Wisata Indonesia

Dimana Letak Pantai Menganti Kebumen dan Seperti Apa Kondisinya?

Pantai Menganti Kebumen adalah pantai yang terletak di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini adalah salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Pasir pantai berwarna putih dan ada panorama bukit serta tebing karst yang cantik.

Lanskap berbentuk bukit agak sulit untuk mengakses pantai ini. Sebelum mencapai pantai melalui jalan yang berputar, tetapi pemandangannya tetap luar biasa. Pegunungan Karst yang indah degan bentuk bukit kerucut dan laut yang terkadang tampak selama di atas jalan yang melewati bukit.

Pantai Menganti Kebumen dijuluki Selandia Baru Indonesia. Karena pemandangan yang disajikan pantai indah yang bikin takjub. Suasana pantai yang cantik dengan pasir putih dikombinasikan dengan Samudra Biru Samudra Hindia, batu karang dan dibentengi dengan bukit -bukit hijau.

Daya Tarik Pantai dan Asal Kata Pantai Menganti Kebumen

Nama Menganti datang dari kata “menanti”. Diceritakan bahwa ada panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pantai selatan karena kisah cinta dengan pacarnya tidak disetujui oleh raja.

Mereka berjanji untuk bertemu di pantai ini. Tetapi setelah waktu yang lama, panglima itu menunggu, pacarnya tidak pernah datang. Dia juga terus setia sambil menunggu bukit -bukit hijau ini sambil melihat lautan.

Legenda lain tentang asal usul nama Menganti selalu dikaitkan dengan menanti. Kali ini, kisah itu menceritakan persahabatan salah satu dari Wali Songo, Sheikh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) dengan Sheikh Subakir.

Pasir Pantai Menganti ada di Sisi Barat. Area ini adalah digunakan pantai nelayan. Pada siang hari, banyak perahu nelayan berlabuh di pantai. Di pantai nelayan, ada banyak warung makanan dan kamar mandi untuk pengunjung.

Di sekitar Tanjung tersebar batu yang berserakan menjadi letusan gunung berapi tua purba. Pengunjung umumnya mengabadikan keindahan Pantai Menganti dari atas Tebing Keteb Widadari. Dari puncak tebing, wisatawan dapat melihat bahwa pemandangan pantai dilengkapi dengan bukit hijau, dengan pasir putih dan air jernih.

Wisatawan Bisa Berenang di Pantai Menganti

Wisatawan yang ingin berenang di pantai Menganti, jangan lupa menyiapkan baju pantai dan juga pelampung keselamatan. Bermain di pantai dan merasakan deburan ombak kalau tidak bisa berenang. Jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan keluarga saat berenang di pantai.

Karena ini adalah bagian dari pantai selatan, pantai ini memiliki gelombang yang cukup kuat. Dengan demikian, berenang di pantai juga dapat memberikan sensasi indahnya laut dan ombak yang menarik.

Menikmati Panorama Pantai dari Bukit Gazebo

Wisatawan dapat menjelajahi wilayah bukit di sebelah timur-selatan Pantai Mgnanti. Untuk pergi ke sana, ada transportasi gratis.

Bukit itu berada di Tanjung Karangbata dan sering disebut bukit gazebo. Gazebo dapat digunakan untuk beristirahat dengan pengunjung sambil menikmati panorama laut yang dikombinasikan dengan pegunungan hijau. Untuk dapat beristirahat di pondok, pengunjung tidak perlu membayar.

Di sekitarnya, ada lembah Menguneng yang merupakan area di atas ketinggian, mulai dari sepeda yang digantung hingga balon udara. Pilihan lain cukup duduk di rumput sambil menikmati angin pantai yang segar dan menyenangkan.

Spot Foto Jembatan Merah

Ada juga beberapa tempat foto yang telah dibangun, salah satunya adalah jembatan merah. Sesuai dengan deskripsi, jembatan berwarna merah dan berdiri di atas batu karang.

Jembatan merah berjarak sekitar 300 meter dari pantai dan merupakan lokasi foto yang paling sering dikunjungi dan terletak di dekat pantai membuat pemandangan yang indah.

Angin laut yang segar juga bisa dirasakan dari jembatan ini. Di jembatan ini, ada juga banyak wisatawan yang mengambil foto bersama keluarga dan juga kerabat.

Mencoba Wahana Balon Udara

Pantai Menganti juga memiliki destinasi lain seperti sepeda gantung dan balon udara. Dengan membayar Rp. 15.000, wisatawan dapat menikmati pantai dari atas sepeda atau balon udara.

Pengunjung juga dapat membawa makanan ringan saat berada di atas, karena pantai ini masih tidak dapat menyediakan pantai yang cukup beragam. Adrenalin wisatawan juga akan diuji saat mengendarai kendaraan ini, jadi pastikan tubuh dalam kondisi sehat.

Alamat Pantai Menganti Kebumen

Lokasi Pantai Menganti kalau diukur dari pusat kota Kebumen agak jauh. Untuk tiba di pantai Kebumen ini, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 46 kilometer. Berbeda dengan akses ke lokasi pantai Menganti dari Kecamatan Gombong, dari kecamatan ini, jarak yang dibutuhkan untuk mencapai pantai Menganti hanya 35 kilometer.

Ada beberapa rute yang bisa dilewati ke pantai Menganti. Contohnya, jika Anda berasal dari arah Kota Kebumen, rute yang biasa adalah rute ke Kota Kebuen di selatan ke Petanahan. Lalu, perjalanan berlanjut ke Puring. Lalu Karangbolong di desa Karangduwur dan tiba di lokasi pantai Munganti.

Setelah tiba di tempat parkir, wisatawan harus mendaki beberapa langkah untuk sampai ke pantai. Di sebelah timur, dapat terlihat Panorama Tanjungbata. Lokasinya menjorok ke laut, mirip dengan yang ada di Uluwatu dan Nusa Penida.

Artikel menarik lainnya: Wisata Kali Bening Jepara, Tiket Masuk dan Jalan ke Lokasi Destinasi dengan Pemandangan Sungai

Harga Tiket Pantai Menganti Kebumen

Biaya tiket masuk Pantai Menganti  cukup murah dengan biaya liburan dengan segala keindahan alam yang istimewa. Berikut harga tiketnya:

Harga Masuk      Rp 10.000

Harga Parkir        Gratis

Dengan harga yang cukup murah, wisatawan bisa bermain di pantai dan berfoto instagramable.

Demikian informasi mengenai Dimana Letak Pantai Menganti Kebumen dan Seperti Apa Kondisinya. Mari berlibur dan tetap berhati-hati ketika berada di pantai tempat wisata Indonesia ini.

Artikel menarik lainnya: Ide Road Trip Wisata Bali 3-4 Hari yang Patut Dipertimbangakan Liburan Bersama Teman  dan Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *