Wisata Indonesia

Kepulauan Derawan Sebagai Obyek Wisata Indonesia di Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan adalah salah satu dari banyak pulau Kalimantan. Ada juga pulau-pulau kecil yang membentuk sekelompok Kepulauan Derawan. Karena pesona kondisi laut yang luar biasa, Derawan telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Kabupaten Berau, di Kalimantan Timur.

Kalimantan adalah pulau terbesar Indonesia dan yang terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan New Guinea. Kata “Kalimantan” berasal dari bahasa Melayu Kuno yang berarti “Sungai dari Diamond”. Bagian utara Kalimantan termasuk daerah Malaysia Serawak dan Brunei Darussalam.

Kalimantan adalah pulau yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Musim hujan biasanya terjadi sekitar November hingga April dan musim kemarau berlangsung dari Mei hingga Oktober. Namun, sekitar Kalimantan, kadang-kadang hujan turun sebelumnya dan setelah musim kemarau. Suhu udara rata-rata di Kalimantan Timur adalah kira-kira 25 derajat Celcius – 35 derajat Celcius.

Kota Persinggahan yang Dapat Didatangi Sebelum ke Kepulauan Derawan

Ketika mendatangi pantai Derawan rasanya tidak lengkap tanpa singgah di beberapa bagian kota Kalimantan Timur yang juga terdapat tempat wisata terkenal lainnya. Beberapa kota yang direkomendasikan untuk didatangi seperti Balikpapan, Berau dan Tarakan. Kapan waktu yang tepat ke Derawan? Sebaiknya kita liburan ke Kepulauan Derawan adalah April, Mei dan Juni. Selain itu, datanglah pada bulan September sampai Desember.

Tahukah kamu, Balikpapan terkenal sebagai daerah produksi minyak, seperti Pertamina mendominasi perusahaan di sana. Kota tersebut menghasilkan sebagian besar dari total produksi minyak di Indonesia. Ada banyak ekspatriat atau pekerja asing yang tinggal di kota Balikpapan, dan sebagian besar bekerja di perusahaan minyak lokal atau perusahaan minyak asing.

Pulau derawan terletak di mana? Kalau mau pergi ke Balikpapan, wisatawan dapat menggunakan layanan agen perjalanan untuk berhenti sejenak di beberapa tempat wisata seperti Crocodile Farm di Teritip, Kebun sayuran, pasar tradisional yang menjual kerajinan Dayak asli dan destinasi wisata kota lainnya di Balikpapan. Jangan lupa pula untuk makan di restoran seafood yang menyajikan kepiting saus cabai atau kepiting goreng bawang putih.

Berau. Kota ini memiliki filosofi kota yang dikembangkan dengan mengandalkan industri perdagangan dan kayu sebagai roda utama ekonomi lokal. Berau adalah salah daerah terdekat dengan hutan yang menyebar di daerah Kalimantan. Setelah Transit dari Berau, wisatawan bisa pergi ke pulau Derawan dengan menaiki perahu di sepanjang Sungai Berau.

Kedua sisi sungai berada di hutan bakau yang berisi berbagai tanaman mangrove tropis dan jika beruntung dapat melihat monyet hidung merah dan ular bakau. Perjalanan dapat memakan waktu sekitar 50 menit. Lalu, dibutuhkan satu jam dari 1 jam lagi untuk melalui sepanjang Pantai Mangrove Kalimantan untuk sampai ke pulau Derawan.

Tarakan. Daerah ini adalah pulau kecil yang berada di sebelah timur Kalimantan Timur, dekat Tawao, Malaysia. Daerah ini menjadi kota singgah terkenal yang melakukan perdagangan internasional antara Indonesia dan Malaysia. Kondisi tersebut membuat berdirinya banyak hotel baru di sana. Kemudian, diperlukan sekitar 3 jam  lagi ke pantai Derawan menaiki perahu ke Tarakan.

Pulau di Kepulauan Derawan Dapat Melihat Beberapa Hal

Sebagai kelompok pulau yang menarik, ada beberapa pulau di Derawan yang jangan sampai terlewatkan. Setidaknya ada empat pulau di Kepulauan Derawan, seperti Pulau Derawan, pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Di pulau Derawan, wisatawan dapat menemukan kura-kura ketika melakukan penyelaman di pulau Derawan. Kura-kura biasanya datang pada malam hari untuk melakukan produksi. Pulau Kakaban bentuknya seperti danau raksasa di tengah laut. Danau raksasa dipercaya sudah ada belasan ribu tahun lalu melalui proses geologi. Di pulau ini terdapat banyak titik penyelaman dan titik penyelaman paling terkenal adalah Barracuda. Selain itu, banyak pulau ditemukan ubur-ubur di lautnya.

Pulau Maratua menawarkan pertunjukan seperti Coliseum Roma. Jenis hewan laut yang ada di pulau ini seperti Barakuda, hiu biru, karang emas dan merah. Pulau Sangalaki biasanya wisatawan dapat melihat koloni ikan Pari Manta Ray. Ikan tersebut biasanya tidak terpengaruh akan kehadiran para penyelam. Namun tetap mesti berhati-hati karena kehadiarannya bisa mengejutkan. Ikan tersebut ukurannya bisa 3,5 meter sampai dengan ukuran raksasa yang panjangnya 6 meter.

Akses ke Pulau Derawan dari Jakarta

Apabila pergi dari Jakarta, naik dengan penerbangan ke Balikpapan dan melanjutkan ke Tanjung Redep, Berau. Lalu Dari Tanjung Redeep memakai perjalanan darat ke penyeberangan Tanjung Batu Crossing. Dari Tanjung Batu, pantai Derawan bisa memakai speedboat. Speedboat merupakan transportasi untuk medatangi Ke Derawan. Nah tunggu apalagi, mari pergi liburan ke pulau Derawan dan menikmati keindahannya.

Artikel menarik lainnya: 10 Tempat Wisata Museum di Jakarta Dari Menyimpan Uang sampai Wayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *