Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Taman Wisata Wendit Malang Wahana Air Ratusan Tahun dari Masa Majapahit

Taman wisata Wendit Malang adalah tempat liburan yang terkenal bagi penduduk Malang yang telah ratusan tahun berdiri. Dulunya sering didatangi selir dan raja Majapahit untuk bersantai serta prosesi ritual.

Nama Wendit berasal dari “Wendito” berarti pendeta. Menurut sejarah, beliau bermeditasi ke Mangliawan ketika kekeringan menghantam, maka sumber air ini muncul. Selama periode kolonial, Wendit digunakan sebagai pemandian yang dilengkapi dengan lapangan tenis seperti hutan kecil. Sekarang Wendit Tourism Park dikelola oleh BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sumber air ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit, memperoleh pendamping hidup, keberuntungan dan membuat tetap muda. Banyak wisatawan datang mengunjungi tempat wisata ini.

Pada tahun 2006 hingga 2008, Taman Wisata Wendit mulai direnovasi dengan penambahan sejumlah fasilitas agar lebih menarik bagi masyarakat dan dapat menjangkau wisatawan nasional.

Kemudian, pada 2008, Wendit Tourism Park dibuka kembali ke publik dan diberi nama Wendit Waterpark. Setelah menjalani renovasi besar -besaran, tempat wisata ini tampaknya semakin menarik dan pas untuk dikunjungi.

Daya Tarik Taman Wisata Wendit Malang Dari Kolam Hingga Taman Bermain

Wendit dipercaya dibangun selama Kerajaan Mataram pada abad X. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk mengunjungi danau untuk berlibur serta ritual karena terdapat bangunan suci. Taman rekreasi ini memiliki jenis kolam alami atau buatan.

Kolam Alami

Tempat Kolam alami digunakan untuk waktu sejak lama dan akan menjadi tempat istirahat bagi Raja Hayam Wuruk. Kolam tidak terlalu dalam, airnya jernih dan segar. Di kolam renang sumber air ini, wisatawan juga dapat berenang dengan ikan kecil.

Pengunjung tetap harus tetap waspada dengan melihat anak-anak Anda saat berenang. Karena, salah satu kolam taman air Wendit memiliki kedalaman hingga 2 meter dengan suhu air mulai dari 18 hingga 25 derajat Celcius.

Ada pula kolam renang spa memiliki dasar lantai batu alam. Airnya dingin dan segar dengan sejumput hiasan mawar. Dikatakan bahwa menurut sejarah, dengan mandi di kolam renang memiliki khasiat yang ampuh untuk membuat wajah tetap muda.

Kolam Buatan

Kolam buatan dibentuk dari sungai. Wendit Water Park (WWP) memiliki kolam renang alami yang besar dan buatan dan dapat digunakan untuk merencam atau berenang oleh anak -anak dan orang dewasa.

Di sini, pengunjung dapat mengitari sekitar danau. Wisatawan dapat menyewa perahu motor dengan kapasitas 16 orang. Sementara untuk 2 orang, ada perahu yang bisa mengayuh sendiri. Kolam renang ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya adalah waterpark. Tempat yang menjadi favorit bagi anak-anak untuk berseluncur.

Arena bermain anak

Taman bermain anak-anak menyediakan ayunan, bom bom car, komedi putar, dll. Ada juga wahana outbond seperti Flying Fox dan berkeliling dengan kurda. Selain itu, dapat menyewa perahu dayung atau naik perahu boot.

Bagi mereka yang datang dengan keluarga bisa mencoba sepeda air, kapal, flying fox, kolam memancing, dan waterboom.

Kera Maskot Taman Wisata Wendit

Hal lain yang menarik adalah monyet yang merupakan maskot wisata Wendit. Monyet ini disebut utusan kerajaan di Tengger untuk melindungi sumber air Wendit. Karena monyet Wendit Waterpark dibiarkan bebas untuk berkeliaran seperti itu, pengunjung dapat melihat monyet lucu berlari di sekitar pengunjung. Menariknya, sebagian besar monyet waterpark wendit relatif jinak dan tidak segera mengambil barang pengunjung.

Kera di wisata Wendit adalah tipe ekor panjang (Macaca fascicularis). Monyet -monyet itu jinak dan bebas untuk pindah ke hutan kecil Wendit. Pohon Jati dan Sonokeling di wilayah ini adalah ekosistem hutan kecil dari monyet ekor panjang.

Ritual Sendang Widodaren

Tak Jauh dari kolam renang, ada sebuah bangunan dengan relief Hindu. Di dalam, ada sumber air yang disebut Sendang Widodaren. Di sebelahnya, terdapat punden dan terdapat arca.

Wendit Waterpark ini, terutama di Sendang Widodaren yang digunakan untuk 4 ritual berbeda dalam satu tahun. Yang pertama adalah Grebeg Tirto Aji yang diadakan setiap hari Kamis Pahing dari bulan Rajab. Suku Tengger 4, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang, melakukan ritual ini. Penduduk Tengger mengambil mata air untuk dibawa pulang dengan niat supaya ladang mereka subur dan berlimpah hasil panen.

Lokasi dan Fasilitas Taman Wendit Malang

Taman wisata Keluarga ini terletak di Jalan Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur. Tempat ini cukup strategis, yaitu di tepi jalan raya ke arah Malang-Tumpang, Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Lokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Jika datang dari Kota Malang, pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan jarak sekitar 8 km untuk mencapai Taman Wisata Wendit.

Fasilitas publik yang tersedia memadai. Ada beberapa kamar mandi dan ruang ganti. Begtu pula terdapat masjid dan stand makanan, Tempat parkir nyaman dan teduh di bawah naungan pohon.

Ada paviliun, gazebo, dan kursi yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat dan memanfaatkan pemandangan. Pengunjung dapat beli kerajinan buatan penduduk setempat dan dijual di wilayah tersebut.

Artikel menarik lainnya: Tegal Simbah Girimarto Tempat Wisata Baru Wonogiri Instagramable

Harga Tiket Taman Wisata Wendit Malang

Pengunjung yang ingin berlibur ke taman wisata alam Malang ini membayar biaya tiket berdasarkan usia pengunjung. Adapun harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit

  • Tiket Masuk Dewasa Weekday Rp15.500 dan weekend 18.500
  • Harga Tiket Masuk Anak Weekday Rp10.500 dan weekend Rp12.500

Wendit Waterpark dibuka setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 07:00 WIB hingga ditutup pada pukul 17:00 Wib. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Wendit Waterpark dan tidak ingin berdesak-desakan dengan pengunjung lain, sebaiknya pengunjung datang pada hari kerja, karena pada akhir pekan atau musim liburan, kondisi tempat wisata ini cukup padat.

Artikel menarik lainnya: Cara Membeli Tiket PRJ Online Melalui www.jakartafair.co.id dan www.jiexpo.com

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close