Wisata Indonesia

Proyek PT KCIC Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Perjalanan Secepat Kilat

Proyek PT KCIC Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Perjalanan Secepat Kilat. Pada tahun 2004, Tiongkok membuat kereta super cepat pertamanya untuk menghubungkan dua kota penting, Beijing – Tianjin. Jaraknya sekitar 120 km. Nah, hal yang sama juga bakal diterapkan di KCJB, kereta super cepat Jakarta Bandung.

KCJB rutenya panjang, sekitar 142,3 km. Jarak perjalanan antara dua kota hanya butuh waktu 36-45 menit aja. Ada 4 stasiun kereta cepat, yaitu: Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Dengan KCJB, cuma butuh 30-40 menit  dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya. Jadi, bisa menghemat waktu buat liburan, mampir ke tempat wisata, dan kegiatan lain-lain. Jadi, waktu perjalanan yang lebih cepat untuk melakukan berbagai kegiatan.

Fakta tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung yang Perlu Diketahui

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berdiri sejak Oktober 2015. Perusahaan kereta ini dibentuk oleh gabungan BUMN Indonesia melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan perusahaan kereta api dari Tiongkok melalui Beijing Yawan HSR Co.Ltd.

Berikut Fakta tentang Kereta Cepat Bandung Jakarta yang bisa kamu ketahui:

  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung melaju dengan kecepatan 350 km/jam.
  • Fasilitas kereta yang digunakan adalah generasi terbaru, CR400AF, untuk rute Jakarta-Bandung. Rutenya panjang, sekitar 142,3 km dari Jakarta ke Bandung.
  • Terdapat empat stasiun pemberhentian di Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Setiap stasiun terhubung dengan moda transportasi lainnya dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).
  • Penumpang dari Stasiun KA Cepat Padalarang bisa langsung ke Stasiun Padalarang untuk melanjutkan perjalanan dengan KA Feeder KCJB menuju stasiun Cimahi atau Bandung.
  • Penumpang bisa memilih waktu perjalanan di Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jadi Jakarta-Bandung bisa ditempuh hanya dalam waktu 36-44 menit.
  • Kereta Cepat memiliki desain ruang yang luas dan modern. Terdiri dari tiga kelas dan bisa menampung 601 penumpang. Selain itu ada ruang khusus untuk penumpang difabel.
  • Kereta Cepat Bandung Jakarta menggunakan tenaga listrik, Jadi, merupakan transportasi yang ramah lingkungan. Menurut laporan dari Departement for Transport Britania Raya (DfT), kereta listrik menghasilkan emisi karbon per mil penumpang yang lebih rendah hingga 35% dibandingkan kereta diesel.
  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung dirancang dengan tipe terbaru, CR400AF. Teknologi modern dengan Fitur Cabin Noise untuk meredam getaran dengan maksimal.

Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Kereta Panoramic KAI Wisata Melihat Panorama Indah Selama Perjalanan

Fasilitas Proyek PT KCIC Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta Cepat BandunG Jakarta memiliki tiga kelas, antara lain: Premium Economy Class, Business Class, dan First Class. Setiap kelas punya jumlah kursi yang beda-beda. Nah, buat jumlah kursi yang tersedia 555 buah di Premium Economy Class, 28 kursi di Business Class, dan 18 kursi di First Class. Yang menarik, setiap kelas punya motif batik yang unik.

KCJB itu bener-bener cepat. Fasilitas kereta cepat ini menyeadiakan charging port buat semua penumpang KCJB. Di EMU KCJB, ada dua jenis charging port, yaitu AC 220 Volt dan USB port 5 Volt yang bisa digunakan untuk segala macam gadget.

KCJB memiliki Toilet Aksesibel yang ramah buat semua penumpang. Toilet Aksesibel ini khusus dirancang buat memudahkan penumpang dengan kebutuhan khusus, kayak kaum disabilitas dan lansia.

Demikian artikel tentang Proyek PT KCIC Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Perjalanan Secepat Kilat. Transportasi massal modern yang layak dicoba jika ingin berpergian dengan cepat antara kota Jakarta dan Bandung.

Artikel menarik lainnya: Kereta Api di Sulawesi Makassar ParePare Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

One thought on “Proyek PT KCIC Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Perjalanan Secepat Kilat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *