Mon. May 27th, 2024
    Tebet Eco Park Sudah Buka Tempat Wisata Taman Kota Terbuka Hijau Jakarta SelatanTebet Eco Park Sudah Buka Tempat Wisata Taman Kota Terbuka Hijau Jakarta Selatan

    Tebet Eco Park (TEP) adalah taman kota yang dibuat untuk memfasilitasi kegiatan masyarakat dan lingkungan yang awalnya disebut Taman Honda. Lokasinya berada di Jakarta Selatan dengan luas 7,3 hektar.

    Tebet Eco Park dapat dikunjungi oleh penduduk mulai hari ini, Minggu (04/24/2022) dari pukul 6:00 pagi hingga 7:00 malam. WIB. Informasi tentang taman kota ini dapat diperiksa di Tebet Eco Park Instagram.

    Dua area taman yang awalnya dipisahkan dan berseberangan, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Saat ini sudah menjadi taman terpadu yang membawa konsep harmonisasi antara fungsi ekologis, sosial, pendidikan dan rekreasi.

    Setiap zona TEP dibuat untuk berguna dalam keberlanjutan lingkungan dan interaksi sosial, baik secara kualitas alami lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup pengunjung dan masyarakat sekitarnya.

    Sungai yang diperbaiki, rawa -rawa (lahan basah) yang menjadi kolam retensi, konservasi tanaman dan penanaman kembali untuk mengurangi polusi, dengan berbagai ruang hijau terbuka yang beroperasi untuk memfasilitasi masyarakat untuk berinteraksi. Tebet Eco Park adalah ekosistem di mana alam dan manusia berinteraksi satu sama lain dan melindungi diri mereka secara harmonis.

    Taman Tebet Eco Park Pendekatan Suasana Alam di Perkotaan Jakarta

    Tebet Eco Park memiliki prinsip untuk meminimalkan pembongkaran area taman yang sebelumnya teduh dan hijau dengan berbagai pohon dan vegetasi. Dalam pertimbangan desain, ekosistem hutan perkotaan tetap dipertahankan sehingga tidak terganggu, bahkan memaksimalkan potensinya sebagai pusat perhatian atau daya tarik utama taman.

    Ini dilakukan dengan menggunakan garis organik yang meliuk, di antara pohon -pohon sehingga beberapa pohon harus dipotong atau dipindahkan.

    Ruang Publik yang Ramah dengan Ekologi di Jakarta

    Tahap strategis pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk merevitalisasi Taman Tebet yang mendukung ekologi dan pembangunan berkelanjutan sebagai ruang publik yang mengundang semua orang untuk berkunjung.

    Revitalisasi ini melakukan untuk meningkatkan fungsi rekreasi dan pendidikan dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak dalam hal pembiayaan dan konstruksi. Sinergi positif dalam penciptaan taman representatif untuk kota Megapolitan, Jakarta.

    Tebet Eco Park Dibangun dengann Kolaborasi Multi-Lembaga Pemerintah

    Proses konstruksi Tebet Eco Park telah dikawal dengan arahan lengkap dan rekomendasi teknis untuk memastikan tidak mengganggu proses ekologis yang terjadi di taman.

    Desain ekologis yang diterapkan dalam perencanaan juga harus diterapkan dalam proses pelaksanaan fisik. Pada tahap kerja awal, khususnya tanah klasifikasi, pembongkaran plester PHB, serta pemangkasan dan pemilihan pohon yang tunduk pada musim gugur.

    Ada para ahli yang dapat memberikan penilaian dan rekomendasi khusus tentang masalah di lapangan sehingga mereka sesuai dengan aturan proses konstruksi untuk mengurangi kerusakan.

    Fasilitas Bagi Pengunjung dengan 8 Zona Tebet Eco Park

    Pengunjung dapat merasakan berbagai fasilitas, ada 8 Fasilitas zona, sebagai berikut:

    Infinity Link Bridge Tebet Eco Park

    Infinity Link Bridge dirancang untuk menghubungkan Taman Utara dan Selatan yang sebelumnya dipisahkan oleh Jalan Tebet Timur. Jembatan yang memiliki ketinggian enam meter dibangun di antara pohon-pohon dan membuatnya seolah dipeluk oleh kanopi hijau yang subur.

    Susunan vegetasi di sekitar jembatan Infinity Link dirancang dengan berbagai nada warna yang terinspirasi oleh pohon Leda (Eucalyptus deglapta blume).

    Community Garden Tebet Jakarta

    Community Garden adalah area yang dirancang untuk komunitas sekitarnya serta forum untuk komunitas lokal untuk kegiatan bercocok tanam, serta untuk kegiatan pendidikan untuk berkebun bagi anak -anak sekolah dan masyarakat. Berbagai kegiatan tentu akan selalu memenuhi kondisi situs yang ada yang sebelumnya merupakan taman bibit. Penggunaan ulang ini menjadi area komunitas berkebun harus meningkatkan nilai dan penggunaan lahan untuk komunitas sekitarnya.

    Children Playground Tebet Ecopark Jakarta

    Pemasangan area Zona Children Playground menggunakan perbedaan kontur dan dinding yang ada pada tapak. Perbedaan kontur ini digunakan sebagai taman bermain dalam bentuk slide terintegrasi di situs. Sementara ruang yang terbentuk di level atas dan bawah.

    Secara alami akan menjadi elemen pemisahan di area permainan anak. Area bermain anak -anak terdiri dari beberapa zona permainan yang dirancang menggunakan kondisi tapak.

    Community Lawn Taman Tebet

    Community Lawn menggunakan area terbuka yang ada yang dikelilingi oleh bunga kupu -kupu (Bauhinia purpurea) menciptakan ruang luar yang terpisah dari ruang jalan.

    Konsep Community Lawn mengadaptasi kegiatan publik yang lebih intim dan kelompok. Ini disahkan oleh desain gundukan berumput yang memecah area besar menjadi beberapa ruang yang lebih kecil dan pribadi, tetapi berada satu unit lanskap.

    Area Forest Buffer

    Forest Buffer adalah area yang lebih tenang yang membuat pengunjung dapat berjalan di bawah naungan pohon dan menikmati lingkungan alami. Area ini dirancang di dekat kebun komunitas sebagai pendukung kegiatan sosial yang lebih santai dan mendidik. Sementara itu, lokasinya berada di sebelah jalan raya yang ramai telah membantu mengurangi kebisingan kendaraan di taman.

    Plaza Tebet Eco Park Jakarta

    Area ini fasilitas publik yang juga bertindak sebagai tolok ukur di zona utara Tebet Park. Terletak di wilayah utara, perencanaan / pemasangan TEP Plaza ini dari hasil meneliti dan analisis tapak yang terkait dengan kondisi komunitas sosial menyelaraskan dengan penjual tanaman yang ada di sepanjang trotoar Taman Tebet Utara. TEP Plaza memfasilitasi penjual tanaman, tetapi di lokasi yang paling dekat dengan lokasi awal penjualan.

    Thematic Garden Tebet

    Area yang terletak di bawah Infinity Link Bridge, menyambut pengunjung yang mau naik/ turun dari Infinity Link Bridge. Direncanakan akan berlokasi di sebelah sungai, area taman dimaksudkan untuk fasilitas artistik oleh seniman lokal dan digunakan sebagai ruang foto. Pola lantai lingkaran digunakan sebagai area untuk pajangan tanaman dan sebagai area instalasi seni.

    Wetland Boardwalk

    Wetland atau rawa adalah genangan air (lahan basah) yang merupakan aset ekologis penting untuk Tebet Eco Park (TEP). Area ini adalah sistem alami yang dirancang untuk mengendalikan banjir dan meningkatkan kualitas air menggunakan tanaman yang dapat mendukung pemurnian air. Jadi air yang keluar dari Taman Tebet Utara adalah air bersih.

    Lokasi Tebet Eco Park Jakarta Selatan

    Tebet Eco Park berada di Jalan Tebet Barat Raya, RT 1 / RW 10, Jakarta Selatan. Akses ke Tebet Eco Park bisa menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Ada berbagai transportasi umum yang dapat Anda gunakan, seperti MRT, Transjakarta Bus dan KRL ke Tebet Eco Park.

    Sedangkan, tiket masuk Tebet Eco Park adalah gratis bahwa setiap pengunjung yang datang ke taman kota ini tidak akan ditagih pembayaran. Taman terbuka ini telah menjaditujuan wisata dan rekreasi warga jakarta.

    Antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Taman Kota di Jakarta Selatan (Jakarta Selatan), liburan Idul Fitri masih tinggi. Tempat parkir Tebet Eco Park sering penuh dan membuat menyimpan kendaraan di bahu jalan.

    Artikel menarik lainnya: Pantai Pasir Putih PIK 2 Sudah Buka Tempat Nongkrong Terdekat Tepi Laut

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *