Sat. Apr 20th, 2024
    Danau Ranu Agung ProbolinggoDanau Ranu Agung Probolinggo

    Letaknya yang tersembunyi di kaki Gunung Lemongan, Danau Ranu Agung memiliki pesona alam yang memukau dan menyejukkan jiwa. Danau ini berada di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

    Ranu Agung karena danau ini adalah yang terbesar dibandingkan dengan lain di sekitarnya. Keindahan danau ini masih alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan.

    Dengan luas mencapai 133 hektar, Danau ini adalah danau terbesar di sekitarnya. Ketinggiannya mencapai 525 Mdpl, danau ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang memperkuat kesan alaminya.

    Artikel menarik lainnya: Potensi Wisata Desa Friwen Permata Tersembunyi di Raja Ampat

    Daya Tarik Danau Ranu Agung

    Salah satu daya tarik utama Danau Ranu Agung adalah kejernihan airnya dan berwarna biru kehijauan yang menenangkan. Dikelilingi oleh pegunungan hijau yang menghijau, danau ini juga disertai pepohonan rindang di tepiannya, dengan suasana yang menyejukkan. Air danau ini dipertahankan oleh empat mata air, sehingga danau tetap mempertahankan volume airnya pada musim kemarau.

    Bagi para penggemar memancing, Danau ini memiliki berbagai jenis ikan seperti mas, nila, dan lele dapat ditemukan di dalamnya.

    Selain memancing, wisatawan dapat menikmati aktivitas berperahu getek di sekitar danau. Perahu getek, yang terbuat dari bambu, adalah sebagai cara yang menyenangkan untuk menikmati danau sambil merasakan angin sepoi-sepoi.

    Kegiatan Berkemah di Ranu Agung

    Bagi pengunjung yang ingin merasakan petualangan lebih dekat dengan alam, tersedia area camping ground di tepi danau. Pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di lokasi. Selain itu, Danau Ranu Agung juga menjadi tempat ideal untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam. Pemandangan ini sungguh memukau dan tidak boleh dilewatkan.

    Dikenal dengan panorama alamnya yang memesona, Danau ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi tumbuhan hijau. Tebing-tebing tersebut, dengan panjang mencapai kurang lebih 70 meter, memberikan kesan yang memukau, hampir mirip dengan pohon beringin.

    Lokasi dan Fasilitas Danau Ranu Agung Probolinggo

    Danau ini berada di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ketika melakukan perjalanan menuju ke sana terasa menantang dengan jalan berliku dan menanjak.

    Pada akhirnya, rasa lelah akan terbayar lunas saat melihat panorama danau yang memukau. Berjalan di tepi danau, merasakan udara segar, dan berfoto dengan latar belakang alam yang memesona.

    Tiket Masuk Danau Ranu Agung

    Tiket Danau Ranu Agung membayar tiket seharga Rp5.000 per orang. Jam operasional buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Selain itu, bisa naik perahu getek, biayanya sekitar Rp10.000 per orang, tanpa batasan waktu pemakaian.

    Tips Mengunjungi Danau Jernih ini

    Jika berwisata ke danau ini, pakai kendaraan yang prima karena medan menuju danau cukup terjal. Bawalah air minum dan makanan ringan secukupnya. Lalu, pakai baju yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas outdoor.

    Jadi, Danau Ranu Agung adalah sebuah permata tersembunyi di Jawa Timur. Dengan keindahan alamnya, danau ini menjadi tempat ideal untuk berlibur dan melupakan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Danau ini adalah destinasi yang sempurna untuk dikunjungi.

    Artikel menarik lainnya: Berwisata Air Terjun Grenjengan Pacet yang Sejuk di Mojokerto

    One thought on “Menjelajahi Keindahan Alam di Danau Ranu Agung Probolinggo”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *