Wisata Indonesia

Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta Wisata Alam Belum Banyak Diketahui Wisatawan

Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta adalah wisata alam yang cantik dan masih tersembunyi.  Pantai ini masih sepi pengunjung. Sehingga akan nyaman dengan tenang menikmati pantai yang tidak begitu ramai.

Pantai Mbuluk berada di sebelah timur Pantai Baron. Jika dari dari kota  Yogyakarta  ke lokasi pantai akan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Akses menuju pantai Mbuluk juga sangat mudah. Wisatawan bisa melakukan perjalanan menggunakan mobil sendiri maupun sepeda motor.

Kondisi jalan yang sudah terbilang bagus dan nyaman.  Tidak perlu khawatir dengan kondisi jalanan yang berbatu. Kalau pun ada hanya ada di area pembelian tiket masuk parkir. Dari area parkir ke lokasi pantai bisa cukup berjalan kaki 5 menit saja.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Mbuluk Jogja yang tidak ramai membuat wisatawan dapat melakukan kegiatan dengan nyaman di sana. Apalagi belum banyak diketahui banyak orang, maka akan lebih banyak kegiatan yang bisa dieksplore di kawasan sekitar pantai.

Pantai Mbuluk menawarkan beberapa hal menarik yang bisa dilakukan, yuk di cek ya:

  1. Memandang dan menikmati suasana pantai Mbuluk  dengan desiran ombak pantai yang tenang dimana mata. Wisatawan akan disuguhi  dengan pemandangan laut yang khas di pantai ini yaitu dua karang besar yang mengapit pantai. Salah satu karangnya memiliki gua yang terdiri dari batuan keras dan tajam. Bermain disana bisa menjadi pengalaman yang menarik.
  2. Bermain pasir putih yang lembut. Ketika dijejak oleh kaki dan sangat bersih, serta ketika terkena cahaya matahari pasirnya tampak bercahaya dan bisa membuat betah bermain pasir lama-lama.
  3. Ombak yang relatif tenang menjadi pemandangan yang menyejukkan ddi pantai Mbuluk Jogja. Ombak yang tenang ini dikarenakan adanya dua karang besar, yang berfungsi sebagai pemecah ombak sehingga mampu menjaga dari deburan ombak besar.

Pantai yang Indah dengan Garis Pantai Hanya 25 Meter

Tahukah kamu, Pantai Mbuluk memiliki garis pantai sepanjang 25 meter. Selain asyik untuk bermain air wisatawan juga bisa mencari biota laut di karang-karang. Pantai ini memang sangat cocok untuk dijadikan pilihan utama bagi yang suka mengeksplorasi dan mencari ketenangan di pantai.

Pasir putih Pantai Gunung Kidul Yogyakarta Mbuluk yang bersinar saat terkena matahari membuatnya terlihat sangat cantik. Wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktifitas lain seperti bermain air atau memancing di dekat karang-karang. Walaupun demikian pengunjung tetap harus hati-hati ya karena ombak di pantai selatan terkenal keganasannya khususnya pada sore hari.

Apabila kamu tertarik mencari biota laut, di sekitaran permukaan karang akan bisa kita temukan bintang laut, ikan-ika kecil, rumput laut dan ekosistem laut lainnya. Bagi yang suka nongkrong di pinggir pantai, ada tersedia tempat nongkrong yang asik yang menyediakan gazebo, serta meja dan kursi dekat area tebing.

Wisatawan bisa melihat pemandangan laut dari atas tebing dan cukup membayar Rp 3000 saja untuk masuk menuju tebing. Nikmati pemandangan nan indah dan banyak tempat swafoto yang tersedia dan sangat instagramable.

Lokasi Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta

Alamat Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta berada di Desa Kemadang, Kecamatan tanjungsari, kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Perjalanan yang memakan waktu 2 jam dan akan terlihat pemandangan khas Gunung Kidul yang berkelok-kelok dan terus menajak.

Untuk mencapai Pantai Mbuluk belum ada transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah dengan rute ini. Sehingga hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Dari Pantai Baron, sebelum pintu masuk pantai Kukup akan ada jalur ke kanan menuju Pantai Mbuluk.  Kondisi jalur menuju pantai ini belum sepenuhnya teraspal namun tetap bisa dilalui dengan nyaman karena masih berupa tanah.

Pantai Mbuluk masih tergolong eksotis karena belum terjamah banyak wisatawan. Sehingga fasilitas yang tersedia juga masih minim. Terdapat 1  sampai 2 warung yang menyediakan aneka jajanan dan kopi. Adapula sebuah toilet umum jika ingin buang air. Untuk masuk wilayah pantai ini tarif parkir ditentukan oleh kendaraan apa yang digunakan. Kendaraan motor 2 sebesar Rp. 3.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000 saja.

Artikel menarik lainnya: Aplikasi e-Tiket Cara Pemesanan Online Tiket Wisata Surabaya Melalui tiketwisata.surabaya.go.id

Menginap di Pantai Mbuluk Jogja

Bagi pegunjung yang berniat menikmati pantai sambil menginap, ada  tempat menginap yang menarik dan menonjol di Pantai Mbuluk. Namanya Panginapan Acaya Ayu. Ruangan Kamar merupakan bangunan kayu dan berada di tebing perbukitan karst.

Penginapan yang unik dan menarik, karena sengaja dibuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti kayu dan juga bambu. Ketika membuka pintu dari kamar maka pengunjung bisa menikmati bentangan pantai Mbuluk. Dari sebelah timur terlihat Pantai Ngrawe atau dikenal masyarakat lokal sebagai Pantai Mesra.

Adapun fasilitas dari penginapan Acaya Ayu Adalah 6 kamar; 5 kamar biasa dan 1 kamar untuk keluarga. 3 kamar diantaranya memiliki kamar mandi dengan konsep terbuka, tetapi terjaga keamanannya. Pemandangan di depan pondok ini bisa digunakan untuk berswafoto dengan pemandangan lautan Samudra Hindia.

Berikut adalah harga sewa kamar yang ditawarkan oleh penginapan Acaya Ayu, yaitu:

  1. Kamar biasa
  • Hari biasa, sewa kamar berkisar antara Rp. 400.000 per malam
  • Hari Libur/weekend, sewa kamar berkisar antara Rp. 500.000 per malam
  1. Kamar keluarga
  • hari biasa, sewa kamar sekitar sekitar Rp. 800.000 per malam
  • hari libur, sewa kamar sekitar Rp. 1.000.000 per malam

Di Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta, ada penginapan lainnya yang rata-rata bentuknya berupa pendopo dan harga sewa yang tidak jauh berbeda. Bagi kamu yang suka wisata di pantai, Pantai Mbuluk bisa manjadi salah satu pilihan. Saat masa pandemi, tetap jaga protokol kesehatan dan kebersihan. Selamat berlibur dan menikmati pemandangan di pantai.

Artikel menarik lainnya: Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja Tempat Wisata Instagramble di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *