Wisata Indonesia

Rest Area KM 456 Seperti Mall Pendopo Salatiga Tol Semarang-Solo Tempat Singgah Mudik

Rest Area KM 456 dilewati perjalanan dari Semarang ke Surabaya lewat tol jalan bebas hambatan, pengemudi melalui jalan tol Semarang-Solo. Saat lelah mengemudi, dapat berhenti di area Resta KM 456 Salatiga layak menjadi pilihan. Tempatnya berada sekitar 20 km dari pintu tol Bawen.

Rest Area KM 456 mempunyai kelebihan yang berbeda dari Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau area istirahat lainnya. Dengan keberadaan Sky Bridge, yiatu Jembatan yang menghubungkan dua rest area pada jalur arah Jakarta dan ke solo.

Fasilitas Rest Area KM 456 Pendopo Salatiga

Rest Area KM 456 Pendopo Salatiga memiliki beberapa titik penjualan ritel bermerek, di tempat-tempat katering yang sering berada di pusat perbelanjaan. KM 456 terdapat pada berada di dua sisi yang berseberangan, yaitu sisi A dan B.

Kedua sisi ini dihubungkan oleh jembatan yang melintasi di atas jalan tol. Area istirahat, ada lima joglo dengan atap limas yang melambangkan lima gunung di Jawa tengah.

Pada sisi A (arah pergi) terdapat dua joglo dan sisi B (arah balik) ada tiga joglo, jadi ada lima. Ini melambangkan lima gunung di Jawa tengah, yaitu Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro dan Telomoyo.

Fasilitas dan saranya lengkap, antara lain tempat parkir besar yang dapat menampung 207 kendaraan kecil dan 40 kendaraan besar bus dan truk. Adapula 61 toilet untuk pria, 43 toilet wanita, 6 toilet cacat, 2 ruangan nursery, dan 40 penyewa UMKM dengan diisi berbagai produk kuliner, kerajinan, pakaian dan busana, serta oleh-oleh dari Jawa Tengah.

Selain itu, rest area km 456 Salatiga mempunyai area terbuka, serta masjid dan mushola, dengan kapasitas 200 orang dan 110 orang.

Sky Bridge Menjadi Ciri Khas Rest Area KM 456

Satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari rest area di Salatiga ini adalah keberadaan sky bridge. Jembatan ini menghubungkan dua rest area dan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Sky Bridge ini menjadi tempat foto yang sangat bagus, dengan pemandangan yang indah. Selain Sky Bridge, area istirahat ini menawarkan pemandangan sawah dan gunung yang dapat digunakan sebagai foto Instagram.

Tempat Peristirahatan yang Menjadi Surga Kuliner Unggulan Jawa Tengah

Ada berbagai jenis makanan kuliner di Jawa Tengah dari sekitar wilayah jalan tol misalnya kota Semarang, Salatiga, Solo dan Boyolali yang menjual makanan di rest area KM 456.

Jenis kuliner tradisional seperti Nasi Timlo Solo, mie Godog, Nasi Godog, Lunpia Semarang, Bakmi Jowo, sampai singkong keju Salatiga. Selain menyajikan makanan tradisional, ada juga titik penjualan makanan modern dan kopi seperti di mall.

Rest area KM 456 km membuat usaha UKM bisa berjualan di dalamnya. Semua gerai kuliner lokal yang khas dari Jawa Tengah dengan rasa yang enak dan kualitas dijamin. Adapun harga, makanan area istirahat tidak perlu khawatir tentang harga yang tidak mahal.

Pengelola telah memperkirakan harga yang dapat terjangkau untuk kuliner lokal. Meskipun terlihat mewah, harga makanan di area istirahat ini bervariasi dari puluhan ribu untuk makanan ringan seperti bakso, sosis solo, Lekker dan Pempek.

Sedankan, harga kuliner ke waralaba tak jauh berbeda dengan tempat lainnya. Selain itu, pembayaran dengan sistem cashless dan diterapkan di semua area KM 456 km, untuk memfasilitasi transaksi penjual dan pengunjung.

Artikel menarik lainnya: Tempat wisata di Jakarta yang Buka Saat Lebaran 2022 Hari ini

Kerjasama Antara Pengelola Rest Area dan Dinas Koperasi Jawa Tengah

Pengelola rest area bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti Dinas Koperasi Kabupaten Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memperoleh daftar mitra UMKM untuk mengisi 40% tempat yang ada.

Resta Pendopo KM 456 Salatiga sudah memperoleh penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai area istirahat terbaik. Tempat ini dianggap memiliki kualitas layanan dan manajemen yang baik. Bahkan bisa menjadi tujuan wisata kuliner.

Kelengkapan fasilitas yang disediakan di KM 456 Salatiga, serta kombinasi dengan bangunan yang ikonik dan pemandangan yang indah dan sering disinggahi pengguna mobil. Jadi, tak heran area istirahat ini selalu ramai dan tak terlepas selalu ramai pada musim mudik.

Artikel menarik lainnya: Wisata Jogja Bay Waterpark Yogyakarta, Berapa Tiket Masuk, Wahana Permainan, dan Lokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *