Wisata Indonesia

Pemerintah Dukung Pengembangan Wisata Labuan Bajo Marina

Pemerintah pusat melanjutkan dukungannya terhadap pengembangan wisata Labuan Bajo. Seperti yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja ke NTT meninjau langsung pengembangannya pada Rabu, 7 Juli 2019.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur adalah salah satu dari prioritas tujuan wisata Nasional menurut Peraturan Presiden no. 58 tahun 2017.

Pengembangan Wisata Labuan Bajo Melihat Dari Peluang Lapangan Kerja dan Pertumbuhan Bisnis Baru

"Pengembangan

Adapun pengembangan Labuan Bajo dilakukan untuk menunjang pengembangan pariwisata. Dari sisi Sosial Ekonomi, pengembangan Labuan Bajo memiliki dampak yang positif, yaitu meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesempatan tumbuhnya bisnis baru.

Ada beberapa pembangunan yang sedang dilakukan untuk mendukung Pariwisata di Labuan Bajo Marina, antara lain:

    1. Pengembangan fasilitas penunjang pariwisata dengan luas 2,4 Ha, yang meliputi hotel, area komersial, dermaga penyeberangan, dan marina.
    2. Pembangunan tempat pelelangan ikan (TPI) baru yang diresmikan pada 30 November 2018.
    3. Mengadakan Kapal Komodo sebagai sarana transportasi laut Pulau Komodo dan kapal wisata untuk keliling Pulau Komodo.

Kapal Wisata Komodo digunakan untuk transportasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo. Rute yang dilalui Kapal Wisata Komodo adalah 68 mil, KMP Komodo siap melayani wisatawan dengan berbagai fasilitasnya.

Kapal Wisata Komodo mampu menampung 80 orang penumpang dengan fasilitas musola, ruang makan, dan minibar.

Baca juga :

Pertemuan Jokowi dan Prabowo di MRT Demi Persatuan Indonesia

Informasi Kerjasama Pendirian dan Donasi Buku Taman Baca 

Upaya Pemerintah Membuat Kawasan Taman Nasional Komodo yang Terpadu

"Kapal

Pelabuhan Marina Labuan Bajo

Wisata Labuan Bajo terus dimaksimalkan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata unggulan di Indonesia. Pulau Komodo adalah daya tarik pariwisata terdapat komodo sebagai yang sangat tua dan menjadi warisan dunia. Untuk mendukung wisata Labuan Bajo, di bangun salah satu infrastruktur yaitu Pelabuhan Marina.

Tuajuannya pembangunan Pelabuhan Marina agar bisa menjadi tempat bersandar kapal pesiar Internasional. Karena sebelumnya kapal pesiar Internasional maupun yacht sulit memasuki kawasan Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu, Pemerintah dan Operator Kapal Pesiar sepakat membangun pelabuhan Marina di Labuan Bajo, Agar kapal-kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara bisa singgah dan datang ke destinasi wisata Labuan Bajo.

Salah satu tujuan wisata adalah Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo. Wisatawan tertarik datang ke pulau tersebut untuk melihat kehidupan komodo di alam bebas. Pulau Rinca dapat didatangi dengan kapal cepat sekitar satu jam dari dermaga Pantai Waecicu, Kabupaten Manggarai Barat.

Pemerintah sedang berupaya mengembangkan kawasan Taman Nasional Komodo ke depan akan dibuat terpadu antara satu lokasi wisata dengan lokasi lainnya di NTT, termasuk Labuan Bajo. Selain itu, menimbang prinsip konservasi dan memperhatikan daya dukung Taman Nasional Komodo, agar tidak membahayakan lingkungan alamnya.

Demikian informasi mengenai pengembangan Pelabuhan Marina wisata Labuan Bajo agar bisa semakin mengenalkan destinasi pariwisata Indonesia. Mari dukung pengembangan Kawasan Pulau Komodo dan wisata Indonesia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *