Wisata Indonesia

Pulau Lengkuas Belitung Tujuan Wisata Snorkeling dan Terdapat Mercusuar Megah

Pulau Lengkuas Belitung terletak sekitar 30 menit  dari Pantai Tanjung Kelayang. Penyewaan perahu tersedia bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau eksotis ini. Saat ini, pulau ini telah menjadi objek wisata populer di Belitung.

Berbagai wisata alam  menyambut semua wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Lengkuas adalah adalah objek wisata yang wajib dikunjungi bagi semua wisatawan yang singgah di negeri laskar Pelangi ini.

Lokasinya berada di utara Pantai Tanjung Kelayang. Luas pulau ini sangat kecil dan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk berkeliling. Namun pulau ini memiliki banyak hal yang ditawarkan: mercusuar, tebing granit, perairan dangkal dan terumbu karang, serta hamparan pantai berpasir putih.

Melihat Mercusuar di Pulau Lengkuas Belitung

Daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Belitung adalah mercusuarnya. Yang unik dari pulau  ini adalah keberadaan mercusuar. Menar tingginya yang dapat dilihat dari jauh. Berdasarkan sejarah pemerintah kolonial Belanda membangun menara  pada tahun 1882. Fungsinya masih aktif sebagai navigasi laut dan digunakan oleh nelayan.

Mercusuar ini terbuka untuk umum sebagai objek wisata. Namun, karena mercusuar terbuat dari baja, wisatawan harus mencuci kaki sebelum masuk. Air asin, karena dapat merusak baja  dan karat.

Mercusuar yang memiliki tinggi 8 lantai ini berdiri kokoh di tengah-tengah Pulau Lengkuas. Hal itu membuat wisatawan yang penasaran. Bagi yang ingin naik, wisatawna bisa membayar Rp 5.000, untuk menyusuri mercusuar setinggi sekitar 52 meter.

Pengunjung bisa naik tangga demi tangga, ke puncak mercusuar. Dari atas mercusuar, pengunjung dapat melihat Pulau Lengkuas dan pulau-pulau lain yang indah. Selain  itu, terlihat lautan luas dan pemandangan dari ketinggian.

Memandangi Granit Raksasa di Pulau Lengkuas

Belitung juga dikenal dengan ribuan batu granit raksasa. Salah satu keajaiban alam ini juga bisa ditemukan di Pulau Lengkuas. Kehadiran bebatuan granit berukuran besar bisa dikatakan sebagai simbol dan ciri khas Pulau Belitung.

Saat berada di tempat wisata alam Belitung ini, luangkan waktu untuk mengambil beberapa foto dan jelajahi lebih banyak batu granit yang tersebar. Pemandangan pantai berpasir putih dan air yang jernih sangat lengkap.

Kemegahan Pulau Lengkuas Belitung semakin menarik dengan hadirnya pohon kelapa yang rindang. Pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati wisata alam Belitung. Jika Anda lelah, berjalan-jalan di air dangkal. Kedalamannya tidak lebih dari 1,2 meter.

Snorkeling Menyusuri Alam Bawah Laut nan Indah di Pulau Lengkuas Belitung

Foto Snorkeling Menyusuri Alam Bawah Laut nan Indah di Pulau Lengkuas Belitung. Foto IG @sahabatbelitung527
Foto Snorkeling Menyusuri Alam Bawah Laut nan Indah di Pulau Lengkuas Belitung. Foto IG @sahabatbelitung527

Spot snorkeling di Pulau Lengkuas juga wajib dikunjungi bagi yang ingin menjelajahi keindahan alam bawah laut. Ikan berwarna-warni yang indah dan terumbu karang yang indah membuat pemandangan  pulau ini.

Perairan dangkal  Pulau Lengkuas sangat transparan sehingga Anda dapat melihat dasar laut dengan jelas. Berbagai macam ikan berwarna-warni dapat dilihat di dasar laut ini. Terumbu karang dan bintang laut muncul bebas di perairan dangkal ribuan pulau Lengkuas.

Untuk  menikmati itu semua, wisatawan bisa snorkeling. Bintang laut, ikan, dan terumbu karang  menyambut  dan memukau semua orang. Pengunjung pulau ini juga bisa  berenang  menikmati segarnya air  yang jernih.

Jika lelah  snorkeling, segarkan tubuh  dengan air kelapa. Ada warung yang menjual air kelapa muda di Pulau Lengkuas Belitung. Minuman ini cocok untuk mereka yang lelah berjalan-jalan dan berenang di pantai.

Pengunjung yang lelah berkeliling Pulau Lengkuas bisa menikmati aneka seafood yang bisa dipesan di sekitar pulau. Ketika saya di pulau ini, saya menikmati memasak dan bersantai di tepi pulau.

Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Sanankerto di Malang Destinasi Ekowisata Boonpring dengan Potensi 115 Spesies Bambu

Cara Berwisata ke Pulau Lengkuas Belitung

Setelah tiba di Belitung, wisatawan bisa memilih tempat penginapan yang terdapat di pusat kota Tanjung Pandan, Belitung. Jasa uang sewa kamar per malam bisa ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit dari Tanjung Pandan ke Pantai Tanjung Kelayan. Lalu, pergi ke Pulau Lengkuas Belitung dilanjutkan dengan menggunakan perahu motor. Setiap Perahu dapat mengangkut hingga 10 penumpang dan tarif sewa  mulai dari Rp 500.000.

Adapun jarak dari Pantai Tanjung Kelayan ke Pulau Lengkuas sekitar 4 mil  atau  sekitar 40 menit memakai perahu. Di sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menikmati batu batu granit dan sejumlah pulau kecil.

Pemandangan air laut terlihat jernih dengan beragam terumbu karang dan ikan-ikan ketika tiba di Pulau Lengkuas. Di sana, wisatawan bisa bermain di pantai dan juga dapat berenang sepuasnya.

Artikel menarik lainnya: Pantai Srakung di Girisubo Gunung Kidul Yogyakarta Wisata Alam dengan Tebing dan Ombak Cantik

2 thoughts on “Pulau Lengkuas Belitung Tujuan Wisata Snorkeling dan Terdapat Mercusuar Megah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *