Fri. May 24th, 2024
    Penginapan dan Sewa Kapal di Taman Laut Bunaken. Sumber IG @marthencarolPenginapan dan Sewa Kapal di Taman Laut Bunaken. Sumber IG @marthencarol

    Taman Laut Bunaken adalah destinasi wisata maritim di Sulawesi utara. Tujuan berlibur yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Salah satu yang menjadi bagian dalam Taman Laut adalah pulau Bunaken yang memiliki luas area 8,08 km². Lokasinya berada Di Teluk Manado dan termasuk dari wilayah kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara.

    Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890,65 km² atau menjadi 3% berupa daratan Bunaken Island, serta pulau Manado, Mantyage, Nain, dan Siladen. Wilayah yang menjadi tujuan wisata yang dikenal karena keindahan dan keanekaragaman varietas dan hewan laut. Wisatawan yang berkunjung akan kagum dengan lanskap panorama alam yang tak tergantikan dari semua keindahan ciptaan Tuhan.

    Daya Tarik Taman Laut Bunaken

    Kedalaman perairan Taman Nasional Laut Bunaken hingga 1.566 m di Teluk Manado. Kondisi suhu mulai dari 27 hingga 29 ° C. Objek wisata yang istimewa karena mempeunyai keanekaragaman flora dan satwa laut, misalnya seperti karang, ikan atau binatang berkulit lunak. Tahukah Kawan Sabumi, kalau 7 dari 8 jenis kerang raksasa di dunia berada di Bunaken. Selain itu, Bunaken juga memiliki lebih dari 70% spesies ikan terkenal di kawasan perairan Pasifik Barat.

    Bunaken adalah salah satu area menyelam dan snorkeling yang paling terkenal di Indonesia. Tidak hanya wisatawan nasional, turis asing juga datang dari seluruh dunia. Selain pulau Bunaken yang unik dengan bentuk pisang, di Taman Nasional laut Indonesia ini, masih ada pulau lain di sekitar Pulau Manado Tua (gunung berapi berbentuk kerucut), yaitu Siladen, Mantehage, Nain dan Nain kerdil.

    Jumlah penduduk sekitar 20.000 orang yang tinggal di perairan dari Taman Laut Nasional Bunaken. Mereka hidup di Bunaken yang lokasinya dekat dengan garis Khatulistiwa dengan iklim tropis.

    Ketika Musim hujan, dari November hingga pertengahan April, akan terjadi badai yang berlangsung beberapa hari. Fenomena ini menyegarkan udara tetapi juga mengurangi visibilitas di dalam laut. Musim kemarau dari Mei hingga Oktober, ketika suhu meningkat pada 35 °C dan visibilitas mencapai maksimal.

    Taman Laut Bunaken mempunyai 20 titik tempat menyelam dengan berbagai kedalaman hingga 1 kilo meter. Di antara 20 titik penyelaman, 12 dari mereka berada di sekitar pulau Bunaken. Dua belas titik menyelam ini paling sering dikunjungi oleh penyelam dan pecinta keindahan lanskap bawah laut. Titik tersebut berjajar dari tenggara bagian barat laut pulau tersebut.

    Harga Tiket Masuk Bunaken

    Tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Bunaken adalah Rp 50.000 bagi wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan asing membayar Rp 150.000.

    Kalau mau snorkeling dan diving di Bunaken mengeluarkan biaya sendiri dari Rp 150.000 per jam. Biaya tersebut untuk membayar sewa peralatan selam, Seperti masker dan kaki katak. Sedangkan, peralatan menyelam bisa membayar mulai Rp.350.000 dan juga mengeluarkan biaya untuk tour guide.

    Penginapan Terdekat Taman Laut Bunaken

    Bagi wisatawan yang ingin liburan, persiapkan juga tempat penginapan terdekat Taman Laut Bunaken. Perkirakan biaya tempat menginap sebelum melakukan perjalanan wisata. Jika ingin bermalam dengan murah, bisa mencari penginapan miliki warga sekitar. Jika punya uang yang cukup, bisa menyewa hotel dengan harga yang murah dan tariff yang bervariasi.

    Berikut tempat penginapan di Bunaken yang bisa menjadi pilihan ketika berlibur ke sana.

    Bunaken Oasis Dive Resort and Spa

    Tempat menginap yang beralamat di Liang Beach dan bisa Waktu check-in di Bunaken Oasis Dive Resort and Spa adalah dari pukul 14:00. Sementara, waktu check-out adalah pukul 12:00. Fasilitas yang dimiliki, seperti Kolam Renang, Wifi, Restoran, Spa, dan Antar Jemput Bandara.

    Two Fish Resort Bunaken

    Tempat menginap yang memiliki fasilitas kolam renang outdoor, fasilitas olahraga air, Wi-Fi, layanan,  penitipan anak dan lainya. Kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar resort adalah menyelam dan mendayung kano. Alamat berada di Pangalisang Beach, Manado, Pulau Bunaken 95113, Indonesia.

    Kuda Laut Boutique Dive Resort di Taman Laut Bunaken

    Tempat menginap yang memiliki fasilitas kolam renang dan pemandangan pantai yang terletak di Pulau Siladen di Kepulauan Bunaken, Wilayah Sulawesi Utara. Kamar di resort ini memiliki fasilitas, kamar mandi bersih, Wi-Fi gratis, dan pusat spa. Wisatawan bisa menikmati fasilitas snorkeling dan main kano.

    Siladen Resort & Spa

    Tempat menginap yang terdapat di sisi pantai yang memiliki fasilitas kolam renang outdoor, area pantai, restoran, Fasilitas olahraga air, dan WiFi. Selain itu, tersedia AC, TV satelit, minibar, fasilitas shower, pengering rambut, dan perlengkapan mandi.

    Sementara itu, terdapat fasilitas tempat makan di tepi kolam renang bernama Beringin Tree Restaurant yang menyediakan masakan Indonesia, Asia, Italia, dan internasional. Lokasi Siladen Resort and Spa di Pulau Siladen, Bunaken Marine Park, 95111 Bunaken, Indonesia.

    Cha Cha Nature Resort di Taman Laut Bunaken

    Penginapan di Pulau Bunaken ini menawarkan cottage dan villa yang memiliki panorama laut dan pegunungan. Wisatawan juga bisa menyelam dan snorkeling di tempat ini. Setiap penginapan memiliki AC, area tempat duduk,  dan kamar mandi yang nyaman.

    Selain itu, ada pula fasilitas pijat tubuh yang bikin kondisi segar kembali. Di Bunaken Cha Cha Nature Resort menyediakan masakan khas lokal, Asia, dan barat di restoran yang langsung bisa melihat pantai yang indah.

    Artikel menarik lainnya: Bukit Klangon Jogja Tempat Wisata di Kaki Gunung Merapi

    Sewa Kapal di Bunaken

    Bagi yang ingin wisata ke Taman Laut Bunaken, wisatawan bisa sewa kapal untuk menyeberang dengan biaya Rp 600.000-Rp700.000.  ribu rupiah tergantung kesepakatan. Keahlian menawar sangat dibutuhkan di sana. Perjalanan dari pelabuhan menuju Pulau Bunaken sekitar 45 menit.

    Selain itu, bisa menyewa kapal speedboat yang harganya mulai dari Rp.800.000-Rp.1.300.00. Transportasi laut di Bunaken ini bisa dinaiki dengan kapasitas 6-30 orang. Kapasitas dan harga sesuai dengan ukuran speed boat.

    Demikian informasi mengenai Penginapan dan Sewa Kapal di Taman Laut Bunaken. Jika tidak mau repot melakukan traveling, ada banyak Bunaken Tour and Travel yang bisa menjadi pilihan untuk berkunjung di tempat wisata alam ini.

    Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Kereta Api Wisata Nusantara Seperti yang Dinaiki Andre Taulany ke Jogja

    One thought on “Penginapan dan Sewa Kapal di Taman Laut Bunaken”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *