Wisata Indonesia

Mengenal Pantai Payangan Jember Wisata Ritual Membawa Maut dan Mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Payangan Jember menjadi hot news setelah diberitakan 11 orang tewas akibat terseret ombak. Mereka diduga sedang menjalani ritual pada hari Minggu (13/2/2022 dini hari. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini kerap menjadi tempat ritual gaib terhadap penguasa laut seperti Nyi Roro Kidul.

Pantai ini bisa dikatakan sangat menarik sebagai tempat wisata di kawasan Jember dan cukup diminati banyak wisatawan. Kalau pergi ke sana, Pantai Payangan bisa langsung mendatangi lain, yaitu Pantai Papuma dan pantai Watu Ulo. Jadi datang ke satu pantai, 3 pantai sekaligus terlampuai. Lalu, apa yang menjadi ciri khas dari destinasi wisata di Jember ini?

Daya Tarik Wisata Pantai Payangan Jember  Dari Keindahan Pantai dan Mitos Dibaliknya

Pantai Payangan memiliki ciri khas terdiri dari 4 pantai 3 bukit dan 1 pulau. Kondisi pantai dengan pasir hitam dan tiga bukit tersebut di hiasi padang rumput dan panorama alam yang indah, termasuk kondisi sunset bikin suasana syahdu.

Tempat wisata Jember ini tempat yang tepat untuk bermain pasir pantai dengan udara dan hembusan angin sepoi-sepoi. Nah, bagi yang ingin mengurangi rasa penat, datanglah berlibur ke pantai ini. Wisatawan bisa menikmati kegiatan berenang dan merasakan air laut yang segar.

Tetapi harus berhati-hati, karena dalam waktu tertentu ombak bisa tinggi dan berbahaya bagi pengunjung. Ikuti pula peringatan dari penduduk lokal, jika dilarang mendekati laut, maka turuti saja dan jangan berenang.

Mitos Pantai Payangan Jember Tempat Bersemanyam Nyi Roro Kidul

Banyak pengunjung datang dengan tujuan ingin melakukan ritual mistis. Pantai Payangan Jember dipercaya sebagai tempat keberadaan Nyi Roro Kidul. Mitos yang tak lepas dengan keberadaan pantai tersebut.

Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai sosok makhluk halus yang menguasai Pantai Selatan Jawa. Salah satu ritual yang bisa dilakukan adalah larung sesaji ke laut berupa kepala kerbau atau hasil bumi. Tujuan dilakukan ritual adalah menolak bala dan ingin mendapatkan rezeki.

Ritual ini sering dilakukan sampai sampai berendam di pantai. Namun, dinilai sangat berbahaya dan sering dilarang warga lokal karena bisa menghilangkan nyawa. Seperti yang terjadi hingga 11 orang tenggelam.

Mitos lainnya yang dipercaya terkait dengan Pantai Payangan Jember adalah adanya pulau gaib dengan nama Pulau Trembini. Pulau tersebut dipercaya sebagai tempat yang terlarang bagi manusia. Bagi orang yang datang ke sana, tidak bisa kembali lagi atau hilang. Pulau gaib tersebut dipercaya berada di Laut Selatan Kabupaten Jember hingga Kabupaten Malang. Adapula yang akin lokasinya berada dekat Pulau Nusabarong.

Bukit Syarat Tempat Makam Pati Ulung

Kondisi Bukit Syarat adalah bukit karang yang terletak pada dua bukit yakni Bukit Semboja dan Bukit Seroyo. Di puncaknya terdapat makam tua seorang tokoh bernama Pati Ulung. Makam tersebut sering dijadikan tempat melakukan ritual. Orang yang datang berniat memperoleh kekayaan atau kesaktian ilmu kanuragan.

Harga Tiket Wisata Pantai Payangan Jember

Wisatawan yang datang ke Pantai Payangan tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Tiket yang dikeluarkan hanya Rp 5.000. Dari uang tiket terebut, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang indah.

Selain harga tiket Pantai Payangan Jember, wisatawan harus membayar parkir kendaraan Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil. Tempat wisata Kabupaten Jember ini bisa didatangi selama 24 jam.

Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Masuk Wisata Saloka Theme Park Semarang

Lokasi Tempat Wisata Jember

Alamat pantai ini berada di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu dan berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Jember atau membutuhkan waktu sekitar 55 menit. Rute ke wisata pantai Payangan ini bisa melalui arah Ambulu, ketika ketemu perempatan pergi menuju ke ke arah selatan. Lalui, ikuti jalur ke pantai Watu Ulo, lalu lurus terus sampai ke Payangan.

Demikian informasi mengenai Pantai Payangan Jember Wisata Ritual Membawa Maut dan Mitos Nyi Roro Kidul. Jika berlibur ke pantai ini niatkan cukup untuk berlibur bukan tujuan ritual untuk mendapatkan kekayaan dan kekuatan. Serta berhati-hati karena kondisi ombak pantai terkadang cukup tinggi.

Artikel menarik lainnya: Wisata Umbulan Tanaka Malang destinasi Bernuansa Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *