Sat. May 18th, 2024
    Keindahan Wisata Air Terjun Tejo Asmoro di Kabupaten Semarang. Sumber : https://travel.kompas.com/Keindahan Wisata Air Terjun Tejo Asmoro di Kabupaten Semarang. Sumber : https://travel.kompas.com/

    Air Terjun Tejo Asmoro adalah salah satu wahana rekreasi terpopuler di Semarang. Wisata satu ini berada di Desa Susukan dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Ungaran. Daya pikat utamanya adalah ketenangan, karena air terjun ini terletak di daerah terpencil. Artinya wisatawan dapat menikmati relaksasi dengan nyaman.

    Belum lagi wisata ini memiliki panorama yang menakjubkan terutama karena keberadaan berbagai tanaman. Ditambah lagi, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke lokasi. Artinya, tidak ada biaya tiket sama sekali.

    Nuansa Wisata Air Terjun Tejo Asmoro

    Untuk mengakses Air Terjun Tejo Asmoro, wisatawan harus turun melalui tebing kecil. Rutenya licin, jadi semua wisatawan harus memakai alas kaki yang tepat dan datang saat cuaca bagus (selain hari hujan).

    Begitu sampai di bagian bawah air terjun, kamu mungkin melihat kolam alami kecil dan beberapa batu besar. Sedangkan untuk debit airnya, Tejo Asmoro mengeluarkan sedikit air. Ini menjelaskan mengapa suara gemericik air di sana rendah.

    Keistimewaan lain yang mengesankan adalah adanya beberapa jenis bunga yang tumbuh di sisi tebing. Kebanyakan dari mereka adalah bunga aster.

    Menjelajahi Air Terjun Tejo Asmoro

    Air Terjun Tejo Asmoro tergolong tempat wisata baru, sehingga belum banyak yang mengetahuinya, namun sudah cukup populer. Pasalnya, wisatawan dapat menikmati relaksasi sepuasnya tanpa banyak gangguan dari pengunjung lain. Dengan kata lain, wisata ini cocok untuk mengurangi dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang sibuk. Bagaimanapun, tidak ada yang bisa mengalahkan daya tarik alam yang terpencil tapi indah.

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Tejo Asmoro memiliki debit air yang kecil sehingga wisatawan dapat mandi di bawahnya dengan aman. Airnya segar dan jernih, lho! Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam kecil namun ukurannya tidak terlalu besar.

    Sedikit mengecewakan karena wisatawan tidak bisa berenang di dalamnya. Jangan khawatir. Ketenangan wisata menutupi kelemahan tersebut, sehingga tidak ada yang kecewa saat menghabiskan waktu di lokasi.

    Hal baik lainnya adalah wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke situs. Tidak terlihat penjaga sehingga Air Terjun Tejo Asmoro dianggap sebagai objek wisata alam yang masih perawan.

    Meski membawa jajanan dan air minum kemasan diperbolehkan, namun semua orang harus mengurus sampahnya nanti. Adapun tipsnya, wisatawan harus membawa kantong plastik untuk menyimpan sampah sebelum membuangnya ke tempat sampah terdekat.

    Cara Menuju Air Terjun Tejo Asmoro

    Jarak Air Terjun Tejo Asmoro dan pusat kota memakan waktu 39 menit untuk sampai ke lokasi. Tujuan pertama kamu adalah Kecamatan Ungaran Timur. Selanjutnya, kamu cukup menuju ke Desa Susukan dan melakukan trekking singkat menuju lokasi.

    Kalau kamu berasal dari luar kota, pesan dulu tiket bus di Pegipegi. Beli tiket bus dadakan pun bisa dilakukan selama kamu menginstal aplikasi Pegipegi. Cari tiket bus ke Semarang untuk temani travellingmu di kota yang indah ini!

    Artikel menarik lainnya: Obyek Wisata Hutan Kertas Karawang

    One thought on “Keindahan Wisata Air Terjun Tejo Asmoro di Kabupaten Semarang”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *