Wisata Indonesia

Tempat Wisata di Boyolali Punya Replika Kota Suci Mekkah

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mempuyai destinasi wisata religi berupa replika Kota Suci Mekkah yaitu Wisata Edukasi Religi Boyolali (WERB). WERB menawarkan destinasi unik bagi wisatawan seperti dekat dengan nuansa Tanah Suci Mekah, Arab Saudi. Sehingga, tidak harus melakukan perjalanan jauh.

Dengan luas lahan mencapai 1,5 hektar, lokasi WERB berlokasi strategis dekat dengan pusat kota Boyolali. Temapt wisata replika Ka’bah ini mirip selayaknya sebuah bangunan suci yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.

Artikel menarik lainnya: Bioskop Belitung Jadwal Nonton Film Dibuka Setiap Hari Setelah 22 Tahun

Wisata Replika Ka’bah Kota Suci Mekkah di WERB Boyolali

Replika Ka’bah Kota Suci Mekkah  ini dibangun dengan proporsi 1:1. Jadi memiliki ukurannya sama dengan Ka’bah aslinya. Bahan konstruksi menggunakan batu bata merah dan marmer, menciptakan suasana yang mirip dengan aslinya.

Selain replika Ka’bah, wisatan bisa melihat replika Hijir Ismail dan Makam Ibrahim. Dibangun dengan skala 1:1. Seluruh kompleks WERB telah dilengkapi fasilitas pendukung, seperti pusat informasi, mushola, dan area parkir yang luas.

Pengalaman di WERB bukan cuma tentang visual, tetapi membuat merasakan nuansa mendekati keadaan sebenarnya di Tanah Suci Mekah. Sehingga, Wisata Edukasi Religi Boyolali bukan hanya sekadar destinasi wisata biasa, tetapi Ada beberapa alasan yang membuat tempat ini layak untuk menjadi pengalaman yang berharga.

  1. Merasakan Nuansa Beribadah di Tanah Suci Makkah

Replika Ka’bah dan bangunan suci lainnya dibuat memakai bahan yang sama dengan aslinya, yakni batu bata merah dan marmer. Sehingga, membuat pengunjung merasakan nuansa beribadah di Tanah Suci Makkah secara langsung.

  1. Belajar Tentang Sejarah dan Makna Ka’bah Replika Kota Suci Mekah

WERB menyajikan berbagai informasi mengenai sejarah dan makna keberadaan Ka’bah, serta bangunan suci lainnya di Tanah Suci Mekkah. Hal itu tampak disampaikan melalui teks, gambar, dan video. Sehingga, pengunjung bisa mendalami pemahaman tentang keagamaan secara lebih mendalam.

  1. Ikut Berbagai Kegiatan Keagamaan di Tempat Wisata

WERB melakukan secara rutin berbagai kegiatan keagamaan, seperti kajian Islam, ceramah agama, dan pesantren kilat. Banyak cara yang bisa membuat pengunjung bisa memperdalam pemahaman tentang agama Islam.

  1. Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga dan Teman

WERB adalah destinasi yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan teman. Fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi semua kelompok usia.

Harga Tiket Replika Kota Suci Mekah Boyolali

WERB resmi dibuka sejak tanggal 1 Januari 2024. Adapun tiket masuk seharga Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Dibukanya tempat wisata ini menjadi destinasi wisata religi yang menarik, khususnya bagi umat Muslim di Indonesia, apalag di wilayah Jawa Tengah. Selain itu, WERB bisa sebagai sarana edukasi bagi masyarakat mengenai agama Islam.

Alamat Boyolali Punya Replika Kota Suci Mekah

Lokasinya berada di Singkil, Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Hal itu menjadi opsi menarik bagi warga setempat dan wisatawan. Sheinga memberi pengalaman keagamaan tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke Tanah Suci Makkah.

Dengan adanya WERB, masyarakat Boyolali dan sekitarnya bisa mencoba wisata religius secara lebih mudah. Mengikuti berbagai kegiatan keagamaan yang diadakan di WERB. Sebelum ke tanah suci, umat muslim di Boyolali dan sekitarnya kini tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan nuansa religius.

Artikel menarik lainnya: Wisata Pantai Teluk Karang Bangka Pesona Alam yang Memikat

One thought on “Tempat Wisata di Boyolali Punya Replika Kota Suci Mekkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *