Melihat Alun-Alun Cianjur yang Cantik Dari Dekat

melihat alun-alun cianjur
melihat alun-alun cianjur

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi mencari tempat untuk menikmati pagi, datanglah dan mari melihat Alun-Alun Cianjur dari dekat. Alun-Alun yang identik dengan Masjid Agung Cianjur rupanya sudah selesai berbenah. Saya bisa katakan Alun-Alun Cianjur telah berganti wajah jauh lebih cantik.

Tidak heran kalau begitu banyak warga Cianjur menyambut mentari dan menikmati pagi yang pembangunannya digagas oleh Bupati sebelumnya yang terkena Operasi Tangkap Tangan setelah waktu subuh oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pembangunan Alun-Alun Cianjur dilakukan bersamaan dengan berbagai proyek penataan kota lainnya, seperti pembangunan trotoar, selokan, lampu jalan, dan pembangunan tugu yang menjadi penanda kota saat ini. Ada Tugu Ayam Jago, Tugu Tauco, Tugu Pandan Wangi, dan lain-lain. Pokoknya, enggak ada tugu di Cianjur enggak asik deh.

Jadi, jangan kaget kalau Cianjur yang sekarang bukan cianjur yang dulu. Bayangkan saja, Bupati-nya berganti, jalan di pusat kota semakin cantik, eh ada uang terbuka Alun-Alun Cianjur nan cantik.

Baca juga: Merekam Perjalanan di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh

Jangan Cuma Beli Tauco Kalau datang Ke Kabupaten Ayam Jago ini, Enggak Afdol Tanpa Melihat Alun-Alun Cianjur

Potret Masjid Agung dari Alun-Alun Cianjur. Foto: Sabumi Volunteer.
Potret Masjid Agung dari Alun-Alun Cianjur. Foto: Sabumi Volunteer.

Sebagai warga Cianjur yang merantau ke Sukabumi (alias ulin), saya turt bangga melihat Alun-Alun Cianjur yang Cantik ini. Setidaknya Kota Sukabumi saja enggak punya tempat sebagus itu.

Enggak kebayangkan di Cianjur juga punya rumput sintetis seperti Kota Bandung, anak-anak bisa berlari-larian, tertawa, lalu meringis ternyata kondisinya becek bekas air hujan.  Pokoknya, biar rumputnya palsu yang penting tampak berwarna hijau.

Bagi kamu yang mau melihat Alun-Alun Cianjur enggak usah takut nyasar, pesan aja Grab-Gojek. Dari mana pun asal kotamu pasti sampai. Ingat sekali lagi, pokoknya lokasinya persis satu kawasan dengan Masjid Agung Cianjur.

Lalu, apa yang bisa dilihat di Alun-Alun Cianjur? Kamu bisa melihat gerbang yang dibangun dengan pagar besi sangat tinggi. Dengan Gerbang sebesar itu, tetapi pengunjung malah masuk dengan pintu yang kecil di sebelahnya. Sepertinya gerbang itu bukan sebagai pintu masuk, tetapi hiasan semata.

Area Rumput Sintetis Tempat Anak-Anak dan Orang tua Berlarian dan Bersenda Gurau. Foto: Sabumi Volunteer.
Area Rumput Sintetis Tempat Anak-Anak dan Orang tua Berlarian dan Bersenda Gurau. Foto: Sabumi Volunteer.

Selanjutnya, berkelilinglah dan kalau sempat lihat semua sudut. Penampakan yang paling khas di Alun-Alun Cianjur adalah area dengan rumput sintetis tempat orang dewasa hingga anak-anak duduk dan tentu saja berlari-larian. Di Tengahnya, terdapat patung Alquran.

Bergerak sedikit, tak jauh dari area rumput sintetis tersebut, ada ruang terbuka yang dibangun seperti tempat pertunjukkan. Disekelilingnya didesain layaknya tempat duduk.

Ruang Terbuka Seperti Tempat Pertunjukan Alun-Alun Cianjur. Foto: Sabumi Volunteer.
Ruang Terbuka Seperti Tempat Pertunjukan Alun-Alun Cianjur. Foto: Sabumi Volunteer.

Ada pula menara yang cukup tinggi dilengkapi dengan jalan berupa jembatan yang bisa dinaiki oleh pengunjung. Kalau menaranya enggak tahu  bisa dinaiki atau tidak. Penampakan yang khas bisa dilihat di ruang publik Cianjur ini adalah tiang-tiang yang bentuknya seperti huruf alquran yang ditulisi huruf arab.

Leuit yang Cantik di Alun-Alun Cianjur. Foto: Sabumi Volunteer.
Leuit yang Cantik di Alun-Alun Cianjur. Foto: Sabumi Volunteer.

Nah, bagi kamu yang demen selfie jangan lupa berfoto di leuit yang biasanya digunakan untuk menyimpan hasil panen petani. Waktu Presiden Jokowi datang, leuit diisi berbagam jenis makanan. Untuk waktu kedepannya, leuit itu belum jelas akan dimanfaatkun untuk apa.

Baca juga: Menikmati Surga Wisata Curug Banteng Sukabumi

Ada Kolecer (Kotek Literasi Cerdas) Sebagai Tempat Membaca di Alun-Alun Cianjur

Membaca Buku Perpustakaan Mini Kolecer Cianjur. Foto: Arden Harahap.
Membaca Buku Perpustakaan Mini Kolecer Cianjur. Foto: Arden Harahap.

Tidak jauh dari bangunan beberapa leuit itu ternyata ada perpustakaan mini yang di dalamnya terdapat buku yang bagus sekali dan tergolong baru. Dari semua sudut tempat, perpustakaan mini yang disebut Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) menjadi lapak paling favorit. Anda dapat mengajak anak-anak membaca buku di sana. Ada tempat duduk di sekitarnya yang dicat warna warni. Jadi, biaca baca buku sekalian selfie-selfie. Ah sungguh apik bukan?

Kalau Anda tang ke tempat ini, baiknya sejak pagi hari saat mentari pagi lagi manis-manisnya dan cuaca belum begitu panas. Jangan lupa mengajak anggota keluarga ke tempat ini, biar banyak orang yang tahu Cianjur itu bukan hanya ada tauco dan slogan Cianjur Jago semata. Tetapi dapat melihat Alun-Alun yang cantik juga.

Ditulis oleh: Admin Sabumiku.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.