Wisata Indonesia

Tawangmangu Wonder Park Wisata Camping dan Spot Foto Instagramable di Karanganyar

Tawangmangu Wonder Park adalah konsep wisata alam ramah keluarga dengan taman rekreasi bertema wonderland. Wisatawan bisa menghabiskan malam dengan merasakan sejuknya udara pegunungan. Dengan vila, resor, glamping, dan berkemah.

Objek wisata yang baru dibuka pada 20 Desember 2020 ini menawarkan banyak kegiatan wisata dan kondisi jalan menuju Tawangmang Wonder Park relatif aman dan menyenangkan. Jalannya cukup lebar untuk dilalui  bus  besar. Tempat parkirnya  cukup luas, dan bus, mobil, dan sepeda motor bisa diparkir dengan aman.

Padahal, kawasan ini dulunya memiliki tempat perkemahan bernama Camping Tawanmangu Resort. Kawasan ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Setelah Agustus 2020, pengelola mengubah konsep destinasi wisata menjadi Tawangmangu Wonder Park.

Pemandangan di Tawangmangu Wonder Park  

Dengan konsep wisata alam, pengunjung tetap bisa menikmati sejuknya alam Tawangmangu yang masih sangat asri. Pemandangan pepohonan hijau dan lapangan rumput yang cukup luas.

Kalau hari yang cerah, Gunung Lawu dapat dilihat di sebelah timur dari lokasi wisata seluas  7 hektar ini. Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Solo yang berkilauan di sisi barat Tawangmangu Wonder Park.

Spot foto Instagramable  di Wonder Bridge

Salah satu keistimewaan Tawangmangu Wonder Park adalah banyaknya spot foto yang bisa diposting di Instagram. Hampir setiap spot jadi spot foto yang instagrammable. Spot yang paling digemari anak muda di kota ini adalah tempat yang bernama Wonder Bridge.

Wonder Bridge adalah jembatan kayu cukup panjang, dan di ujungnya ada gardu pandang yang menjadi salah satu spot foto. Pada malam hari, jembatan berkelap-kelip dengan  lampu LED di sepanjang jalan.

Lalu dari jembatan kayu dapat melihat pemandangan Gunung Laqu sama kota Solo pada malam hari. Selain berfoto di Wonder Bridge disenangi pengunjung sebagai spot berfoto.

Ada spot foto lainnya adalah Taman Labirin, Catur Raksasa, Taman Bubble, dan instalasi-instalasi lainnya Bukan hanya bisa berfoto dan menikmati alam, wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata lain. Seperti camping, outbound, berkuda, berenang, dan lain-lain.

Tiket Masuk Tawangmangu Wonder Park Karanganyar

Harga tiket masuk adalah Rp 20.000 per orang. Kegiatan tempat wisata ini dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Jika pengunjung ingin berkemah di tenda sendiri, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000. Jangan khawatir kalau wisatawan tidak memiliki peralatan berkemah. Pertimbangkan bahwa pengelola juga menawarkan berbagai persewaan peralatan.

Tarif kamar gazebo adalah Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 pada akhir pekan. Harga ini belum termasuk tiket masuk. Pengelola juga menawarkan berbagai jenis akomodasi seperti cottage, glamping dan villa. Cottage untuk 2-4 orang berkisar antara Rp 350.000-600.000.

Glamping berkapasitas dua orang dikenakan biaya Rp 350.000 di  hari biasa dan Rp 400.000 di akhir pekan. Pengunjung juga dapat menyewa vila dengan  kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan fasilitas survei pribadi. Biaya menginap di vila berkisar antara Rp1,25 juta hingga Rp2,5 juta.

Artikel menarik lainnya: Pulau Lengkuas Belitung Tujuan Wisata Snorkeling dan Terdapat Mercusuar Megah

Alamat Tawangmangu Wonder Park

Alamat Tawangmangu Wonder Park berada di Ombang-ombang, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Letaknya yang tidak jauh dari Gunung Lawu. Sehingga wisatawan yang datang ke sana dimanjakan dengan pemandangan  Gunung Lawu di sisi timur. Pada malam hari, saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota Solo dari dari jauh.

Dari pusat Kabupaten Karanganyar, lebih tepatnya Kantor Bupati Karanganyar dan Alun-Alun Karanganyar, Tawangmangu Wonder Park berjarak sekitar 28 kilometer atau sekitar 50 menit dengan mobil.

Wisatawan dapat menikmatinya tanpa memandang usia dan beragam, misalnya, perkemahan, rute outbond, restoran, dan fasilitas penginapan. Selain paket wisata lengkap memberikan nuansa berbeda kepada pengunjung saat berkemah atau berkunjung ke alam terbuka.

Artikel menarik lainnya: Coban Bidadari Malang Lereng Gunung Wisata Alam Kaki Gunung Bromo dan Semeru

2 thoughts on “Tawangmangu Wonder Park Wisata Camping dan Spot Foto Instagramable di Karanganyar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *