Sun. May 26th, 2024
    Jakarta International Stadium JISJakarta International Stadium JIS

    Jakarta International Stadium, JIS merupakan Stadion Terbesar di Asia. Stadion ini telah diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada bulan Desember 2021 yang berlokasi di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Indonesia.

    JIS ini diyakini akan mengalahkan besarnya stadion-stadion di Asia seperti Shah Alam Stadium di Malaysia, Japan National Stadium di Jepang. Jumlah kapasitas penonton diyakini akan berjumlah 82.000 tempat duduk. Hal itu akan JIS menjadi salah satu stadion sepakbola terbesar di Asia.

    Setelah tiba di JIS, menaiki tangga dari lantai 1 ke lantai 2 untuk masuk ke ruang media yang menjadi tempat bekerja. Untuk masuk ke tribune media, jurnalis perlu menaiki 1 lantai lagi ke lantai 3 dengan menggunakan lift. Tak ada tangga untuk ke lantai 3.

    Sejarah Pembangunan Jakarta International Stadium, JIS Stasion Terbesar di Asia

    Sebagai catatan, proyek Konstruksi Stadion Internasional Jakarta dimulai tahun 2008 ketika Jakarta berada di bawah kepemerintahan Fauzi Bowo. Ada empat gubernur DKI Jakarta memiliki peran masing -masing dalam pembangunan stadion ini.

    Lahan JIS memiliki luas total 66,6 hektar. Wilayah ini merupakan aset pemerintah provinsi DKI Jakarta yang berfungsi untuk fasilitas sosial dan fasilitas publik di Provinsi DKI Jakarta. Sejak 24 Agustus 2008, pemerintah Jakarta mulai membangun stadion internasional BMW.

    Sampai tahun 2014, pembangunan stadion belum dimulai karena masalah tanah masih diperdebatkan oleh penduduk yang menempati dan negosiasi dari pemerintah kota. Rencana baru ini dibahas untuk membangun stadion dengan desain baru dengan kapasitas 80.000 untuk Asian Games 2018. Tetapi rencana itu kemudian dibatalkan dan pemerintah memilih untuk merenovasi Stadion Bung Karno.

    Proyek yang baru dirancang ini dinamai “Stadion Internasional Jakarta” dan mulai dibangun pada 14 Maret 2019 dengan gubernur Jakarta Anies Baswedan. Sejak awal konstruksi, penduduk di sekitar Kampung Bayam yang terkena dampak telah meminta kompensasi untuk kerusakan dan sebagian besar penduduk telah pindah dari wilayah tersebut.

    Setelah selesai, Stadion JIS dapat digunakan untuk pertandingan sepak bola, konser musik dan berbagai acara besar lainnya.

    Sensasi Kemegahan Jakarta International Stadium

    Jakarta International Stadium telah terlihat dari jalan raya. Perisai eksterior JIS (fasad) menggunakan pencahayaan LED sehingga dapat menyala berwarna-warni. JIS sangat mewah dan cantik karena lampu di luar stadion bikin menarik mata pengunjung.

    Aura kemegahan JIS segera dirasakan setelah masuk tribune stadion. Begitu berada di tribun, termasuk dalam kategori stadion sepak bola spesifik sehingga memberikan perasaan perhatian yang berbeda untuk publik saat ini. Misalnya, jarak antara tempat media yang terletak di lantai 3 di lapangan tidak jauh.

    Demikian pula dengan lokasi instruksi pelatih  kepada pemain di bench pemain. Hal tersebut Begitu pula, jarak bagku penonton dengan lapangan tampak dekat.

    Fasilitas JIS Jakarta International Stadium

    Lapangan Latih

    Stadion JIS dilengkapi dengan 2 lapangan olahraga. Bidang pelatihan ini memenuhi standar internasional. Lapangan pelatihan JIS dilengkapi dengan 2 ruang serbaguna, 4 ruang ganti, 1 toilet pria, 1 toilet wanita, 4 wastafel dan dilengkapi dengan tribun penonton. Saat ini, lapangan pelatihan telah disewa dan dapat dipesan oleh publik melalui situs Gelora.id dari Rp 2 juta.

    Ruang Publik JIS

    Di zona pendukung di sekitar stadion digunakan sebagai ruang publik dan untuk Salat, dan di timur stadion juga telah membangun area komersial, serta urban farming untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar stadion, khususnya penduduk Kampung Bayam.

    Wilayah stadion juga harus menjadi pusat ekonomi baru di wilayah Jakarta, terutama Jakarta utara. Selain itu, dibangun wisata air di Danau Sunter Utara yang memiliki jalur jogging di sekitar danau dan masjid.

    Fasilitas Lainnya di Sekitar Jakarta International Stadium, JIS Stasion Terbesar di Asia

    Fasilitas JIS ini terdiri dari 3 tingkat, keberadaan ruang VIP, ruang ganti pemain modern dan mewah, disertai oleh kursi disabilitas khusus 200 buah.

    Lapangan latihan, rumput stadion dengan jenis hybrid turf, tempat parkir besar yang dapat menampung 800 mobil dan 100 bus, atap stadion yang dapat dibuka dan ditutup dengan green building stadion yang mengelola air dan listrik secara mandiri, dan tahap ini direncanakan terintegrasi ke dalam metode transportasi umum seperti MRT, TLR, KRL dan akses tol.

    Stadion JIS direncanakan akan bermanfaat bagi masyarakat dalam luas, mulai dari fasilitas olahraga, ruang konferensi dan pusat media, dan konser musik dengan sistem suara yang canggih. Adapula corporate box, royal Tribune, serta executive lounge.

    Kondisi Interior JIS

    Terkait interior menggunakan kursi single-seat dengan kursi oranye hampir semua sudut stadion. Kursi terdapat di sudut stadion. Semakin banyak warna oranye memudar untuk membuat gradasi warna.

    Perasaan terlihat berbeda untuk audiens saat ini. Misalnya, jarak antara dukungan media yang terletak di lantai 3 di lapangan tidak jauh. Bermain para pemain dalam kondisi dengan dan tanpa bola begitu jelas.

    Atap memakai retractable roof dapat ditarik dan menutupi semua bagian tribune. Karena atap yang dapat ditarik dapat dibuka dan ditutup ketika hujan atau waktu ekstrem ketika acara sedang berlangsung.

    Ada juga dua layar ukuran besar di dua sudut stadion. Kedua layar ini berukuran 15 x 30 meter yang mungkin menyajikan skor untuk video. Permukaan lapangan menggunakan teknologi hibryd yang memadukan rumput alami dan rumput sintetis. JIS yang terletak di utara Jakarta, sama dengan markas Bayern Munich, Allianz Arena.

    Artikel menarik lainnya: Wisata PIK 2 Destinasi Pantai Indah Kapuk dengan Daya Tarik Pasir Putih

    Kondisi Outdoor JIS Jakarta

    Stadion ini telah menjadi andalan dan sering dibicarakan di Kota Jakarta. Karena keindahannya di malam hari sangat bergitu menarik bagi pengunjung.

    Lampu luar panggung ini menampilkan kombinasi warna yang indah. Warna selalu berubah dalam gradasi yang nyaman untuk dilihat. Jadi banyak pengunjung yang mengambil foto terhadap sejarah JIS di malam hari.

    Demikian penjelasan mengenai Jakarta International Stadium, JIS Stasion Terbesar di Asia. Lapangan sepakbola tersebut sering digunakan kegiatan publik, seperti tempat hiburan, wisata lokal bahkan shalat idul fitri dan idul adha.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Kalibening Magelang Tempat Pemandian dan Kolam Renang

    One thought on “Jakarta International Stadium JIS Stadion Terbesar di Asia”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *