Wisata Indonesia

10 Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Mandalika Lombok

Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke NTB. Lombok bukan hanya kaya pantai yang indah dan kegiatan untuk para surfer saja, tetapi menikmati kuliner juga. Makanan yang biasanya dijual biasanya dengan citara rasa pedas.

Berikut adalah 10 kuliner pilihan khas Lombok yang bisa dicoba oleh wisatawan, Antara lain:

Plecing Kangkung Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi

Makanan ini terdiri dari kangkung rebus dan saus tomat yang dibuat dari campuran cabai rawit, garam, udang dan tomat. Kangkung Plecing menjadi terasa nikmat adalah kangkung khas Lombok berbeda dari apa tumbuh di Pulau Jawa.

Kuliner sayur kangkungini biasanya ditambahkan kacang goreng untuk mengurangi rasa pedas. Wisatawan bisa menemukan jenis kuliner ini di sebagian besar rumah makan yang ada di Lombok.

Kuliner Ayam Taliwang dari Bahan Ayam Kampung Muda

Kuliner Ayam Taliwang adalah salah satu hidangan Lombok yang paling populer. Ayam Taliwang umumnya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu goreng, panggang atau dibakar. Akan lebih baik jika memesan ayam kampung usia muda.

Kelezatan ayam Taliwang juga terletak di bumbu super pedas. Nah, apabila ingin merasakan kelezatan ayam Taliwang datan ke restoran yang menyediakan ayam bakar taliwang.

Sate Bulayak Dibungkus Daun Aren

Sate Bulayak adalah makanan yang enak berupa lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral. Untuk membuka harus gerakan memutar.

Satenya terbuat dari daging sapi dengan rempah-rempah khas Sasak. Cara memakannya dengan mencocolkan Bulayak ke bumbu sate yang telah disediakan. Para pedagang sate tidak menyediakan garpu dan sendok. Sate Bulayak bisa ditemukan di beberapa tempat wisata seperti Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi.

Nasi Balap Pucung

Makanan Nasi Balap Pucung merupakan kuliner khas yang bisa bikin ketagihan. Rasa pedas bisa membuat orang yang makan benar-benar ingin mencoba lagi. Nasi ini berisi irisan daging ayam parut yang diolah dengan cabai, kedelai, taburan udang kering, Abon dan dan belut goreng.

Ares Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi

Ares merupakan sayuran khas Lombok yang bahan-bahan utamanya berasal dari pelepah pisang muda. Rasa kuliner khas Lombok ini yang menggunakan santan cukup unik, lembut dan asin. Awalnya, dikonsumsi suku Sasak tradisional dan disajikan pada pernikahan sampai kemudian menjadi makanan khas Lombok. Ares lebih lezat jika dimakan ketika masih panas dengan sepiring nasi putih.

Sate Rembiga dengan Bahan Sapi nan Lezat

Sate Rembiga adalah sate yang sangat lezat terbuat dari sapi. Itu membuat kombinasi lezat, manis dan pedas. Penamaan Rembiga, karena awal sate ini datang dari desa Rembiga dekat bandara Selaparang. Meskipun banyak yang dijual di berbagai lokasi, tetapi penjual otentik adalah Warung Rembiga di Jalan Dakota Nomor 2 Rembiga.

Sate Tanjung Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi

Kuliner sate Tanjung berasal dari Ikan Cakalang atau ikan Langoan. Sate Tanjung sangat baik untuk dimakan ketika panas dengan nasi atau kue beras, tergantung pada rasanya. Rasa lezat daging dan santan berserta rempah-rempah pedas sangat terasa.

Campuran rempah-rempah dan ikan yang dibakar membuat tubuh merasa hangat dan bugar. Wisatawan bisa membeli Sate Tanjung di sekitar Pasar Terminal Tanjung.

Kuliner Lombok Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng Jaje Tujak dan Iwel adalah makanan khas Lombok di Hari Raya Idul Fitri. Hidangan ini terdiri dari 2 makanan yaitu poteng atau tapai dan jaje tujak atau tetel. Selain Poteng Jaje Tujak, ada Iwel yang merupakan camilan khas dari komunitas lokal.

Iwel adalah kue beras dari ketan hitam yang biasanya disajikan selama upacara tradisional masyarakat setempat. Tidak seperti makanan Lombok yang pedas, Iwel sebenarnya lunak dan manis. Makanan poteng jaje tujak dan Iwel bukan hanya saat lebaran atau upacara tradisional.

Bebalung yang Terbuat dari Tulang Rusuk Daging Sapi

Makanan Bebalung terdiri dari tulang rusuk daging sapi atau kerbau yang dicampur dengan ramuan rempah-rempah yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan Kunyit ditambah jahe.

Bebalung biasanya disajikan dalam mangkuk dengan taburan bawang merah goreng. Di Lombok, hidangan Bebalung yang paling terkenal di depot Kelebet di Jalan Hos Cokroaminoto dan selalu ramai. Bebalung dengan dagingnya sangat lembut yang mudah terlepas dari tulangnya.

Wisata Indonesia lainnya: Villa di Bali dengan Private Pool Penginapan Bulan Madu Romantis Bersama Pasangan

Beberuk Terong Jenis Kuliner Lalapan Segar

Kuliner Beberuk Terong adalah sejenis sayuran lalapan segar yang menjadi teman makan ayam Taliwang. Makanan ini sangat mudah untuk pengolahannya. Hanya dengan bahan terong ungu dengan potongan daru dan tomat.

Bumbu halus terdiri dari cabai merah keriting, cabai, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Lalu, siram bumbu ke atas terong ditambah perasan jeruk limau. Lalu rasanya akan terasa manis, asam dan menyegarkan.

Demikian informasi mengenai Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Mandalika Lombok. Ada banyak pilihan makanan yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Artikel menarik lainnya: Wisata Kawah Ijen Trip Tour Gunung di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *