Wisata Indonesia

Objek Wisata Setigi Gresik Destinasi Bekas Tambang di Jawa Timur

Penamaan objek wisata Setigi Gresik adalah singkatan dari Selo Tirto Giri yang memiliki arti batu, air, dan bukit. Tiga elemen yang menjadi bagian penting penduduk Sekapuk. Pemdes Sekapuk mengubah bukit kapur lama di daerah wisata Setigi yang menjadi disukai oleh generasi muda saat ini.

Tujuan wisata gresik ini memiliki konsep wisata yang merupakan campuran dari pariwisata panorama alami dan dan bekas tambang. Dengan keunikan ini, banyak wisatawan di dalam dan di luar wilayah ini tertarik untuk mengunjungi Setigi Sekapuk.

Destinasi wisata Sekapuk Gresik, yang secara resmi dibuka pada 6 Juni 2020, terbukti mampu mendatangkan banyak wisatawan. Ini terlihat setiap hari atau ketika dimulai musim liburan, pariwisata akan penuh dengan pengunjung.

Sekilas Objek Wisata Setigi Gresik Destinasi Bekas Tambang

Pada tahun 2020, Wisata Setigi mulai dibuka dan dikelola oleh Bumdes Sekapuk milik penduduk desa setempat bekerjasama dengan pemerintah desa. Area objek wisata ini mencapai sekitar 5 hektar yang, sejauh ini, hanya berhasil 50%, tetapi akan dikembangkan.

Fasilitas yang akan dibangun termasuk perkemahan, kolam renang, dinding penghubung serta bangunan serbaguna. Destinasi ini memiliki suasana segar yang khas dari gunung dan juga keindahan alami yang tak tertandingi. Objek Tourist Setigi memang merupakan daya tarik khusus bagi wisatawan.

Spot Menarik Objek Wisata Setigi Gresik

Tempat -tempat menarik terdapat di wisata Setigi Gresik ini, antara lain gerbang gaib, Goa Pancawarna, patung Semar, candi topeng, rumah mengambang dan monumen Setigi. Ada apa saja di Setigi?

Di tempat ini, ada juga jembatan yang melintasi kolam yang sengaja dibangun untuk memperindah lokasi, jembatan itu bernama Jembatan Peradaban. Di ujung jembatan, wisatawan akan menemukan bangunan tradisional Papua Honai. Bangunan yang unik untuk dilihat wisatawan.

Fasilitas wisata ini juga menawarkan foto yang indah dan tempat-tempat yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto. Spot foto ini meliputi, patung -patung Dwirapala, patung-patung Nogo Giri Pancoran, patung Gupala, minitatur masjid Persia, berbagai bentuk patung di sisi tambang batu kapur dan objek menarik lainnya.

Karena lokasi sangat luas, pengunjung dapat mengelilingi lokasi wisata dengan menyewa mobil sepeda gunung atau jalur sepeda motor sehingga tidak terlalu lelah dan lebih santai. Ketika puas melihat semuanya, wisatawan dapat beristirahat dan memesan makanan di warung makan di sekitar tempat wisata Gresik ini.

Wisata Alam Setigi Gresik, Java Timur, tempat wisata ini menawarkan keindahan alam dengan bangunan luar biasa dan memiliki tempat foto yang instagramable.

Tiket Masuk Wisata Setigi Gresik

Berapa tiket masuk wisata Setigi? Untuk memasuki lokasi wisata Setigi Gresik, pengunjung membayar tiket masuk dengan 2 kategori, yaitu orang dewasa dan anak -anak. Berikut tiket yang harus dibayar:

  • Pengunjung dewasa: Rp 15.000
  • Pengunjung anak -anak Rp 10.000, –
  • Parkir mobil Rp 10.000
  • Parkir motor Rp 5.000

Jam buka wisata Senin – Jumat adalah pukul 08.00-17 wib atau sabtu minggu dari jam 8 pagi hingga 6 sore.

Artikel menarik lainnya: Bukit Ongakan Kediri Gunung Kelud Menikmati Wisata Alam dari Gardu Pandang

Lokasi Wisata Setigi Gresik Jawa Timur

Dimana letak Setigi? Wisatawan dapat mengunjungi iwisata Setigi Gresik di Kampung Solok, desa Sekapuk, Ujung Pangkah Gresik. Lokasi dapat dengan mudah didatangi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya melalui Jlaan Tuban – Gresik. dengan jarak sekitar 34,4 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 55 menit.

Daya tarik dari Wisata Setigi Gresik ini semakin populer di kalangan wisatawan karena menawarkan pemandangan berbeda dari sebagian besar objek wisata lainnya. Pemandangan utama penuh dengan batu kapur besar dan batu kapur putih yang mengesankan dan semakin eksotis.

Demikian informasi  mengenai objek wisata Setigi yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur bersama teman-teman dan keluarga. Mari liburan dan jangan lupa bahagia.

Artikel menarik lainnya: Wisata Alam Pinus Sidomulyo Jember Destinasi Alam dan Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *