Menjelajahi Tempat Mistis Wisata Gelang Puri Mojokerto Terdapat Pohon Besar

Menjelajahi Tempat Mistis Wisata Gelang Puri Mojokerto Terdapat Pohon Besar

Wisata Gelang Puri Mojokerto dikembangkan menjadi destinasi  pariwisata berbasis kearifan lokal di kecamatan Puri kabupaten Mojokerto. Potensi yang bisa dimebangkan dari situs sejarah, kuliner khas, sumber daya alam, dan  adat istiadat masyarakatsetempat.

Wisata Gelang Puri merupakan destinasi yang memanfaatkan ruang terbuka hijau yang dikelola oleh Pemerintah Desa Puri. Meskipun pembangunan belum selesai, tetapi sudah ada beberapa fasilitas yang sudah bisa dinikmati pengunjung. Tempat ini sudah melakukan soft opening sejak tanggal 5 Mei 2023.

Artikel menarik lainnya: Wisata Silowo Merakurak Tuban Ekowisata Menyusuri Sungai dengan Kano

Cerita Menarik Tentang Latar Belakang Wisata Gelang Puri Mojokerto yang Erat dengan Kepercayaan Masyarakat Lokal

Di sini terdapat Punden Desa Gelang Puri! Posisi di tengahnya ada pohon Gelang Puri yang kabarnya telah tumbuh lebih dari seribu tahun. Desa Puri memiliki potensi alam yang menarik sekali dan penuh nuansa mistis, yaitu pohon besar yang sudah ratusan tahun umurnya.

Pohon itu bernama Gelang, dan menjadi potensi wisata alam yang yang dikembangkan penduduk setempat. Sehingga, menjadi tujuan wisata desa yang kental sama kearifan lokal. Menariknya di bawahnya terdapat beberapa batu gede dari batu andesit.

Batu-batu tersebut disebut “gelang”, yang artinya “besar”. Makanya, orang-orang di Desa Puri dari dulu menyebut pohon itu “Pohon Gelang”. Tahukah kamu, Pohon Gelang ini berdiri di area lahan satu hektar yang punya Desa Puri. Adapaun diameter pohonnya sekitar 5 meter, dan tingginya kira-kira 30 meter. Sehingga, membuat  pohon Gelang terlihat besar sekali dibandingkan pohon-pohon di sekitarnya.

Sejarah Keberadaan Pohon Gelang di Mojokerto

Ceritanya tentang pohon gelang ini dijelaskan turun temurun di desa Puri dari generasi ke generasi. Jadi, ceritanya berasal bapak, kakek, dan buyut.

Ada sebagian orang desa yang percaya kalau pohon itu sudah tumbuh dari zaman kerajaan “Keling” di Kediri. Cerita berbeda menjelaskan kalau pohon gelang udah ada dari jaman kerajaan “Majapahit”.

Selain itu, ada pula yang menyatakan pohon gelang sudah tumbuh besar dari jaman penjajahan Belanda. Hingga sekarang, tidak tahu umur pohon gelang ini berapa.

Bicara tentang hubungan budaya masyarakat dengan pohon gelang, jika ingin mengungkapkan hajat atau keinginannya ke Tuhan Yang MahaKuasa, mereka melakukan acara “Barikan” di bawah pohon gelang.

Misalnya, cara khitan, nikahan, syukuran, atau hajatan lainnya. Sehingga, pohon ini dinilai memiliki aura mistis yang kuat.

Jadi, tempat berdoa dengan harapannya supaya keinginan kita dikabulkan. Tiap ada hajatan, masyarakat sekitar Desa Puri selalu pake pohon gelang buat ritual untuk berharap kepada yang maha kuasa.

Terdapat Pujasera Wisata Gelang Puri Mojokerto

Di tempat wisata ini, terdapat Pujasera WGP, jadi nanti pengunjung bisa pesen makanan di gerai makanan. Pemesanan makananan nanti diantar ke tempat duduk yang lesehan gitu. Pusat kuliner terdapat 12 gerai dengan ragam makanan. Ada makanan ringan, makanan berat, dan macem-macem minuman.

Selain makan di area wisata, wisatawan bisa puas  foto-foto di lampu-lampu unik yang dipajang berderetan di sana. Buat anak-anak, ada banyak permainan seru yang bisa dimainin gratis di area utama wisata Gelang Puri. Di sekitar permainan juga banyak bangunan yang dalam proses pembuatan.

Terdapat Air Mancur Tempat Berfoto

Di sebelah kiri area wisata ini, ada air mancur yang ditulis “WGP” buat jadi spot foto keren. Tempatnya luas sekali. Direncanakan nantinya bakal ditambahin ATV, agrowisata, dan tempat camping yang punya view Gunung Penanggungan.

Dari Tempat wisata Gelang Puri, wisatawan bisa melihat pemandangan keren Gunung Penanggungan. Disana terdapat gapura besar sebagai latar buat foto-foto.

Harga Parkir yang Datang Berkunjung Tempat Wisata Mojokerto

Tiket parkir di tempat Wisata Gelang Puri Mojokertountuk sepeda motor adalah Rp3 ribu dan untuk parkir mobil adalah Rp5 ribu. Wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas lain toilet, kolam renang, ruang ganti, gazebo, mushola, dan lain sebagainya.

Artikel menarik lainnya: D’Legenda Banjarbaru Tempat Wisata Baru dan  Instagramable

Lokasi Wisata Gelang Puri Mojokerto

Alamat Pohon Gelang berda di Dusun  Tegalsari, Desa Puri, Kecamatan Puri, Kab. Mojokerto. Lokasi pohon yang dinilai keramat bagi warga sekitar.

Demikian artikel tentang Menjelajahi Tempat Mistis Wisata Gelang Puri Mojokerto. Kalau mau makan enak sembari melihat pemandangan sekitar bisa datang ke tempat wisata ini.

Artikel menarik lainnya: Bebek Kaleyo Grand Wisata Tempat Makan Enak di Kabupaten Bekasi

admin

One thought on “Menjelajahi Tempat Mistis Wisata Gelang Puri Mojokerto Terdapat Pohon Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *