Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Ikon Wisata Kota Bandung yang Wajib Didatangi Traveler

Wisata Kota Bandung memang selalu memantik traveler untuk datang kembali ke kotanya. Wilayah dari sebelah tenggara Ibukota Jakarta yang tidak pernah sepi didatangi para wisatawan. Kota yang selalu ramai, meski malam datang dan mentari siap menjemput hari yang baru.

Bandung adalah kota yang di dalamnya terdapat begitu banyak catatan sejarah penting. Ada perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng yang dikenal dengan ITB saat ini. Kampus yang menjadi rumah dari orang-orang pintar se Indonesia.

Di kota ini pula, Konferensi Asia-Afrika berlangsung Untuk menyuarakan semangat anti kolonialisme pada tahun 1955. Ada begitu banyak kenangan yang tertinggal bagi orang yang pernah menetap atau sekedar singgah di kota ini.

Apalagi kalau mengingat betapa cantiknya kota ini pada jaman dulu dengan hiasan berjuta pohon dan bunga sayang tumbuh di sana. Sehingga kota ini mendapat julukan sebagai Kota Kembang dan disebut juga Parijs van Java.

Setelah Jalan Tol Cipularang dibuka, wisata Kota Bandung semakin banyak dikunjungi sebagai tujuan wisata akhir pekan oleh orang-orang yang berasal dari Jabodetabek. Kota yang semakin ramai menjadi pusat belanja, wisata kuliner, dan rekreasi.

Bagi Kamu traveler yang ingin datang ke Kota Kembang, janganlah lupa untuk mendatangi lokasi-lokasi yang menjadi ikon wisata Kota Bandung yang terkenal menjadi tempat tujuan pariwisata.

Wisata Kota Bandung Ya Ke Gedung Sate Bandung Aja

Bangunan ini sebagi ikon Kota yang sangat terkenal sekaligus berfungsi sebagai pusat Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Gedung Sate didirikan era pemerinatah colonial Belanda pada tanggal 27 Juli 1920.

Desainnya merupakan perpaduan timur dan barat antara gaya Renaissance Italia, jendela ala Moor Spanyol dan menara gedung mirip dengan atap pura Bali atau pagoda dari Thailand.

Bagi traveler yang mau datang ke Gedung Sate, kamu bisa datang pada hari libur dan akhir pekan. Pengunjung bisa mengajukan izin kepada staff keamanan untuk bisa masuk ke dalam Gedung Sate. Gedung sate berada di Jalan Diponegoro No.22, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Museum Geologi

Bangunan ini merupakan museum bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan sebagai tempat wisata Bandung terdekat. Museum Geologi dibangun pada tanggal 16 Mei 1928.

Koleksi museum ini berupa bebatuan, fosil, dan mineral yang sering dipelajari oleh siswa sekolah. Mereka juga bisa memperlajari tentang bencana alam, pemanfaatan sumber daya alam, mengolah energi dan lain-lain.

Sekolah dari dalam dan luar kota sering menjadikan Museum Geologi sebagai tempat tujuan study tour, karena memiliki nilai sejarah kehidupan dan pelestarian alam. Alamat museum ini di Jalan Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler. 40122.

Jalan Braga

Sepanjang Jalan Braga dikenal dengan kawasan kota tua khas arsitektur jaman Belanda. Kawasan ini dikenal sebagai pusat bisnis sejak Tahun 1920 hingga 1940. Pada masa keemasannya banyak toko berdiri, seperti toko mesin, butik, sampai club malam.

Kondisi tersebut nyaris tidak berubah hingga saat ini, karena bangunan tua tetap menjadi daya tarik yang masih dijaga keasliannya.

Bagi Traveler yang datang ke Kawasan Braga, ada banyak tempat makan, tempat belanja, bioskop, hingga penjual lukisan pun banyak ditemukan di sepanjang jalan. Nikmati Kawasan ini dengan berjalan kaki dan lihatlah keunikanny bangunan bersejarahnya.

Baca juga :

Penyakit Katastropik Kanker, Gagal Ginjal, Diabetes, Leukemia, dan lain-lain Menjadi Beban Nomor 1 JKN

Alat Musik Angklung, Dari Tanah Sunda Terkenal Mendunia

Masjid Raya Bandung

Bangunan pertama Masjid Raya Bandung didirikan pertama kali pada tahun 1812 bersamaan dengan pemindahan dari Krapyak ke pusat kota sekarang. Masjid ini sudah banyak sekali perombakan dari masa ke masa.

Hingga, pembangunan besar-besaran pada tahun 1973, Masjid diperluas dan dibuat bertingkat, serta dibuat ruang basement sebagai tempat wudhu. Masjid ini memiliki dua menara kembar dengan tinggi 81 meter. Dari Menara terdiri 19 lantai, pada lantai teratas, pengunjung dapat memandang Kota Bandung yang cantik.

Sedangkan, sekitar Kawasan terdapat rumput sintetis hijau menjadi tempat piknik dan berfoto dari pada pengunjung. Ingat ya, kamu harus melepaskan alas kaki kalau menginjak rumput wisata Bandung tersebut. Masjid Raya terletak di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251.

Museum Konferensi Asia Afrika

Ada agenda besar yang pernah terjadi di Kota Kembang, yaitu Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18-24 April 1955. Konferensi bertaraf internasional di awal kemerdekaan ini menghasilkan Dasasila Bandung sebagai pedoman bangsa terjajah memperjuangkan kemerdekaannya. Tempat ini dapat menjadi wisata Bandung murah.

Museum ini pernah diperbaiki ketika diadakan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika ke 50 pada 22-24 April 2005. Renovasi tersebut atas usulan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Dr. N. Hassan Wirajuda.

Saat ini, Museum Konperensi Asia Afrika mempunyai ruangan untuk tempat koleksi benda-benda tiga dimensi dan foto dokumenter peristiwa bersejarah. Kejadian bersejarah tersebut antara lain, Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Ada juga dipamerkan foto tentang lahirnya Konferensi Asia Afrika, dampak, Gedung Merdeka dari jaman ke jaman, dan Profil negara yang terlibat dalam Konferensi secara multimedia. Museum ini berada di Gedung Merdeka, alamatnya di Jalan Asia Afrika Nomor 65 Bandung.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close