Wed. Apr 24th, 2024
    Tips Melewati Tanjakan Spongebob Lembang yang ViralTips Melewati Tanjakan Spongebob Lembang yang Viral

    Tanjakan Spongebob di Lembang, Bandung Barat belakangan semakin terkenal dengan julukannya yang unik. Tetapi cukup menantang bagi pengemudi yang mau melewatinya.

    Kawasan ini telah mendapatkan julukan “Tanjakan Spongebob” karena kemiringannya yang sangat curam. Banyak orang pada salah satu episode kartun populer, Spongebob Squarepants memiliki tanjakan bersudut 90 derajat yang ekstrem.

    Tanjakan ini menjadi sangat terkenal dan terutama dalam beberapa tahun terakhir, viral di media sosial. Salah satunya terkenal karena beberapa insiden yang menimpa pengendara yang tidak mampu mengatasi tantangan ini.

    Artikel menarik lainnya: Harga Sewa Kamar dan Fasilitas Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi

    Trik Melewati Tanjakan Curam Spongebob Lembang

    Tanjakan Spongebob di Lembang sangat curam, pengemudi masih dapat melewati tanjakan ini dengan beberapa trik dan teknik yang benar. Berikut adalah beberapa trik yang bisa dilakukan pengemudi melewati tanjakan curam Spongebob di Lembang:

    • Ancang-Ancang Jauh: Lakukan ketika menghadapi tanjakan Spongebob adalah mengambil ancang-ancang agak jauh sebelum mencapai tanjakan. Hal itu membantu memberikan momentum tambahan saat Anda mulai mendaki.
    • Aktifkan Rem Tangan: Kalau tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan yang belum cukup untuk melewati seluruh tanjakan. Anda merasa perlu berhenti, aktifkan rem tangan atau rem parkir. Hal ini akan mencegah kendaraan dari mundur.
    • Posisi Kaki dan Tangan: Ketika Anda ingin maju, posisikan kaki kiri Anda di pedal kopling dengan menginjaknya penuh, lalu geser tuas transmisi ke gigi satu. Selanjutnya, siapkan kaki kanan Anda pada pedal gas, sementara tangan kiri bersiap melepas rem tangan.
    • Lepaskan Rem Tangan dengan Hati-hati: Setelah kaki dan tangan Anda berada di posisi yang benar, tekan tombol di rem tangan untuk melepaskan kunci pengait tuas. Pastikan Anda menahan tuas rem tangan sehingga tidak terlepas tiba-tiba, karena menyebabkan kendaraan mundur.
    • Sinkronisasi Kaki dan Tangan: Anda perlu melakukan tiga hal bersamaan yaitu perlahan menurunkan tuas rem tangan, menginjak pedal gas dengan kaki kanan, dan perlahan mengangkat pedal kopling dengan kaki kiri. Hal ini perlu latihan untuk menemukan sinkronisasi yang tepat, sehingga kendaraan bergerak maju dengan lancar.

    Cara Melewati Tanjakan Spongebob dengan Mobil Matic

    Bagi pengendara mobil matic, melewati Tanjakan Spongebob bisa dikatakan lebih mudah karena tidak perlu mengatur pedal kopling. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipahami mengenai pengaturan transmisi pada mobil matic.

    Umumnya, tuas transmisi matic memiliki beberapa kode seperti P (Park), R (Reverse), N (Neutral), D (Drive), 2 (Second), dan L (Low). Setiap posisi ini memiliki fungsi berbeda ketika transmisi diatur ke posisi tersebut.

    Ketika menghadapi Tanjakan Spongebob yang curam, Sebaiknya posisikan tuas transmisi pada posisi “L” (Low). Ini berarti transmisi hanya akan tertahan pada gigi pertama. Hal itu berguna ketika Anda menghadapi tanjakan terjal atau saat Anda berhenti dan kemudian harus mulai bergerak lagi.

    Selain trik dan teknik di atas, penting untuk selalu berhati-hati, mengikuti rambu-rambu lalu lintas, dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Keselamatan adalah prioritas utama ketika melewati Tanjakan Spongebob yang curam di Lembang, Bandung Barat.

    Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Kalakijo Menikmati Kelezatan Kuliner di Kabupaten Bantul

    One thought on “Tips Melewati Tanjakan Spongebob Lembang yang Viral Bikin Mobil Mundur Terperosok”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *