Wed. May 15th, 2024
    Foto Punthuk Setumbu Magelang. Sumber IG @yuliagumay_Foto Punthuk Setumbu Magelang. Sumber IG @yuliagumay_

    Punthuk Setumbu Magelang wisata alam yang sangat indah. Tidak diragukan lagi bahwa kawasan perbukitan ini menjadi tujuan wisata utama bagi mereka yang ingin menikmati indahnya matahari terbit. Puntuk Setumbu terletak di gugusan Bukit Menore. Ketinggiannya sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut.

    Awalnya, Puntuk Setumbu adalah sebuah bukit polos dengan persawahan milik penduduk setempat. Namun, tempat itu menjadi terkenal setelah seorang fotografer memotret area tersebut dan diposting, akhirnya membuat tempat ini menjadi terkenal.

    Foto yang biasanya diambil dari tempat ini adalah candi Borobudur dengan latar belakang matahari terbit. Hal itulah yang menarik banyak orang untuk datang ke daerah perbukitan ini. Keindahan daerah perbukitan ini membuatnya menjadi ramai dikunjungi wisatawan setiap hari.

    Kisah Singkat Menarik dari Puthuk Setumbu Magelang

    Nama Punthuk Setumbu sesuai dengan lokasi perbukitan yang bentuknya mirip Tumbu atau dalam bahasa Jawa berarti lumbung padi. Sehingga, namanya pun dibuat menjadi tumbu.

    Menariknya bagian hasil bumi dinamakan dari nama-nama peralatan dapur seperti seteruk, punthuk setumbu dan punthuk cething. Masing-masing lokasi tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung dari bentuk peralatan masaknya.

    Beberapa tahun kemudian, seorang fotografer datang sembari berwisata ke perbukitan Punthuk Setumbu. Saat itu, fotografer itu memiliki momen indah dengan terbitnya matahari di balik Candi Borobudur ditambah dengan pesona Gunung Merapi dan Merbabu.

    Setelah itu, ia mengabadikan panorama yang indah dan segera mempublikasikannya. Sederhananya, Punthuk Setumbu akhirnya dikenal banyak orang berkat foto-foto yang diunggah sang fotografer.

    Tempat Wisata Punthuk Setumbu Magelang Melihat Matahari Terbit

    Wisatawan datang ke Punthuk Setumbu untuk berfoto. Tak heran, karena mereka suka datang pagi-pagi agar tidak melewatkan momen bahagia. Banyak turis datang dari sebelum jam 5 pagi. Setiap tahun, bukit tepat sebelum matahari terbit ini ramai dikunjungi wisatawan.

    Ketika matahari terbit (sunrise), langit berubah menjadi jingga dan menyebar ke segala arah. Sinar mentari menerangi alam dan pepohonan dan menghilangkan kabut yang menyelimutinya dari malam.

    Pertama, wisatawan harus bangun pagi agar bisa melihat indahnya matahari terbit di bukit Punthuk Setumbu. Sampai di sana lebih awal untuk memastikan tempat yang bagus untuk menyaksikan matahari terbit. Para pengunjung biasanya tiba pada pukul 4:00 pagi.

    Jangan lupa untuk memakai sepatu agar mudah mendaki bukit. Jangan lupa jaketmu karena udaranya cukup dingin. Saat cuaca bagus, matahari perlahan terbit, biasanya sekitar jam 5 pagi. Saat yang tepat untuk mengabadikan momen matahari terbit. Jangan lupa untuk membawa kamera.

    Bagi yang pernah menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2 sekilas tahu tempat-tempat wisata yang dikunjungi Cinta dan Ranga, salah satunya Punthuk Setumbu di Kabupaten Magelang. Pesona alam menjadi perbincangan hangat di media sosial.

    Tempat yang Cocok untuk Melihat Puncak Borobudur

    Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit dengan tinggi 400 meter di atas permukaan laut. Gugusan gundukan yang indah, dengan pemandangan Candi Borobudur menjadi daya tarik tersendiri.

    Pengunjung bisa melihat puncak Candi Borobudur perlahan mulai muncul. Ujungnya seakan menembus kabut dan sepertinya menyambut sinar matahari. Wisatawan tidak boleh melewatkan pemandangan seperti itu.

    Perpaduan kabut, Candi Borobudur dan warna jingga matahari begitu indah. Jika ingin memotret sebaiknya menggunakan tripod agar hasilnya bagus. Selanjutnya tinggal diposting di media sosial.

    Bukan dari wisatawan lokal saja, turis asing pun datang ke Punthuk Setumbu. Posisinya saat itu sangat indah berdekatan dengan pegunungan Merbabu dan Merapi. Dari sana dapat melihat siluet Candi Borobudur sebagai panorama indah dari puncak Bukit Puntuk Setumbu Magelang.

    Siapkan Fisik untuk Mendaki Bukit

    Pengunjung juga harus siap secara fisik. Karena untuk mencapai puncaknya harus melalui jalur trekking. Tidak terlalu sulit, tapi tetap hati-hati. Rute yang dapat dilalui dalam waktu sekitar 15 menit.

    Kenakan sepatu anti slip untuk menghindari tergelincir. Punthuk Setumbu berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut dan memiliki udara yang sejuk. Dalam suasana ini, pengunjung merasa damai dan tenang ketika sampai di puncaknya.

    Bermalam dan Camping Menunggu Matahari Terbit di Punthuk Setumbu

    Pengunjung juga bisa bermalam di kawasan wisata ini. Ada tempat perkemahan yang disiapkan dengan baik di sini. Areanya tidak jauh dari tempat menyaksikan matahari terbit.

    Tujuan berkemah biasanya agar tidak ketinggalan dengan fenomena matahari terbit di balik perbukitan. Waktu sebelum matahari bersinar sangat singkat. Dibutuhkan sekitar 30 menit, jadi siapkan kamera Anda sebelum matahari terbit.

    Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang

    Wisatawan yang ingin ke Punthuk Setumbu, dikenakan biaya tiket masuk, sebagai berikut:

    • Pengunjung lokal: Rp20.000
    • Wisatawan Mancanegara: Rp50.000

    Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 4 pagi sampai jam 5 sore setiap hari. Jadi, wisatawan bisa leluasa datang ke tempat ini.

    Artikel wisata lainnya: Menikmati Keindahan Alam Laut di Jakarta Aquarium

    Alamat Punthuk Setumbu Magelang

    Lokasi wisata alam ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang.

    Kondisi Jalan menuju Punthuk Setumbu Magelang dapat diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat menuju tempat parkir utama. Jarak dari Punthuk Setumbu ke Candi Borobudur sekitar 5 km, dan perkiraan waktu tempuh sekitar 15 menit jika kondisi jalan tidak terlalu ramai.

    Artikel menarik lainnya: Nepal van Java Temanggung Tempat Wisata Pemandangan Gunung Sumbing

    2 thought on “Punthuk Setumbu Magelang Tempat Wisata Menarik Melihat Matahari Terbit”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *