Sun. May 19th, 2024
    Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sumber halonusa.comPertamina Mandalika International Street Circuit. Sumber halonusa.com

    Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah anama resmi yang dipakai sebagai pengganti Sirkuit Mandalika. Nantinya lintasan tersebut akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Perubahan nama tersebut terjadi setelah perusahaan BUMN terbesar di Indonesia mau menjadi sponsor utamanya.

    Tujuan Pertamina menjadi sponsor Sirkuit Mandalika adalah untuk mengembangkan sektor pariwisata dan memulihkan ekonomi nasional. Sirkuit internasional ini memang sangat menarik, posisinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia dan memiliki luas area sekitar 1.035,67 hektar, direncanakan bukan sebagai tempat balapan saja.

    Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu tempat pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai sirkuit internasional, arena balapan ini tidak hanya menyajikan sensasi tontonan beradrenalin tinggi saja.  Sirkuit Mandalika dikelilingi pemandangan indah di antara perbukitan dan kawasan pantai. Bentang alam yang eksotis yang akan menarik kedatangan banyak wisatawan. Selain itu terdapat beberapa keunggulan lainnya.

    Kenapa Pertamina Mandalika International Street Circuit Sangat Menarik untuk Didatangi?

    Sirkuit Mandalika dipersiapkan untuk tempat diadakannya balap motor kelas dunia yang dibangun dengan 17 Tikungan dan 40 Garasi. Adapun panjang lintasannya adalah 4,31 km. 17 tikungan tersebut akan menjadi tantangan berbeda yang akan ditaklukkan para pembalap dunia. 40 Garasi dibangun permanen pada bagian atasnya memiliki ruang pers dan liputan.

    Aspal Didatangkan dari Inggris

    PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) membangun trek jalan dengan aspal khusus yang didatangkan dari Inggris. Sedangkan, lapisan aspal bagian bawah trek adalah asli buatan Indonesia.

    ITDC juga membuat pagar pembatas yang berisi angin di pinggiran sirkuit yang dipesan dari Jerman. Sedangkan, komponen lainnya sirkuit Mandalika  menggunakan produk buatan lokal NTB, seperti batu kerikil untuk Gravel sirkuit.

    Sirkuit Mandalika Mampu Menampung 195 ribu penonton

    Penonton yang mampu ditampung sirkuit Mandalika adalah sekitar sampai 195 ribu penonton. Kalau penyelenggaraan balapan pada saat Pandemi Covid-19, maka hanya dapat memuat hingga 114 ribu penonton. Penonton diperkirakan datang dari 40% penonton lokal, dan 60 % wisatawan mancanegara selama tiga hari gelaran MotoGP.

    Event di Pertamina Mandalika International Street Circuit Direncanakan Masuk Kalender MotoGP 2022

    Pertamina Mandalika International Street Circuit direncanakan akan melaksanakan balapan MotoGP pada tahun 2021. Namun tidak jadi. Namun, sirkuit Mandalika direncanakan akan menjadi tempat balapan MotoGp yang akan dilaksanakan pada Maret 2022.

    Pertamina Mandalika International Street Circuit Menjadi Tempat Balapan Superbike WSBK 2021

    Sirkuit Internasional di Lombok, NTB, Indonesia ini akan menjadi lokasi balapan Superbike World (WSBK). Sirkuit Mandalika direncanakan akan menjadi tuan rumah Superbike World seri ke-11. Pelaksanannya direncanakan pada 11-14 November 2021.

    Sirkuit Mandalika Dikeliling Lokasi Wisata yang Sangat Menarik

    Mandalika menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang mengandalkan dunia pariwisata. Selain menjadi lokasi balapan motor internasional, wisatawan dapat berwisata di sekitar kawasan sirkuit Mandalika, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk. Adapula Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang kerap menjadi tujuan wisata lokal dan mancanegera.

    Sirkuit Mandalika digadang-gadang bisa memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi kreatif di Lombok, NTB. Peluang terbukanya lapangan pekerjaan bagi 7.500 orang dan membuka peluang investasi lokal sekitar 150 juta dolar.

    Pelaksanaan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit   menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Diperkirakan ada 300 ribu orang per tahun tingkat kunjungan dan diharapkan bisa menjadi negara tujuan sport tourism di kawasan Asia.

    Artikel menarik lainnya: Hutan Pinus Sentul Bogor Tempat Berlibur Bernuansa Pohon dan Alam yang Indah

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *