini, Daya Tarik Wisaya ini Tidak Bisa Dilewatkan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *