Fri. May 17th, 2024
    Objek Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam Sumatera Barat. IG @subanbanyObjek Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam Sumatera Barat. IG @subanbany

    Puncak Lawang Sumatera Barat adalah tempat wisatawan untuk melihat keindahan Danau Maninjau dari ketinggian dan udara yang sangat dingin. Serta menawarkan pesona alami yang sangat indah. Di daerah ini, ada juga zona lapangan yang dapat digunakan oleh lesehan keluarga.

    Destinasi wisata berada di ketinggian lebih dari 1.200 mdpl, bisa melihat panorama Danau Maninjau dan tampak jelas karena tidak tertutup dengan kabut. Kemudian, sebelum tengah hari, sinar matahari akan memecahkan kabut.

    Objek wisata Puncak Lawang telah berdiri dari era kolonial Belanda. Di masa lalu, Puncak Lawang telah digunakan sebagai tempat liburan Meneer dan noni Belanda dan pada waktu itu dikenal sebagai “RUMAH BOLA”.

    Daya Tarik Puncak Lawang Sumatera Barat

    Panorama Danau Maninjau terlihat dari Puncak Lawang. Pohon-pohon yang mengelilingi danau juga menambah daya tarik tempat wisata alam ini.  Momen terbaik Puncak Lawang adalah di siang hari, karena di pagi dan sore hari sering turun kabut.

    Puncak Lawang memiliki tempat foto alami karena daerah ini dikelilingi oleh pohon pinus dan menghadap Danau Maninjau. Kedua area tersebut dapat digunakan sebagai latar belakang saat mengambil foto.

    Pengunjung yang ingin memiliki foto Alam yang indah dapat mengunjungi taman di Adventure Park Agam. Taman ini memiliki banyak tanaman hijau dan beragam bunga.

    Spot foto rumah unik ini terletak di tengah taman sehingga cukup mencolok di antara warna hijau. Rumah yang unik bisa menjadi tempat foto bagi pengunjung. Bentuknya seperti rumah hobbit tetapi lebih modern. Rumah yang dirancang dengan konsep Eropa.

    Tempat Wisatawan Melihat Danau Maninjau

    Danau Maninjau adalah danau paling populer yang sering didatangi pengunjung yang berkabut. Pengunjung yang ingin menikmati Danau Maninjau harus berjalan mendaki. Panorama Danau Maninjau terlihat sempurna terlihat dari puncak bukit.

    Permukaan air biru mencerminkan gambar awan di langit. Ditambah dengan bukit -bukit hijau di sekitar danau sangat menawan. Sementara itu, hawa Puncak Lawang yang dingin menambah kenyamanan untuk bertahan menikmati keindahan lingkungan alam.

    Ada juga perahu besar di tepi danau yang menjadi spot foto yang unik bagi pengunjung. Kapal ini terbuat dari susunan bambu yang dihiasi dengan ban bekas. Ujung perahu yang mengarah ke danau akan memberikan foto dengan background Danau Maninjau

    Bermain Paralayang Objek Wisata Puncak Lawang Sumatera Barat

    Paralayang menjadi salah satu Kegiatan yang dilakukan di daerah wisata ini adalah paralayang. Pengunjung dapat memanfaatkan kegiatan paralayang disertai dengan panduan untuk dapat menikmati keindahan Kabupaten Agam.

    Saat bermain paralayang, pengunjung akan disajikan dengan 44 Kelok dan Danau Maninjau di ketinggian. Puncak Lawang juga merupakan daerah paralayang terbaik di Asia Tenggara. Beberapa acara paralayang internasional juga berlangsung di sini.

    Tersedia Wahana Outbond

    Fasilitas outbond yang disediakan cukup lengkap dan dikelilingi oleh lanskap alami yang luar biasa. Kegiatan seperti paralayang, trekking, pelatihan dan kegiatan outdoor lainnya.

    Permainan keluar ini termasuk Flying Fox, jembatan goyang dan panjat tali. Setiap wisatawan yang ingin memanfaatkan permainan ini akan ditagih biaya setiap satu kali kegiatan. Ada juga biaya paket untuk wisatawan yang ingin merasakan semua permainan outbond.

    Pembuatan Gula Merah Tenaga Kerbau

    Puncak Lawang  adalah kawasan perkebunan tebu dan kilang gula merah. Petani Agam tidak hanya berkebun dengan tebu, tetapi mereka juga menghasilkan gula merah. Di sini, wisatawan dapat melihat proses pembuatan gula merah, penggilingan yang selalu menggunakan kerbau dan peralatan tradisional lainnya.

    Sebelum tebu diubah menjadi gula, harus ditekan terlebih dahulu. Nah, di sinilah peran kekuatan kerbau untuk menggiling tebu sampai air dari tebu keluar. Gula merah ini juga dapat digunakan sebagai oleh-oleh, terutama untuk wisatawan yang berasal dari luar kota.

    Harga Tiket Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam Sumatera Barat

    Tiket masuk wisata alam sumatera Barat mulai dari harga Rp20.000 per orang.

    • Senin-Sabtu Rp20.000
    • Tiket Masuk Minggu Rp25.000

    Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Kasongan Daerah Penghasil Gerabah di Bantul Yogyakarta

    Alamat Objek Wisata Puncak Lawang Sumatera Barat

    Lokasinya terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat. Apabila pergi dari Bukittinggi tepatnya setelah daerah Matua. Kalau datang dari Lubuk Basung setelah kelokan 44.

    Dari Bukittingi, Puncak Lawang memiliki jarak sekitar 24,5 km atau 55 menit menggunakan kendaraan. Perjalanan dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil.

    Demikian artikel tentang Objek Wisata Puncak Lawang Sumatera Barat Tempat Melihat Danau Maninjau. Ada fasilitas pendukung yang tersedia, seperti area parkir, toilet, dan mushola terdapat di beberapa titik. Ada pula warung penjaja makanan, café dan restoran tempat untuk membeli makanan.

    Artikel menarik lainnya: Damar Langit Resort Cisarua Bogor Tempat Wisata Glamping dan Pemandangan Citylight

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *