Wisata Indonesia

Pereng Cilongok Banyumas Wisata Edukasi Pembuatan Gula Merah dan Waterpark

Wisata Pereng Cilongok adalah destinasi wisata keluarga dengan konsep taman bermain dengan taman yang indah di area seluas 3 hektar.

Fasilitas yang paling menarik dan berbeda adalah taman edukasi pembuatan gula merah dari awal hingga akhir. Karena sebagian besar masyarakat terutama adalah produsen gula kelapa.

Anak-anak sampai orang dewasa dapat menikmati berbagai wahana yang disediakan. Ada kolam renang, flying fox, becak mini, sepeda air dan banyak lainnya.

Daya Tarik Wisata Alam Pedesaan Di Pereng Cilongok Banyumas

Wisata Pereng Cilongok berlokasi di pedesaan terdapat dua embung dengan luas 0,5 hektar. Sementara satu hektar lahan lain disediakan untuk pariwisata edukasi dalam pembuatan gula merah. Sisanya untuk game permainan lain.

Ketika berada di sini akan membuat pikiran tenang dan segar. Berbagai permainan lain dapat dinikmati, seperti mengayuh sepeda air, menguji adrenalin flying fox, dapat dilakukan di sini. Pengunjung bisa bermain basah-basahan di waterpark dengan keluarga.

Wisata Edukasi Pembuatan Gula Merah

Kawasan Cilongok Banyumas Jawa Tengah dikenal sebagai area yang menghasilkan gula merah. Karena banyak kelapa tumbuh dan merupakan bahan utama dalam pembuatan gula merah. oleh karena itu, lebih dari 50% penduduk bekerja sebagai penghasil gula merah. Pemerintah daerah menggunakan ini dengan membuka kunjungan edukasi dengan nama Pereng Cilongok.

Karena 80% dari populasi masyarakat Cilongok bekerja sebagai produsen gula merah, membuat destinasi wisata ini berbeda dari tempat liburan lainnya. Wahana edukasi ini mengajak wisatawan belajar bikkn gula merah.

Kegiatannya dari mengambil kelapa dari kebun hingga diolah menjadi gula merah. Serangkaian proses akan dibikin bersama dan dicoba oleh pengunjung.

Bermain Air Di Wisata Pereng Cilongok

Destinasi wisata ini memiliki kolam renang dan taman air yang dapat dinikmati oleh keluarga. Kolam ini jernih dengan warna biru dari dasarnya. Airnya sangat segar dari sumber pedesaan dan tidak terlalu dalam.

Selin itu, pengunjung dapat menikmati waterpark yang memiliki beberapa wahana, yaitu perosotan dan pancuran air. Namun, wahana waterpark ini berukuran kecil dan dapat dinikmati bersama anak-anak. Eski kecil,  anak-anak akan senang bermain di sana.

Berkeliling di Danau Pereng Cilongok Banyumas

Danau diberikan dinding dengan ban bekas yang dicat warna-warni. Perpaduan warna-warni dari ban dengan kombinasi air danau yang indah. Terus ditambah banyak pohon kelapa yang tinggi dan subur. Pengunjung dapat berkeliling danau dengan naik perahu wisata yang dihiasi dengan warna-warni.

Perahu ini dapat menampung lima orang atau lebih, yang dilengkapi dengan atap peneduh. Untuk penggerak perahu, menggunakan dayung manual. Wisatawan dapat mendayung sendiri. Tidak hanya perahu, tetapi di sini juga ada sepeda air dengan bentuk angsa yang bergerak dengan cara mengayuh.

Menikmati Panggung Hiburan Di Wisata Pereng Cilongok Banyumas

Selain wahana permainan, Di sini, sering ada tempat hiburan. Objek wisata ini sering mengundang penyanyi lokal untuk menghidupkan suasana. Dan tentu saja, untuk menghibur para wisatawan di sini.

Pengunjung juga dapat menggunakan objek wisata ini sebagai lokasi acara. Misalnya, pernikahan, ulang tahun, acara sekolah atau acara lainnya. Lokasinya yang asri dan luas sangat cocok untuk mengadakan suatu acara.

Harga Tiket Masuk Wisata Pereng Cilongok Banyumas

Untuk masuk ke Taman Pereng Cilongok, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 10.000. Tetapi untuk memanfaatkan beberapa wahana, wisatawan harus membayar biaya tambahan.

Taman ini juga memberikan promo dalam bentuk minuman gratis di setiap pembelian tiket. Jam operasi tempat wisata Banyumas ini dari jam 8 pagi hingga 16:30 Wib.

Artikel menarik lainnya: Bukit Bintang Gunung Kidul Tempat Makan dengan Suasana Bintang-Bintang

Lokasi Taman Wisata Pereng Cilongok

ALamat Wisata Pereng Cilongok terletak di Kalimanggis Utara, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Destinasi wisata yang berada tidak jauh dari Wisata Baturaden. Jadi kalau ke Baturaden, bisa terus berwisata ke Wisata Pereng Cilongok ini.

Demikian penjelasan tentang Pereng Cilongok Banyumas Wisata Edukasi Pembuatan Gula Merah dan Waterpark. Mari berwisata bersama keluarga dan tidak lupa menjaga protokol kesehatan.

Artikel menarik lainnya: Wahana Baru Skybike dan De Windmills Cimory Dairyland Puncak Hadirkan Spot Foto Instagramable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *