Sat. May 25th, 2024
    Foto Taman Sungai Mudal Kulon ProgoFoto Taman Sungai Mudal Kulon Progo

    Taman Sungai Mudal adalah tempat wisata di Kulon Progo yang menjadi favorit wisatawan untuk liburan dengan panorama alam. Dimulai sekitar tahun 2011, waktu itu masyarakat setempat sibuk bersih-bersih saluran air.

    Tujuannya sederhana, yaitu ingin membersihkan saluran mata air yang langsung dari goa biar tetep jernih dan bisa dipake sama warga sekitar.

    Nah, dari situlah mulai tercetus ide keren buat bikin Taman Sungai Mudal menjadi objek wisata. Mereka sadar betapa besar potensinya dan keindahan alam di Banyunganti, jadi mereka mulai merapikan dan menyiapkan segala fasilitas.  Taman Sungai Mudal cocok sekali bagi wisatawanyang ingin menikmati keindahan alam.

    Daya Tarik Taman Sungai Mudal Sebagai Wisata Pemandian

    Mudal adalah pemandian air panas yang berasal dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo Gulon Progo. Disebut Mudal karena sumber airnya memancarkan air sepanjang tahun.

    Sehingga bisa memenuhi kebutuhan warga sekitar akan air bersih melalui pipa. Air yang jernih juga meluap membentuk sungai, melewati air terjun dengan nama yang mirip, kemudian dilanjutkan ke air terjun bawah Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut.

    Tempat wisata keren di Girimulyo Gulon Progo ini bernama Mudal. Nama itu disebut gara-gara air panasnya yang keluar dari gua. Uniknya, airnya gak pernah berhenti mengalir sepanjang tahun. Jadi bisa dipakai terus buat kebutuhan air bersih warga sekitar lewat pipa.

    Airnya jernih Sekali, berubah menjadi sungai yang melimpah, lewat air terjun yang juga punya nama yang mirip-mirip, kayak air terjun bawah Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut.

    Wisatawan cocok sekali menikmati pemandian air panas, menikmati segarnya air sungai, air terjun yang bikin hati berbunga-bunga.

    Menyegarkan Jiwa dan Raga di Air Terjun Taman Sungai Mudal

    Air terjun k Sungai Mudal berada sekitar 75 meter dari mata airnya. Di tempat itu, ada tiga titik air terjun yang berjejer di pinggiran Sungai Mudal. Air terjun pertama ada di paling atas dan tingginya sekitar 17 meter. Kalau lagi musim hujan, air terjun ini kelihatan luar biasa indah banget, jadi bisa betah lama-lama menikmati kecantikannya.

    Lalu, air terjun kedua yang posisinya sekitar 15 meter dari air terjun pertama. Kalau lagi musim hujan, alirannya deras dan agak lebar, jadi tampak banget keindahannya. Sedangkan, air terjun ketiga terletak di atas kolam pemandian alami yang dekat dengan tempat parkir bawah.

    Eksplorasi Keindahan Alam Kolam Pemandian Taman Sungai Mudal

    Air Taman Sungai Mudal di Kulon Progo yaitu kolam renang atau kolam pemandian berasal dari mata air di goa. Airnya bener-bener jernih dan warnanya hijau yang membuat pengunjung ingin berenang.

    Kolamnya udah diatur dengan apik, dan terdapat dua kolam keren buat orang dewasa dan anak-anak. Wisatawan yang ingin main di air akan aman, karena bisa menggunakan ban pelampung. Di Sungai Mudal ini, ada tiga kolam seru yang airnya selalu mengalir terus.

    Taman Sungai Mudal menjadi pilihan pas untuk berendam, berenang, atau bahkan nyemplung. Cara pembuatannya juga menarik, karena sungainya dibendung biar jadi kolam renang alami. Di tepi kolam-kolam ini, udah mulai tumbuh berbagai jenis bunga yang cantik, terutama anggrek.

    Terdapat Taman yang Bikin Wisatawan Merasa Tenang

    Taman Sungai Mudal selayaknya secuil surga yang turun langsung di tanah Kulon Progo. Ada bunga-bunga cantik, jalur trekking yang teratur, dan beberapa gazebo buat bersanta.

    Yang seru lagi, siapa aja bisa meyumbang bibit atau bunga buat taman sungai lewat program “Pohon Harapan”. Program ini tujuannya buat nyari orang-orang yang mau menjaga lingkungan dengan menyumbang tanaman. Jadi, bukan cuma bisa nikmatin keindahannya aja, tapi juga ikut menjaga keasriannya.

    Memiliki Beberapa Wahana Wisata

    Wisatawan tidak akan menyesal mampir ke Taman Sungai Mudal, soalnya ada berbagai fasilitas keren yang bisa dinikmati semua orang, seperti berikut ini:

    • Flying fox, yang biasa juga disebut Zip Line. Ini permainan yang digemari banget, baik sama anak-anak maupun orang dewasa, karena seru banget dan ada tantangannya!
    • Camping Area, buat kamu yang suka camping seru di alam terbuka. Di Taman Sungai Mudal ini, ada area khusus buat camping yang bisa bikin pengalaman kamu makin seru.
    • Hunting Foto, buat kamu yang suka foto-foto keren. Di taman ini, kamu bisa hunting foto dengan latar belakang yang indah banget. Pasti bikin feed Instagram kamu makin kece!
    • Taman ini dekat banget sama Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut. Jadi, setelah puas main di taman, kamu bisa langsung mampir ke dua air terjun keren ini.

    Jadi, jangan lewatkan kesempatan buat mencoba wahana keren di Taman Sungai Mudal ini. Bikin liburan kamu makin seru dan menyenangkan.

    Artikel menarik lainnya: Kopi Njongke Sleman Tempat Menikmati Kuliner dengan Latar Sawah di Jogja

    Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

    Tiket masuk ke Taman Sungai Mudal cuma Rp 10.000 per orang. Jam bukanya dari jam 08.30 hingga 15.15 WIB. Tetapi, kalo kamu mau mencoba wahana Flying Fox atau camping, ada biaya tambahan yang beda.

    Nah, di Taman Sungai Mudal ini udah lengkap banget fasilitas buat pengunjung. Ada gazebo buat istirahat yang membuat wisatawan bisa nyantai sambil nikmatin pemandangan. Selain itu, ada warung-warung yang menjual makanan enak. Jangan khawatir, ada toilet dan area parkir yang tersedia juga buat kenyamanan pengunjung.

    Artikel menarik lainnya: Proyek PT KCIC Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Perjalanan Secepat Kilat

    Alamat Taman Sungai Mudal

    Taman Sungai Mudal ini berlokasi di Dusun Banyunganti, Desa Jati Mulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

    Jika dari Jogja, jaraknya cuma sekitar 32 kilomete. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan aja. Akses jalannya udah bagus, jadi bisa dilalui oleh motor atau mobil sampai ke area parkir Taman Sungai Mudal.

    Jadi, mari  teman-teman dan keluarga untuk berliburan. Jangan lupa siapkan kendaraan yang cocok buat jalan-jalan ke tempat wisata alam di Kulon Progo ini.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Maros Highland Destinasi Seluncuran Terpanjang Indonesia

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *