Kacamata renang Susi Pudjiastuti
Wisata Indonesia

Kacamata renang dari Susi Pudjiastuti untuk Anak Pesisir

Ketika melihat video tentang pemberian kacamata renang dari Susi Pudjiastuti untuk Anak Pesisir, dalam hati berkata hebat betul beliau bisa memikirkan hal mendasar seperti itu.

“Goggle to see the beauty under the water. So, they understand why they had to take care the beauty under the water,” Kata Bu Menteri yang terkenal dengan kata “tenggelamkan” tersebut.

Urusan Susi Pudjiastuti ternyata tidak sekedar menenggelamkan kapal ke laut, namun juga memikirkan bagaimana anak-anak pesisir mencintai dan menjaga dunia bawa laut.

Video Tentang Kacamata Renang dari Susi Pudjiastuti Bagi Anak Pesisir Demi Keindahan Laut Indonesia

Untuk program pemberian kacamata renanga “goggle”, Bu Menteri membuat sebuah video resmi melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dia menjelaskan latar belakang memberikan goggle kepada anak-anak, setelah menyadari dari kunjungannya ke kawasan pesisir seperti Raja Ampat dan Banggai Laut. Dia mulai mencoba memahami kenapa anak-anak tampak heran kenapa para wisatawan rela berenang dan snorkeling berjam-jalam di laut.

Sementara, anak-anak juga berenang, tetapi kurang menyadari betapa indahnya dunia di bawa air. “Mata besar mereka seakan mempertanyakan dan memikirkan apa yang sedang orang-orang itu lakukan,” kata Bu Menteri sambil membaca secarik kertas.

Akhirnya diperoleh kesimpulan, anak-anak tidak mengetahui betapa indahnya di bawah air, karena tidak bisa melihatnya. Anak-anak pesisir tidak memiliki kacamata renang untuk melihat ke dasar lautan.

Kalau begitu kondisinya, bagaimana mungkin menyuruh anak-anak sebagai penjaga lautan. Sementara mata mereka tidak pernah dibuka. Mereka tidak mempunyai alasan untuk menjaga keindahan laut, karena tidak pernah melihat apapun di bawah air.

“Saya sadar pada saat itu, bagaimana kita bisa meminta mereka dan mendorong mereka untuk menjaga keindahan bawah laut kita. Jika mereka tidak melihat keindahan tersebut”, melanjutkan pemaparannya.

Susi Pudjiastuti sebagai pemimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan pun membuat program pemberian kacamata renang. Dia ingin anak-anak pesisir dapat menjaga keindahan dan menyelamatkan terumbuh karang yang terdapat di dunia bawah laut.

Ketika Bu Menteri kembali ke Banggai dan memberikan anak-anak goggle, mereka terpana dengan kejerniahan dan indahnya lautan di sekitar tempat tinggal mereka. Beliau menyakini kalau anak-anak memiliki “mata” dengan kacamata renang tersebut, anak-anak akan bisa menjadi penjaga laut yang indah.

Dari fanpage resmi Kementerian Perikanan dan Keluatan, ketika Kementerian Kelautan dan Perikanan berkunjung dalam acara Belitung Geopark International Kayak Marathon 2018 di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, kemarin (27/7).

Dia juga membagikan goggle atau kacamata renang kepada siswa SD untuk memunculkan kesadaran menjaga dan merawat cantiknya bawah air di sana.

Membangun Kesadaran Tentang Kondisi Anak Pesisir dan Keindahan Lautan di Depan Mata Mereka

Program kacamata renang dari Susi Pudjiastuti membuka mata bahwa dasar permasalahan tentang menjaga kelestarian laut ada di tangan anak-anak pesisir. Anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di sekitar lautan.

Namun, tidak memiliki peralatan untuk melihat indahnya semua hal yang berada di dalam laut. Kacamata renang akan membantu mata telanjang anak-anak untuk melihat alangkah cantiknya terumbu kareng, bermacam ikan, dan biota luat.

Kacamata bisa menjadi cara untuk memastikan anak-anak memiliki goggle, harapannya akan tumbuh kesadaran untuk terus memelihara dunia di bawah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *